bank terbaik di indonesia

Kumpulan Daftar Bank Terbaik di Indonesia yang Paling Populer

Bank yang ada di Indonesia ada banyak, namun hanya beberapa saja yang  masuk ke dalam kategori bank terbaik di Indonesia. Proses penilaian bank tersebut tentunya melewati berbagai macam proses seperti kualitas layanan mereka, jumlah aset yang dimiliki, dan tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia kepada bank tersebut. Untuk mengetahui apa saja daftar bank terbaik di Indonesia, simaklah beberapa deretan nama bank berikut ini.

bank terbaik di indonesia
Bank terbaik di indonesia

Daftar Bank Terbaik di Indonesia

Berdasarkan sejarah, ternyata ada kurang lebih 200 bank yang sempat berdiri di Indonesia. Akan tetapi, Bank Indonesia menetapkan kebijakan yang jauh lebih ketat untuk pelaku industri yang berharap bisa berkecimpung di industri dan juga yang sudah bekerja di industri bank. Inilah beberapa bank terbaik di Indonesiayang memang memiliki reputasi dan kredibilitas tinggi:

1. BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Bank terbaik di Indonesia pertama yang sering dikenal oleh masyarakat adalah BRI. Bank Rakyat Indonesia ini merupakan salah satu bank paling besar yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia dan didirikan sejak waktu yang lama yakni tahun 1895 lalu di daerah Purwokerto. Untuk pembagian kepemilikan sahamnya sendiri, kini saham BRI dimiliki oleh pemerintah sebesar 70%.

Sementara itu, saham sisanya dijual di Bursa Efek Indonesia menggunakan kode saham yaitu BBRI. Tingkat kepopuleran BRI sudah tidak bisa diragukan lagi karena BRI dikabarkan menjadi bank terbaik di Indonesia yang memiliki jumlah nasabah paling besar di Indonesia. Hal itu terjadi karena cabang perusahaan BRI ini ada di mana-mana di seluruh Indonesia, bahkan hingga sampai ke level desa yang terpencil sekalipun.

Baca Juga :  Pengertian dan Contoh Perjanjian Pra Nikah
bank terbaik di indonesia
Bank terbaik di indonesia

2. BNI (Bank Negara Indonesia)

BNI adalah bank terbaik di Indonesia lainnya yang juga masih termasuk ke dalam jajaran BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. BNI adalah bank pertama yang membentuk dirinya menjadi perusahaan publik ketika mereka sudah berhasil mencatatkan saham mereka di Bursa Efek Indonesia. Bank yang satu ini hadir pertama kali pada tahun 1946 dengan nama yang sama dan fungsi awalnya adalah sebagai BUMN saja.

Akan tetapi, karena ada mandat yang mengutus mereka untuk memperbaiki ekonomi milik rakyat Indonesia, maka BNI pun dibuka dan bisa diakses oleh masyarakat Indonesia secara umum. Setelah melalui berbagai era, BNI berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sangat wajar jika kemudian BNI berubah menjadi salah satu bank terbaik di Indonesiayang namanya begitu disegani oleh masyarakat.  Karena BNI ini merupakan bank milik BUMN maka 60% saham yang dimilikinya jatuh ke pemerintah Indonesia dan sisanya dimiliki oleh masyarakat umum.

3. Bank Mandiri

Bank terbaik di Indonesia yang ketiga adalah Bank Mandiri yang dibentuk pada tahun 1998 lalu. Meskipun termasuk bank yang memiliki usia cukup muda, akan tetapi Bank Mandiri ini memiliki perkembangan yang sangat pesat dan kini menjadi salah satu pelaku industri yang paling besar di Indonesia. Bank Mandiri mendirikan kantor cabang yang banyak sehingga bisa menggaet jumlah nasabah yang begitu banyak di Indonesia.

Inovasi dari Bank Mandiri ini pun tidak berhenti di situ saja, namun mereka juga menerbitkan inovasi yang baru yakni penerbitan bank digital yang bernama Livin. Bank Mandiri termasuk ke dalam jajaran bank terbaik di Indonesia yang mempunyai aset terbesar dan sudah memperoleh penghargaan baik itu dari dunia internasional atau pun nasional. Produk unggulan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri ini antara lain Mandiri Kartu Kredit, Mandiri Giro, Mandiri Deposit, dan Mandiri Tabungan.

