Jualan online makanan yang laris

10 Rekomendasi Jualan Online Makanan Yang Laris Untuk Pemula

52 views
Bagikan artikel ini

Saat ini masyarakat Indonesia telah terbiasa berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui online rumah, karena pandemi yang sedang melanda berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun jika Anda berminat untuk menjadikan hal tersebut peluang usaha, Anda bisa membaca artikel ini sampai habis, karena akan membahas rekomendasi jualan online makanan yang laris.

Makanan merupakan salah satu bidang yang cukup besar peluang usahanya, selain bidang fashion. Beberapa bulan terakhir kebiasaan memesan makanan secara online meningkat secara signifikan sebesar 30%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peluang berbisnis di bidang makanan sangatlah besar. Bisnis makanan sejak zaman dahulu tidak pernah kehilangan daya belinya, bahkan sampai di masa depan.

Tidak heran jika bisnis makanan menjadi pilihan utama para wirausaha pemula, karena makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan yang paling dicari oleh masyarakat. Dengan demikian banyak yang mencari rekomendasi jualan online makanan yang laris untuk usahanya. Apabila Anda termasuk yang sedang mencari usaha kuliner, simak ide produk makanan berikut ini.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

Rekomendasi Jualan Online Makanan Yang Laris

1. Salad Buah

Buah merupakan makanan kesukaan semua orang, sehingga tidaklah sulit untuk menemukan penjual buah. Bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan produk utamanya buah, Anda bisa berinovasi dengan merubah buah menjadi makanan yang unik, seperti salad buah. Salad buah biasanya disajikan dengan parutan keju, saus mayonaise, dan susu kental. Tidak lupa pula buah yang dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

Salad buah umumnya dikemas dalam mangkuk plastik, sehingga akan terlihat lebih berkelas dan akan menambah nilai jualnya. Agar salad buah yang Anda jual dapat laku terjual di pasaran, pilihlah buah yang segar dan memiliki kualitas yang baik. Biasanya salad buah akan dicari orang-orang saat musim panas dan bulan Ramadhan. Salad buah bisa menjadi pilihan jualan online makanan yang laris karena proses pembuatan dan pengirimannya mudah dilakukan secara online.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

2. Usaha Kue Kering atau Cookies

Kue kering atau cookies merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Melihat hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat peluang besar di bisnis kue kering. Varian kue kering di Indonesia saat ini sudah banyak jenisnya dan tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya akan semakin banyak varian yang muncul. Anda juga bisa berinovasi dengan membuat varian kue kering baru, sehingga akan membedakan dengan usaha kue kering milik orang lain.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

3. Usaha Keripik

Keripik merupakan pilihan yang tepat sebagai pilihan jualan online makanan yang laris, karena banyak orang yang menyukai makanan satu ini. Keripik cocok untuk menemani berbagai kegiatan, seperti saat sedang menonton film dan membaca buku. Selain itu camilan ini juga dapat disimpan hingga berbulan-bulan.

Saat membuat keripik Anda bisa berkreasi dengan bahan dan rasanya, sehingga orang-orang tidak mudah bosan. Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk keripik, contohnya kentang, ubi, dan singkong. Keripik yang Anda tawarkan dapat laris manis terjual jika bahan dan bumbu yang digunakan memiliki kualitas yang baik.

Anda bisa memilih rasa apa yang ingin dipakai dalam usaha keripik milik Anda. Ada berbagai rasa lokal dan rasa yang sedang hits saat ini, contohnya rasa salted caramel dan sambal matah. Keripik cocok untuk dijadikan usaha online karena mudah untuk dikirim ke berbagai daerah.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

4. Frozen Food

Daya tahan makanan menjadi salah satu tantangan terbesar pebisnis yang memiliki usaha makanan secara online. Makanan yang tidak memiliki daya tahan yang lama akan susah untuk dikirim, apalagi jika dikirim antar kota atau provinsi yang mana akan memakan waktu berhari-hari. Masalah tersebut akan teratasi jika Anda memilih usaha frozen food. Frozen food sendiri relatif awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama karena dikemas dalam bentuk beku.

Frozen food biasanya berbentuk nugget, bakso, tempura dan berbagai bentuk lainnya yang berasal dari olahan daging ikan, daging ayam, dan daging sapi. Namun ada juga frozen food daging hewan langsung yang belum diolah. Meskipun dikirim dari jarak jauh dan memakan waktu yang lama, frozen food tidak akan mudah basi karena sudah dibekukan terlebih dahulu.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

5. Katering Rumahan

Zaman sekarang banyak orang yang memilih untuk makan di warung atau restoran karena akan lebih praktis ketimbang harus memasak sendiri. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan dengan membuka usaha katering rumahan yang menawarkan berbagai jenis masakan rumahan. Anda bisa memasukkan menu yang biasanya ada di tempat-tempat makan, seperti nasi campur, nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan nasi pecel.

