Cara jualan makanan online

Cara Jualan Makanan Online, Omset Dijamin Semakin Besar!

47 views
Bagikan artikel ini

Bisnis memang sudah menjadi pekerjaan pilihan banyak orang. Cara jualan makanan online pun sudah semakin populer dengan semakin majunya teknologi.

Memiliki kemampuan memasak jangan sampai dibiarkan begitu saja. Tentunya tidak semua orang memiliki kemampuan memasak yang enak. Sebagian orang lebih memilih membeli makanan siap saji karena lebih simpel. Dengan semakin banyaknya permintaan konsumtif masyarakat inilah, harusnya mampu mendorong minat banyak orang untuk memulai bisnis.

Cara jualan makanan online
Cara jualan makanan online

Mengapa Memilih Cara Jualan Makanan Online?

Penggunaan ponsel yang sudah semakin merata tanpa memandang usia manusia membuktikan bahwa semuanya serba mudah. Dengan sekali klik tanpa harus keluar rumah, orang-orang sudah bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Termasuk urusan makanan ini.

Anda yang sedang ataupun sudah merintis bisnis makanan harus menginovasi produk anda dan juga cara jualnya. Cara jualan makanan secara online akan lebih memudahkan anda untuk lebih menyebarluaskan produk makanan anda. Jika biasanya hanya dijual di satu wilayah, dengan adanya cara jualan makanan online ini akan mampu meningkatkan konsumen anda.

Tentunya anda juga harus memikirkan makanan anda jika makanan yang anda buat merupakan makanan yang harus segera disantap. Di zaman sekarang sudah banyak orang yang memilih membuat makanan yang tahan lama, bisa dengan dikeringkan atau dengan cara lain agar jika sampai di konsumen, rasanya tetap enak dan tidak basi.

Cara jualan makanan online
Cara jualan makanan online

Bagaimana Cara Penjualan yang Menguntungkan?

Tadinya anda menjual makanan dengan cara yang biasa, yaitu dengan membuka lapak dan menunggu pembeli datang? Ambil ponsel anda dan mulailah berselancar dengan internet. Tentunya orang-orang zaman sekarang sudah tidak asing dengan internet, bukan? Akan ada dua cara, simak di bawah ini:

1. Cara Pemula

Anda bisa memulai cara jualan makanan online dengan menggunakan aplikasi komunikasi WhatsApp, atau media sosial lain seperti Facebook dan Instagram. Anda hanya perlu mempromosikannya secara online, bisa dengan melalui tulisan maupun video. Foto produk makanan anda, beri caption yang menarik minat pembeli, seperti keunggulan dari makanan anda, lalu share di status.

Itu adalah cara sederhana, anda bisa memperluas penjualan anda pada teman-teman anda. Pastikan untuk mengambil gambar yang menarik dan menggoda.

2. Cara Profesional

Lalu jika anda ingin lebih mempopulerkan produk makanan anda, gunakan cara jualan makanan online profesional di bawah ini:

  • Gunakan Aplikasi Online

Cara jualan makanan online berikutnya adalah dengan aplikasi, seperti Grab, Gojek, dan aplikasi lainnya. Aplikasi yang banyak digunakan masyarakat sebagai aplikasi penawar jasa akan berguna. Anda hanya perlu posting dan jangan lupa tambahkan lokasi anda.

Bila perlu, gunakan jasa iklan yang tersedia di aplikasi yang anda pilih. Namun, anda harus mengeluarkan sedikit modal untuk menampilkan produk anda di halaman depan agar banyak yang melihat. Anggap saja itu sebagai biaya sewa seperti layaknya ketika anda jualan di lapak.

  • Lakukan Endorsement ke Selebgram atau Influencer

Selebgram dan influencer adalah orang yang sama halnya seperti artis jika di televisi. Selebgram dan influencer ini berguna untuk mengiklankan makanan anda kepada para pengikut mereka. Mereka memiliki banyak followers yang nantinya akan melihat produk anda dikonsumsi oleh Selebgram atau Influencer itu.

Untuk melakukan cara jualan makanan online dengan Selebgram/Influencer, anda perlu melakukan perjanjian dulu. Biasanya akan ada biaya jasa yang harus anda keluarkan. Kemudian, pilih produk makanan unggulan anda. Lalu, bersiaplah untuk bertambahnya konsumen.

  • Gunakan Akun Official Store Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, membuat brand dari produk makanan anda. Buatlah nama yang simpel namun berkesan dan mudah diingat. Jika anda sudah memiliki brand, buatlah akun official store. anda juga bisa menggunakan akun pribadi anda, namun sebaiknya menggunakan akun khusus.

Tetapkan jam operasional anda, dan pantau terus akun apabila sewaktu-waktu ada yang ingin membeli. Biasanya akun yang anda buat ini bisa juga digunakan ketika anda melakukan endorsement dengan Selebgram atau Influencer. Mereka akan menandai akun anda, dan konsumen akan berkontak langsung dengan anda melalui akun, begitulah cara jualan makanan online.

Cara jualan makanan online
Cara jualan makanan online

Tips Menarik Pembeli

Ada juga hal-hal yang harus menjadi patokan ketika anda berjualan untuk menarik pembeli. Biasanya konsumen akan mencoba-coba masakan anda terlebih dahulu, namun yang lebih penting adalah mempertahankan mereka. Lalu, bagaimana cara agar jualan makanan laris dan cara berdagang makanan online yang benar?

