website bisnis online

Website Bisnis Online : Pengertian dan Langkah Pembuatannya

Website termasuk salah satu media berbasis teknologi yang banyak digunakan oleh para pemilik bisnis online. Dengan menggunakan website bisnis online, jangkauan target market bisa lebih luas. Selain itu, segala informasi terkait produk yang dijual dapat ditulis secara rinci baik gambar produk, jumlah ketersediaan produk, pilihan warna produk, hingga beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih.

website bisnis online
Website bisnis online

Lebih Dekat Seputar Website Bisnis Online

Website terbagi menjadi dua jenis, berbayar dan gratis. Jika kamu pebisnis pemula, website gratis bisa dipilih sebagai langkah awal untuk menjalankan bisnis. Meskipun fitur pada website yang gratis tidak selengkap fitur pada website berbayar, namun cukup worth it untuk dijadikan sebagai media promosi produk atau jasa. Berikut beberapa rekomendasi website gratis :

1. WordPress

WordPress merupakan layanan website gratis yang bisa digunakan untuk berbisnis secara online tanpa memerlukan keahlian secara khusus di bidang programming. Agar tampilan website lebih menarik, kamu dapat memilih tema tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Untuk fitur yang ditawarkan juga cukup beragam.

Salah satu fiturnya adalah kamu bisa menggunakan domain pribadi yang dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang. Dengan kelebihan tersebut, wordpress menjadi media pemasaran bisnis online yang direkomendasikan. Apabila banyak calon konsumen yang membuka website bisnis online, omset penjualan akan meningkat dan bisnis kamu akan semakin dikenal masyarakat.

website bisnis online
Website bisnis online

2. Blogspot

Website buatan Google ini sudah sangat populer di mata masyarakat. Sama seperti wordpress, dimana blogspot juga memberikan kemudahan bagi para pebisnis tanpa harus mempunyai skill khusus di bidang programming. Dengan menggunakan blogspot ini, kamu dapat membuat alamat website secara gratis sebanyak apapun.

Baca Juga :  Usaha Online Kecil kecilan Untuk Menambah Penghasilan Anda

Apabila website bisnis online ingin tampak lebih professional, kamu dapat melakukan pembelian domain sendiri kemudian diarahkan ke blogspot tersebut. Sehingga nantinya alamat website tidak lagi terdapat embel-embel blogspot, melainkan hanya menggunakan domain yang telah dibuat. Pastikan untuk membuat domain yang mudah diingat.

website bisnis online
Website bisnis online

3. CMS WordPress

Selain wordpress, ada juga CMS wordpress. Yang membedakan di antara keduanya adalah dari segi fleksibilitas. WordPress juga menggunakan layanan CMS wordpress, namun wordpress mempunyai keterbatasan karena hanya bisa memodifikasi domain, konten, dan temanya saja. Di samping itu, fitur pada wordpress juga tidak sebanyak CMS wordpress.

Pada dasarnya, wordpress adalah sebuah script program yang digunakan untuk membangun website seperti paket CMS. Dengan menggunakan CMS wordpress, kamu dapat lebih leluasa ketika membuat website bisnis online karena tampilan website dan komponen lainnya bisa diedit sedemikian rupa hingga ke bagian inti programnya.

website bisnis online
Website bisnis online

Langkah-Langkah Membangun Website Bisnis Online

Membangun sebuah bisnis secara online bisa dilakukan oleh siapa saja, apalagi dengan adanya layanan website gratis yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis tersebut tanpa harus mempunyai skill di bidang programming secara khusus. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pebisnis pemula untuk membangun sebuah website bisnis online sebagai berikut :

1. Melakukan penentuan ide serta konsep untuk website

Untuk langkah awal sebelum mulai membuat website, pastikan bahwa kamu mengetahui apa tujuan dari pembuatan website tersebut. Sehingga ide serta konsep untuk website harus kamu pikirkan secara matang terlebih dahulu. Dengan tujuan yang jelas, maka kamu bisa menjalankan bisnis melalui website yang telah dibuat dengan konsisten.

Sebagai contohnya, jika kamu membuat website dengan tujuan untuk menjual produk secara online, maka beberapa fitur pada website harus kamu gunakan untuk mengupload katalog produk beserta informasi detailnya serta memberikan beberapa pilihan metode pembayaran agar konsumen bisa membelinya secara online dengan mudah.

