cara jualan online shop untuk pemula

Inilah Beberapa Cara Jualan Online Shop untuk Pemula agar Sukses

Di abad 21 ini, bisnis bisa berjalan dengan sukses walaupun hanya melalui online. Dengan berbekal smartphone dan jaringan internet yang stabil, kamu bisa memulai bisnis dan memasarkannya secara online. Salah satu bisnis yang bisa kamu jalankan adalah jualan online baik produk barang maupun jasa. Ada beragam cara jualan online shop untuk pemula yang menghantarkan pada kesuksesan.

cara jualan online shop untuk pemula
Cara jualan online shop untuk pemula

Apa Saja Cara Jualan Online Shop untuk Pemula agar Mencapai Kesuksesan?

Sudah banyak sekali orang yang sukses dengan bisnis jualan online shop yang dijalankannya. Bagaimana tidak, di era serba teknologi seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online. Bahkan, membeli produk pun tidak perlu mendatangi toko offline, hanya duduk manis saja produk diantarkan kurir ke rumah. Bagaimana cara pemula melakukan jualan olshop?

1. Menentukan produk apa yang ingin dijual

Sebelum berjualan, kamu harus memikirkan secara matang mengenai produk apa yang akan dijual. Cara jualan online shop untuk pemula untuk langkah pertamanya adalah lakukan riset sederhana pada media sosial atau marketplace terlebih dahulu untuk mengetahui persaingan bisnis produk tersebut. Pastikan produk yang kamu jual tersebut sering dicari orang.

Jaman sekarang hampir semua barang bisa ditemukan di media sosial atau merketplace. Dengan melakukan riset sederhana tersebut, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang banyak diminati dan selalu dibutuhkan oleh konsumen. Hindari menjual produk yang sifatnya situasional seperti pernak-pernik Hari Raya Idul Fitri, natal, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Strategi Promosi Jualan Makanan Online yang Efektif dan Efisien

2. Menentukan media untuk berjualan

Setelah melakukan riset sederhana dan mendapatkan ide terkait produk apa yang ingin dijual, cara jualan online shop untuk pemula selanjutnya adalah menentukan media yang akan digunakan untuk menjual produk tersebut. Karena berbasis online, tentunya kamu tidak membutuhkan budget besar untuk membuka toko secara offline.

Kamu hanya perlu menentukan media apa yang akan digunakan untuk memasarkan produk yang akan dijual. Ada beberapa media untuk jualan yang bisa kamu pilih antara lain website, media sosial seperti facebook, twitter, atau instagram, maupun marketplace atau aplikasi e-commerce seperti shopee, bukalapak, tokopedia, lazada, dan lain sebagainya.

cara jualan online shop untuk pemula
Cara jualan online shop untuk pemula

3. Membuat website

Jika kamu memilih untuk menjual produk melalui website, maka cara jualan online shop untuk pemula adalah membuat website menggunakan nama domain toko yang kamu bangun. Pastikan nama toko sesuai dengan produk yang kamu jual dan nama domain disesuaikan dengan nama toko tersebut. Buatlah nama domain sesimpel mungkin agar mudah diingat.

Website mempunyai beragam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis. Karena masih pemula, kamu bisa menggunakan website gratis seperti wordpress, blogger, blogspot, atau CMS wordpress. Cara jualan online shop untuk pemula ini cukup banyak dipilih oleh para pemula karena penggunaan website cukup mudah dengan beragam fitur menarik.

4. Membuat akun media sosial atau marketplace

Apabila kamu memilih untuk berjualan melalui media sosial atau marketplace, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun khusus menggunakan nama toko online kamu. Hal ini merupakan aspek penting karena banyak sekali akun media sosial atau marketplace yang menggunakan akun pribadi untuk berjualan sehingga terkesan tidak tertata rapi.