1. Pertahankan kualitas cita rasa

Rasa makanan merupakan hal yang paling penting. Konsumen yang awalnya mencoba-coba akan mulai berlangganan jika rasa makanan anda memang berkualitas. Mintalah review dari konsumen untuk bisa melihat penilaian mereka tentang makanan anda, barangkali ada yang merasa kurang dengan cita rasa makanan anda, maka anda bisa memperbaikinya.

2. Gunakan Penyajian yang Menarik

Penyajian yang menarik pun akan mampu mengundang minat para pembeli. Apalagi dengan adanya Instagram yang mementingkan penampilan untuk diunggah. Selain cita rasa, konsumen pun akan semakin suka apabila ada nilai plus dari penyajiannya.

3. Atur Tata Letak Postingan Anda

Konsumen akan antusias apabila tampilan di akun official store anda tertata rapi. Setelah membuat penyajian yang menarik, makanan yang akan anda promosikan juga harus diambil gambar untuk diunggah. Tatalah secara cantik dan rapi agar enak dipandang.

4. Rutin Lakukan Promo

Promo merupakan hal wajib dan ampuh menarik pembeli. Mereka akan berbondong-bondong untuk mencoba maupun membeli lagi makanan anda. Lakukan promo yang mampu menarik minat pembeli, seperti misalnya Beli 2 Gratis 1, melakukan potongan harga, dan sebagainya.

5. Pelayanan yang Ramah

Pelayanan pun harus dikedepankan. Konsumen yang ingin membeli makanan anda pasti harus melakukan pemesanan dulu dengan anda. Gunakanlah bahasa yang sopan dan halus. Pengiriman juga harus dilakukan tepat waktu atau jangan sampai anda lelet dalam membuat atau mengantarnya. Jika hal itu terjadi, anda pasti akan mendapatkan pandangan negatif dari konsumen.

6. Keluarkan Inovasi Produk Baru

Agar tidak itu-itu saja, dalam strategi jualan makanan online buatlah produk makanan baru yang unik dan menarik. Jika anda belum menemukan ide makanan baru, setidaknya buatlah inovasi pilihan dari menu-menu anda sebelumnya. Misalnya jika produk anda sudah terlalu biasa, anda bisa menggunakan toping yang menarik seperti keju mozzarella yang lumer, ataupun hal lainnya.

Anda juga bisa mencontoh dari pebisnis-pebisnis lain, bisa juga menginovasikan cara jualan masakan online yang sedang hits dan banyak diminati di media sosial. Anda bisa memilih untuk berjualan via online saja atau bisa juga dengan tetap membuka lapak secara offline.

Cara jualan makanan online
Cara jualan makanan online

Tanya Jawab Seputar Cara Jualan Makanan Online

Jualan makanan online apa yang Laris?

8 Bisnis Kuliner Online yang Bisa Anda Lakukan, Dijamin Laris!
1. Frozen Food
2. Salad Buah
3. Aneka Roti dan Cake
4. Cookies dan Kue Kering
5. Katering Masakan Rumahan
6. Katering Bento
7. Camilan dan Snack
8. Minuman Kekinian

Makanan apa yang paling laku dijual?

8 Jenis Usaha Kuliner Paling Laku yang Laris di Indonesia dengan Modal Kecil
1. Tahu krispi renyah
2. Singkong keju gurih
3. Aneka macam gorengan lezat
4. Roti bakar rasa nikmat
5. Jus buah segar
6. Keripik pisang mantap nyess
7. Bubur kacang hijau lezat
8. Pepes ikan mantap jiwa

Bagaimana cara jualan makanan online biar laris?

Singkatnya, berikut adalah 8 tips agar jualan makanan online laris:
1. Kenali nilai unik produk
2. Ciptakan website toko online
3. Pelajari data penjualan
4. Eksekusi content marketing
5. Aktifkan sosial media
6. Coba strategi email marketing
7. Optimalkan word of mouth
8. Beriklan di channel media sosial

Jual makanan online dimana?

1. Tokopedia.com
2. Blanja.com
3. Sobatsnack.com
4. Bukalapak.com
5. Facebook Marketplace

Aplikasi apa yang bisa memesan makanan?

Berikut ini kumpulan aplikasi yang bisa digunakan untuk memesan makanan atau mencari restoran
1. Gojek. Aplikasi yang terkenal berkat ojek online ini sudah lama memiliki layanan GoFood, salah satu andalan untuk membeli makanan ketika tidak bisa keluar dari rumah.
2. Shopee
3. Grab
4. Tokopedia

Bisnis minuman apa yang paling laku?

Macam-macam Usaha Minuman yang Laris Saat Ini
1. Minuman Thai Tea
2. Jus cold-pressed
3. Susu murni
4. Es Jeruk Peras
5. Boba milk tea
6. Kopi kekinian

Bagaimana cara menjual makanan agar cepat laku?

1. Mempromosikan Lewat Media Sosial
2. Memudahkan Pemesanan Produk
3. Memberikan Pilihan Pembayaran Beragam
4. Memberikan Diskon
5. Bekerja Sama Dengan Food Vlogger
6. Melakukan Inovasi
7. Membuat Event Berhadiah
8. Menawarkan Gratis Ongkos Kirim

Cara jualan makanan online
Cara jualan makanan online

Penutup

Dalam menginovasi makanan, tetap pertahankan cita rasa dan juga mintai pendapat dari pelanggan anda. Hal itu akan banyak membantu anda untuk memperbaiki kekurangan dari masakan anda. Demikian cara jualan makanan online yang bisa menambah omset anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ingin Usaha Kuliner? Inilah Cara Pemasaran Produk Makanan yang Ampuh