Baca Juga :  10 Pekerjaan Borongan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Ditekuni
website bisnis online
Website bisnis online

2. Melakukan register pada domain website

Setelah menyusun ide serta konsep untuk website dengan matang, kamu harus sesegera mugkin membuat nama domain yang akan digunakan untuk website bisnis online. Hal ini disebabkan karena ekstensi domain sangat terbatas sehingga pastikan kamu bisa mendapatkan ekstensi domain yang diinginkan sebelum didahului digunakan oleh orang lain.

Saat membuat nama domain, sebaiknya jangan menggunakan nama yang asal-asalan. Hal ini dikarenakan nama domain merupakan simbol identitas yang dapat mematikan bisnis. Oleh karena itu, nama domain harus dibuat sesimpel mungkin agar orang lain mudah mengingatnya dan kaitkan dengan produk atau jasa yang akan kamu jual.

3. Menyimpan pada web hosting

Setelah membuat nama domain, kamu bisa menggunakan layanan web hosting yang tepat sebagai penyimpanan pada website. Pastikan untuk tidak salah memilih web hosting supaya hosting yang muncul sesuai dengan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa hosting yang digunakan aman dari gangguan atau serangan apapun.

Supaya website bisnis online tidak bermasalah di kemudian hari, kamu harus memastikan bahwa hosting yang dipilih bisa selalu uptime. Dengan begitu, bisnis tidak akan terganggu oleh masalah apapun yang terjadi pada hosting tersebut. Website bisnis online yang disimpan pada hosting lebih aman dibandingkan dengan jika tidak disimpan pada hosting.

website bisnis online
Website bisnis online

4. Memilih platform dan mulai membuat website

Ada berbagai platform yang menyediakan layanan website untuk kebutuhan bisnis. Kamu bisa memilih platform dengan persediaan website yang sekiranya mudah digunakan. Biasanya preview bisa dilihat sebelum kamu memutuskan untuk memilih website tersebut. Dari situ kamu harus melihat apa saja fitur yang dimiliki setiap website, apakah membingungkan atau tidak.

Baca Juga :  Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

Ketika menemukan website dengan fitur-fitur yang mudah digunakan, kamu bisa memilihnya. Rekomendasi website yang bisa kamu pilih adalah layanan website gratis seperti wordpress, blogspot, blogger, atau CMS (Content Management System) wordpress. Beberapa website tersebut cukup mudah digunakan untuk pebisnis pemula.

5. Mengembangkan website

Setelah kamu memilih website dengan fitur-fitur di dalamnya yang mudah digunakan, selanjutnya adalah mengembangkannya menjadi website bisnis online. Gunakan fitur-fitur pada website untuk memaksimalkan bisnis online yang kamu jalankan. Tentunya website yang tampak menarik akan lebih mudah mendapatkan pembeli.

Dengan menggunakan website, kamu bisa memantau traffic pengunjung secara rutin. Traffic tersebut menunjukkan jumlah orang yang telah berkunjung ke website bisnis online milikmu. Untuk meningkatkan traffic pengunjung, kamu bisa menggunakan fasilitas seperti Server VPS untuk penampungan traffic dan dan fitur keamanan seperti SSL Certificates.

Tidak heran jika di era teknologi seperti sekarang ini, bisnis online banyak dipilih oleh sebagian orang karena dianggap lebih menarik. Website juga dapat mewadahi kreativitas para pebisnis yang disampaikan melalui desain tampilan menarik karena menjadi ciri khas tersendiri dari bisnis yang tengah dijalankan. Hingga saat ini, banyak pebisnis yang mengandalkan website untuk berbisnis.

website bisnis online
Website bisnis online

Penutup

Seorang pemula yang ingin menjalankan bisnis online pasti terpikir satu hal sebelum mulai melangkah lebih jauh, yakni bagaimana cara untuk memasarkan produknya? Untuk menjawab hal tersebut, website bisnis online hadir dengan beragam fitur yang menarik dan mudah digunakan. Beragam jenis bisnis online dapat dipasarkan melalui media berbasis teknologi ini.

Baca Juga : Langkah-langkah Membuat Bisnis Online