Baca Juga :  Website Bisnis Online : Pengertian dan Langkah Pembuatannya

Untuk data diri bisa menggunakan data pribadi, namun khusus untuk nama akun sebaiknya menggunakan nama toko. Tujuannya adalah agar akun media sosial atau marketplace tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih fokus memasarkan produk yang kamu jual dan tidak bercampur dengan postingan pribadi. Akun khusus jualan akan terlihat lebih tertata dan rapi jika dilihat.

cara jualan online shop untuk pemula
Cara jualan online shop untuk pemula

5. Melakukan teknik pemasaran yang tepat

Cara jualan online shop untuk pemula harus menggunakan teknik pemasaran yang tepat. Kamu bisa mencontoh beberapa akun olshop yang sudah ternama dan sukses dengan melihat postingan pertama mereka. Biasanya, ada satu atau lebih postingan yang sifatnya memperlihatkan sneakpeek terkait produk yang akan mereka jual menggunakan akun tersebut.

Sneakpeek tersebut bertujuan untuk mengenalkan sedikit demi sedikit mengenai produk yang akan dijual, mulai dari mengenalkan nama brand, logo brand, hingga memperlihatkan sedikit bocoran dari produknya, Misalnya, jika produk yang dijual adalah kemeja, maka postingan pertama memposting nama brand, kedua logo, ketiga bagian kerahnya saja dari dekat.

6. Meningkatkan jumlah followers

Setelah memposting beberapa sneakpeek, selanjutnya adalah meningkatkan jumlah followers. Cara jualan online shop untuk pemula ini bisa dilakukan dengan cara meminta orang-orang terdekat untuk memfollow akun olshop yang telah kamu buat. Orang-orang terdekat bisa dari keluarga, teman-teman terdekat, hingga saudara sepupu.

Kamu juga bisa mencoba untuk bergabung dengan akun yang bisa membantu untuk meningkatkan jumlah followers akun olshop milikmu. Ada juga cara lain seperti membeli followers aktif yang banyak bertebaran di instagram maupun marketplace, namun kamu harus mengeluarkan modal untuk bisa mendapatkan followers melalui cara ini.

cara jualan online shop untuk pemula
Cara jualan online shop untuk pemula

7. Mengiklankan akun media sosial, marketplace atau website

Selanjutnya adalah dengan cara mengiklankan akun media sosial, marketplace atau website yang digunakan untuk jualan melalui akun pribadi kamu dan akun teman-teman terdekatmu. Dengan cara ini, jika ada orang yang bersedia untuk memfollow akun olshop atau membuka website jualan yang kamu buat, maka nama brand toko kamu akan semakin dikenal.

Baca Juga :  Tidak Perlu Keluar Rumah, Bisnis Online yang Menjanjikan dan Terbukti Ini Bisa Dicoba Jika Ingin Menghasilkan Cuan!

Cara jualan online shop untuk pemula ini bisa dengan cara memposting link akun olshop atau website di story sehingga orang akan notice terhadap iklan kamu. Selain itu, mengiklankan melalui aplikasi chatting seperti whatsapp, telegram, dan aplikasi lainnya juga bisa kamu coba supaya banyak yang mengetahui akun olshop yang kamu buat dan bersedia melihatnya.

8. Mulai memposting produk-produk yang dijual

Setelah itu, kamu bisa mulai untuk memposting produk-produk yang dijual pada akun olshop atau website yang kamu gunakan untuk berjualan. Pastikan gambar produknya menarik dan memiliki kesesuaian warna dengan produk aslinya. Selain itu, pastikan setiap detail produknya sesuai dengan produk aslinya atau realpict sehingga nantinya pembeli akan terus berdatangan.

Cara jualan online shop untuk pemula harus dibarengi dengan mengusahakan gambar produk yang dijual berbeda dengan yang dijual di akun lain, apalagi jika produknya sama persis. Hal ini akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi akun olshop kamu jika semua produk yang dijual merupakan hasil jepretan sendiri, bukan gambar hasil nyomot dari akun lainnya.

cara jualan online shop untuk pemula
Cara jualan online shop untuk pemula

9. Usahakan untuk fast respon

Setelah memposting beberapa produk, pastikan kamu selalu fast respon jika ada calon pembeli yang menanyakan hal-hal terkait produk yang kamu jual. Pelayanan yang ramah dan fast respon adalah kunci agar olshop tidak kehilangan calon pembeli.

Pastikan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan produk yang kamu jual. Cara jualan online shop untuk pemula ini termasuk trik agar pembeli tertarik membeli produk yang kamu jual.

Baca Juga : Tips Membuat Kata Kata Promosi Online