Cara bisnis online makanan

Cara Bisnis Online Makanan, Bisnis dengan Potensi Untung Lebih Besar!

1,639 views
Bagikan artikel ini

Makanan memang merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari pandangan manusia. Para pebisnis makanan pun mulai melakukan cara bisnis online makanan yang mereka jual. Dengan semakin meningkatnya jiwa konsumtif manusia, semakin banyak pula mereka yang mulai melirik bisnis ini.

Merintis bisnis memang merupakan hal yang banyak diminati orang. Mereka bebas mengekspresikan diri melalui makanan yang dijualnya. Tidak ada kekangan, dan keuntungan pun lebih nyata. Bukan saja tentang kebutuhan pokok, makanan pun sudah semakin meluas dengan jenis yang semakin beragam.

Cara bisnis online makanan
Cara bisnis online makanan

Cara Bisnis Online Makanan

Jika anda berminat mendapatkan penghasilan dengan cara bisnis online makanan, ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menjadikan bisnis anda menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan, di antaranya:

1. Pilih Jenis Makanan

Memilih jenis makanan adalah satu hal pokok dan kunci utama dalam menjalankan bisnis. Ada baiknya jika anda ingin menjual makanan secara online, anda harus memilih satu jenis yang akan anda tekuni. Misalnya anda akan menjual snack, menu serba ayam, atau dessert untuk camilan.

Hal itu akan membantu anda untuk memfokuskan bisnis anda menjadi lebih besar. Jika anda sudah memiliki bisnis yang cukup besar dan baru ingin menggunakan cara bisnis online makanan, maka sebaiknya anda sudah memiliki banyak pegawai agar bisa meng-handle jika berjualan secara online.

Jenis lain yang bisa anda pilih adalah masakan tradisional, masakan barat, masakan Arab ataupun yang lainnya.

2. Persiapkan modal

Sama halnya seperti membuka lapak, anda yang ingin menggunakan cara bisnis online makanan pun harus menyiapkan modal. Selain untuk bahan-bahan masakan, anda juga sebaiknya memikirkan untuk biaya lain seperti jika anda ingin menggunakan jasa iklan di aplikasi atau jasa endorsement. Jika anda memiliki modal yang masih tergolong pas-pasan, anda bisa memulai dengan berjualan secara sederhana tanpa menggunakan jasa iklan ataupun endorsement.

Untuk anda yang masih sangat baru dalam membuka bisnis, anda bisa memulainya dengan berjualan dari rumah anda dan dijual secara online agar menghemat modal.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Meski berjualan secara online, memilih lokasi pun merupakan langkah yang penting. Jika anda sudah memiliki modal yang cukup untuk membuka lapak, pilihlah di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Anda bisa memilih lokasi dengan target konsumen yang sekiranya akan ramai, seperti di sekitar kampus, di pinggir jalan raya, dan lain sebagainya.

Cara bisnis online makanan
Cara bisnis online makanan

4. Perhatikan Kualitas Rasa

Hal ini adalah hal yang amat penting jika anda akan berjualan makanan. Rasa akan membuat para konsumen bertahan dan berlangganan. Mereka pun besar kemungkinan akan merekomendasikan makanan anda pada teman-teman atau kerabat mereka.

Tidak semua orang memiliki kemampuan memasak makanan yang enak dan cocok di lidah mayoritas orang. Jadi, jika anda pemula, usahakan untuk terus belajar dan mintai pendapat orang-orang di sekitar anda.

5. Adakan Promo Menarik

Promo merupakan hal yang sangat ampuh untuk menarik para konsumen. Bisnis yang sering mengadakan promo akan berpeluang lebih untung daripada yang berjualan biasa-biasa saja. Sebisa mungkin, ketika anda melakukan grand opening, adakan promo beberapa hari dengan penawaran yang menarik pembeli. Ini bertujuan untuk menarik para konsumen, dan nantinya mereka akan memberikan penilaian apakah mereka akan berlangganan atau tidak.