Baca Juga :  Cara Membuat ATM BRI Online Anti Ribet

4. BCA (Bank Central Asia)

BCA termasuk ke dalam daftar bank terbaikyang sangat populer, bahkan pada tahun 2022 lalu BCA meraih peringkat nomor 1 bank berkualitas tinggi di Indonesia yang dirilis oleh majalah Forbes. Bank Central Asia ini pertama kali beroperasi pada tahun 1957 lalu dan saat ini memiliki kantor pusat yakni di daerah Jakarta. Dulunya, BCA ini adalah bank devisa namun mereka pun berkembang dengan agresif untuk melebarkan kantor cabangnya di Indonesia mulai tahun 1980.

Seiring berjalannya waktu, BCA menjadi semakin canggih dan maju dengan menyediakan berbagai macam fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat. Banyak sekali layanan digital yang sudah disediakan oleh BCA yang mampu mempermudah seluruh aktivitas transaksi yang ingin dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini BCA dikabarkan memiliki jumlah aset yang melimpah hingga di atas seribu milyar rupiah.

bank terbaik di indonesia
Bank terbaik di indonesia

5. Bank Jago

Bank terbaik yang terakhir adalah Bank Jago yang berdiri pada tahun 1992. Dulu, Bank Jago memiliki nama yaitu Bank Artos Indonesia dan bertugas sebagai bank konvensional untuk melayani masyarakat. Akan tetapi, kini Bank Jago pun berpindah haluan menjadi suatu lembaga keuangan yang menyediakan berbagai fasilitas untuk masyarakat Indonesia.

Bisa dibilang, Bank Jago adalah salah satu pelopor munculnya bank digital yang ada di Indonesia dan memberikan inspirasi kebangkitan bank digital yang lain. Teknologi perbankan yang dimiliki oleh Bank Jago ini terbilang lebih canggih apabila dibandingkan dengan bank digital miliki bank konvensional lainnya karena melakukan optimalisasi teknologi yang sangat mumpuni.

Tanya Jawab Seputar Bank Terbaik di Indonesia

Apa bank terbesar di Indonesia?

Paling terbesar dimiliki oleh PT Bank Mandiri per September 2022 dengan RP 1.839,3 triliun atau naik 12,3% yoy. Di posisi kedua terdapat PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Asetnya mencapai Rp 1.684,6 triliun atau naik 4% yoy.

Baca Juga :  Bengkel AC Mobil Terdekat Untuk Mobil Kesayangan Anda

Bank apa yg paling bagus di Indonesia?

Pada tahun 2022, BCA berhasil menempati posisi pertama sebagai bank terbaik di Indonesia. Kemudian diikuti oleh DBS dan Bank Mandiri yang berada di peringkat kedua dan ketiga secara berurutan.

Mengapa BCA menjadi bank terbaik?

Pertama, didorong oleh tingginya rasio dana murah atau current account and saving account (CASA) bank. Kedua, besarnya fee based income, termasuk pendapatan lain seperti hasil investasi.

Bank yang tidak sehat itu seperti apa?

Jika bank tidak sehat maka: (1) fungsi intermediasi tergangu, akibatnya alokasi dan penyediaan dana untuk pembiayaan sektor-sektor produktif menjadi terbatas, (2) lalulintas sistem pembayaran yang dilakukan perbankan tidak lancar, dan (3) efektifitas kebijakan moneter terganggu.

ATM terbanyak bank apa?

Jumlah Mesin ATM di Indonesia (sumber: Sharing Vision)

Berdasarkan dari sumber infobank 2010 dan www.mediaindonesia.com, dari 47 ribu mesin, BRI memiliki mesin ATM terbanyak yaitu 11111 mesin dan Bank Mandiri telah menyebarkan 10361 mesin ATM.

Kapan bank dikatakan kondisi sehat?

Bank yang sehat adalah bank yang dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik, yang dapat menjaga dan memelihara kepercayaan masyarakat, dapat menjalankan fungsi intermediasi, dapat membantu kelancaran lalu lintas pembayaran serta dapat digunakan oleh pemerintah dalam melaksanakan berbagai kebijakan.

bank terbaik di indonesia
Bank terbaik di indonesia

Penutup

Demikian daftar bank terbaik di Indonesia yang dapat menjadi informasi bagi Anda. Apabila Anda masih merasa bingung dan ragu-ragu untuk memilih bank mana yang paling tepat untuk menyimpan aset Anda, maka perhatikanlah layanan dan kualitas yang ditawarkan oleh salah satu bank di atas.