Ide jualan online makanan yang laris ini memiliki peluang yang cukup besar. Anda dapat menawarkan layanan katering rumahan melalui offline maupun online. Mulai ke rumah tangga, mahasiswa hingga ke perkantoran yang mana pegawainya seringkali tidak membawa bekal dari rumah. Anda bisa mengemas masakan dengan kemasan yang menarik dan berkualitas, sehingga konsumen Anda akan berlangganan hingga waktu yang lama.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

6. Dessert Box

Beberapa akhir ini ada makanan yang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya kaum millennials. Nama makanan tersebut ialah dessert box. Makanan satu ini bisa membuat siapapun ketagihan karena rasanya yang terkenal manis dan lezat. Dessert box umumnya dijual dengan range harga sekitar Rp 25.000 – Rp 100.000 sesuai dengan bahan dan topping yang disajikan. Anda bisa menawarkan makanan ini secara online dan memasarkannya melalui media sosial.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

7. Olahan Lauk Kering

Olahan makanan yang bisa Anda jadikan peluang usaha online adalah olahan lauk kering. Contohnya adalah rendang kering dan bandeng presto dan biasanya dikemas dalam bentuk kaleng, sehingga akan lebih tahan lama dan aman untuk dikirim ke daerah yang jauh. Makanan ini cocok dengan gaya hidup modern karena makanan ini siap untuk disantap dan tidak membutuhkan waktu lagi saat akan menyantapnya.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

8. Sambal

Ide jualan online makanan yang laris selanjutnya ialah sambal. Sambal merupakan makanan andalan masyarakat Indonesia dan digemari oleh berbagai kalangan. Anda bisa menjualnya dengan kemasan botol dan ukuran yang bermacam-macam. Anda bisa menawarkan berbagai jenis sambal, seperti sambal matah, sambal goang, sambal terasi, hingga mencampurkan sambal dengan lauk makan, contohnya sambal cumi.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

9. Bakso Aci

Satu lagi makanan kekinian yang bisa menjadi pilihan usaha online Anda adalah bakso aci. Kuah bakso aci terkenal akan rasa gurih dan pedas, sehingga tak heran bila banyak yang menyukai makanan ini. Rasa pedas yang terdapat di kuah bakso aci umumnya berasal dari cabe bubuk. Anda bisa menyajikan bakso aci dengan berbagai jenis atau level pedas, yang bisa membuat pelanggan tertarik untuk mencoba.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

10. Cake atau Roti

Hampir semua orang menyukai roti atau cake karena banyaknya varian yang ditawarkan dan bisa dipesan melalui online. Hal tersebut menjadikan cake atau roti sebagai salah satu ide jualan online makanan yang laris. Ada bermacam jenis cake yang bisa Anda tawarkan baik online maupun offline, mulai dari brownies, strudel, black forest hingga kue ulang tahun.

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

Saran Ide Jualan Makanan Online Terlaris

Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan makanan yang akan dijadikan bisnis online Anda. Ada banyak sekali produk makanan yang berpeluang untuk dijadikan bisnis, namun disarankan untuk memilih makanan yang sesuai dengan kemampuan dan juga minat Anda. Persiapkan juga modal yang akan digunakan untuk memulai bisnis dan pastikan untuk banyak bertanya kepada pebisnis yang sudah memiliki pengalaman di dunia bisnis kuliner.

Tanya Jawab Seputar Jualan Online Makanan Yang Laku Setiap Hari

Jual makanan apa yang paling laris?

– Tahu krispi renyah
– Singkong keju gurih
– Aneka macam gorengan lezat
– Roti bakar rasa nikmat
– Jus buah segar
– Keripik pisang mantap nyess
– Bubur kacang hijau lezat
– Pepes ikan mantap jiwa

Makanan apa yang bisa dijual online?

1. Kue Kering
2. Frozen Food. Saat ini frozen food semakin digemari oleh masyarakat Indonesia karena awet dan mudah untuk diolah
3. Keripik
4. Dessert Box
5. Sambal
6. Salad Buah
7. Dalgona Coffee
8. Nasi Mentai

Apa yang dimaksud dengan makanan fungsional?

Makanan fungsional adalah makanan atau minuman bernutrisi tinggi yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Konsep ini dicetuskan oleh pemerintah Jepang di tahun 1980-an.

Apa itu makanan fungsional dan contohnya?

Makanan fungsional konvensial adalah makanan utuh yang sudah mengandung berbagai nutrisi penting, seperti serat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan, dalam jumlah yang cukup. Contoh makanan fungsional konvensional adalah: Buah-buahan, seperti kiwi, pir, apel, pisang, dan jeruk.

Jenis makanan apa saja yang berkembang saat ini?

– Usaha katering
– Ayam goreng krispi
– Sosis bakar
– Usaha aneka kue
– Roti bakar
– Makanan khas daerah
– Nasi goreng disertai minum juss
– Frozen Food

Jualan online makanan yang laris
Jualan online makanan yang laris

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi bisnis makanan. Semoga berbagai macam ide jualan online makanan yang laris dalam artikel ini dapat membantu Anda yang sedang kebingungan dalam memilih produk makanan yang akan dijadikan usaha online Anda.

Baca Juga : Cara Jualan Makanan Online, Omset Dijamin Semakin Besar!