Jika ingin pelanggan tetap, anda harus memperhatikan semua langkah-langkah penting di atas dan juga rutin melakukan promo untuk memuaskan pelanggan.

6. Menu Andalan yang Menarik

Ciptakan menu andalan yang bisa membuat pelanggan terkesan. Sebisa mungkin, buatlah menu yang berbeda dan tiada duanya di tempat lain. Selain menjadi menu kebanggaan anda, cita rasa yang menjadi ciri khas brand anda akan mampu memikat konsumen untuk datang berkunjung lagi.

7. Pemasok Bahan Baku

Jika anda sudah membentuk bisnis menjanjikan yang sudah cukup berkembang, pastikan anda memiliki pemasok bahan baku tetap. Pilih pemasok yang memiliki bahan baku berkualitas namun harganya terjangkau. Jika anda sudah berlangganan, anda bisa menjadi kepercayaan pemasok dan bisa diprioritaskan untuk stok bahan bakunya.

Cara bisnis online makanan
Cara bisnis online makanan

Aplikasi Jualan Online

Untuk aplikasi atau situs internet sendiri, anda bisa mencoba dengan situs-situs yang biasa digunakan banyak orang seperti WhatsApp, Facebook, Twitter ataupun Instagram. Anda bisa memulainya dengan cara yang sederhana, misalnya dengan memproduksi dari rumah dan menjualnya pada teman-teman terdekat anda.

Keuntungannya, anda tidak perlu berkeliling untuk menawarkan, cukup gunakan situs-situs di atas untuk mempromosikannya. Lebih hemat, dan praktis. Kemudian untuk mengantarkannya, anda bisa menggunakan layanan COD (Cash On Delivery) dengan sistem janji temu di satu titik lokasi agar tidak sama-sama rugi.

Kemudian jika anda ingin merambat ke aplikasi lainnya, bisa dengan aplikasi Grab, Gojek, Shopee, ataupun aplikasi lain. Jika produk anda adalah produk makanan yang siap saji, maka sebaiknya gunakan Grab atau Gojek yang menyediakan jasa pembelian makanan. Di aplikasi itu juga sudah menyediakan jasa iklan agar produk anda bisa lebih mudah dilihat orang. Cara bisnis online makanan ini terbukti menguntungkan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang membantu.

Cara bisnis online makanan
Cara bisnis online makanan

Ide Bisnis Makanan

Anda masih kesulitan menemukan ide bisnis makanan apa? jika anda memiliki keterampilan memasak, anda bisa membuka bisnis ala rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan. Namun, ada bisnis lain yang juga bisa menjadi referensi untuk anda:

1. Katering

Agar keterampilan masak anda tidak sia-sia, anda bisa membuka bisnis katering. Anda harus menyiapkan beberapa menu pilihan dengan tarif yang berbeda-beda. Hal ini bisa ditargetkan pada perkantoran ataupun komunitas lainnya. Jika anda memasang iklan di beberapa aplikasi pun, tidak menutup kemungkinan akan ada yang membeli karena menyediakan paket nasi dan lauknya.

2. Frozen food

Ide kedua yang tidak bisa diremehkan adalah bisnis frozen food. Makanan beku ini bisa menjadi pilihan anda, cara bisnis online makanan frozen food ini bisa anda tawarkan pada ibu-ibu yang rutin memasak ataupun dijual secara online.

3. Kue Kering

Nah, untuk anda yang suka membuat camilan berupa kue-kue untuk lebaran, bisa anda coba cara bisnis online makanan ini. Biasanya besar keuntungan apabila mendekati hari raya. Banyak yang akan melirik karena menjadi suguhan wajib ketika bertamu di hari raya.

4. Minuman Kekinian

Terinspirasi dari brand-brand minuman yang sudah terkenal? Mengapa tidak membuatnya sendiri? Bisa jadi buatan anda akan ikut terkenal juga. Anda tinggal menginovasikannya dengan hal-hal yang menarik dan berbeda dari yang lainnya. Jangan lupa gunakan kemasan yang menarik!

Cara bisnis online makanan
Cara bisnis online makanan

Tanya Jawab Seputar Cara Bisnis Makanan Online

Jualan makanan apa yang laris di online?

Ide Jualan Makanan Online untuk Pemula
1. Kue Kering.
2. Frozen Food
3. Keripik
4. Dessert Box
5. Sambal
6. Salad Buah
7. Dalgona Coffee
6. Nasi Mentai

Langkah awal memulai bisnis makanan?

Cara Memulai Usaha Kuliner yang Cocok untuk Pemula, Mudah Dilakukan
1. Tetapkan Bisnis yang Diinginkan dan Lakukan Survei
2. Hitung Modal dan Tetapkan Lokasi Strategis
3. Miliki Menu Andalan dan Pemasok Bahan Baku
5. Miliki SDM dan Target Pemasaran
6. Lakukan Promosi dan Buat Perizinan Usaha

Bagaimana cara menjual makanan lewat online?

Berikut ini trik pemasaran bisnis kuliner online :
1. Mempromosikan Lewat Media Sosial
2. Memudahkan Pemesanan Produk
3. Memberikan Pilihan Pembayaran Beragam
4. Memberikan Diskon
5. Bekerja Sama Dengan Food Vlogger
6. Melakukan Inovasi
7. Membuat Event Berhadiah
8. Menawarkan Gratis Ongkos Kirim

Jual makanan apa yang paling laris?

– Tahu krispi renyah
– Singkong keju gurih
– Aneka macam gorengan lezat
– Roti bakar rasa nikmat
– Jus buah segar
– Keripik pisang mantap nyess
– Bubur kacang hijau lezat
– Pepes ikan mantap jiwa

Cara Menjual Makanan di GrabFood

Cara Menjual Makanan di GrabFood
– Buka Grab
– Klik “Jadilah Mitra Kami” lalu pilih “Mitra GrabFood
– Isi beberapa data mengenai restoran kamu, mulai dari nama dan alamat restoran, data pribadi, jumlah pembeli, hingga catatan yang perlu diketahui oleh konsumen

Bagaimana cara promosi makanan?

Bermacam Strategi Cara Mempromosikan Makanan
– Buatlah Suatu Slogan Menarik Agar Selalu Diingat
– Beri Sampel Gratis pada Orang yang Belum Kenal Makanan Anda
– Bagi Reward untuk Para Konsumen Loyal
– Meningkatkan Kerja Sama dalam Memperluas Produk
– Selalu Menjaga Kualitas Makanan Agar Tetap Laris Manis

Bagaimana cara memasarkan produk makanan?

Berikut adalah tips bagaimana memasarkan produk makanan agar omset Anda meningkat:
1. Kemasan Yang Pertama Diambil
2. Buat Foto Produk Yang Menghipnotis
3. Buat Website Perusahaan Anda
4. Memasarkan Lewat Social Media
5. Bekerjasama Dengan Penyedia Layanan Pesan Antar
6. Endorse Kepada Selebgram Atau Orang Yang Berpengaruh

Bagaimana cara berjualan makanan online untuk pemula?

1. Ketahui target konsumen
2. Buat status yang menarik
3. Gunakan hashtag
4. Berikan respon yang cepat
5. Update foto profil
6. Bangun komunikasi yang baik
7. Berikan pembaruan promo

Cara bisnis online makanan
Cara bisnis online makanan

Penutup

Jadi, dalam membuat bisnis, anda harus memikirkannya secara matang dan mempersiapkan modal yang matang juga. Buatlah inovasi dan jaga kualitas rasa agar mempertahankan pelanggan. Demikian, cara bisnis online makanan yang bisa menambah profit anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Strategi Promosi Jualan Makanan Online yang Efektif dan Efisien