Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

9 Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

87 views
Bagikan artikel ini

Ingin memperoleh uang tambahan meskipun sedang kuliah, kenapa tidak? Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa ada banyak. Anda bisa memanfaatkan waktu senggang untuk membuka usaha makanan. Berikut ini akan kita bahas usaha makanan apa saja yang bisa Anda coba lakukan di tengah kesibukan kuliah.

Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Bagi Anda yang sedang kuliah, tidak adanya salahnya mulai mencoba menjalankan usaha. Mulai saja dari usaha kecil-kecilan, salah satunya bisnis makanan. Bisnis makanan mahasiswa mempunyai ciri khas harganya yang terjangkau, sehingga tidak mengherankan jika berpeluang menghasilkan banyak keuntungan. Di bawah ini beberapa ide usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa.

Bakso Bakar

Usaha makanan yang tidak membutuhkan banyak modal salah satunya adalah usaha bakso bakar. Jajanan yang satu ini mempunyai banyak penggemar, dari anak-anak hingga orang dewasa. Bakso bakar biasanya dijual dengan harga terjangkau. Jika Anda berjualan bakso bakar di sekitar kampus, tentu akan ada banyak mahasiswa yang tertarik untuk membeli.

Untuk memulai usaha bakso bakar tidaklah sulit. Alat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Pengerjaannya pun terbilang cukup sederhana. Yang perlu diperhatikan, Anda perlu membuat racikan saus yang enak namun beda dari yang lain. Sehingga bakso bakar Anda menarik banyak peminat dan tidak kalah persaingan.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Bakso Tusuk atau Cilok

Saat ini, banyak anak muda yang menggemari bakso tusuk. Harganya yang murah meriah dan ramah di kantong membuat jajanan yang satu digemari siapapun. Ditambah lagi bakso tusuk mempunyai tekstur yang kenyal, rasa yang gurih, dengan siraman saus yang pedas manis. Kelezatan ini membuat orang yang memakannya tidak akan pernah bosan.

Usaha bakso tusuk tidak membutuhkan banyak modal, sehingga layak disebut usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa. Anda bisa berjualan bakso tusuk dengan lapak kecil di daerah dekat kampus. Agar usaha Anda tidak kalah saing, cobalah berjualan bakso tusuk dengan isian yang bervariasi. Misalnya saja seperti isi telur, daging ayam, lemak, cabe, dan sebagainya.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Seblak

Siapa yang tidak tahu dengan makanan asal Bandung ini? Rasanya yang mantap dan pedas membuat seblak banyak digemari banyak orang, terutama anak muda. Bahkan, makanan ini dikenal sampai keluar kota. Maka pas jika seblak dijadikan usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa.

Meski aslinya seblak berbahan dasar kerupuk mentah, namun Anda bisa memberikan berbagai bahan tambahan. Diantaranya seperti sayuran, mi, sosis, kornet, bakso, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu menawarkan variasi level kepedasan. Dengan begitu banyak orang yang akan tertarik untuk membeli seblak Anda.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Marmut (Martabak Imut)

Martabak manis sangat disukai semua kalangan sehingga sangat menjanjikan. Jika Anda tertarik mencoba usaha martabak manis namun kesulitan dalam hal modal, maka bisa mencoba berjualan martabak imut. Martabak imut berukuran mini sehingga terlihat menggemaskan, apalagi dengan varian rasa dan toping yang beragam.

Pada umumnya, toping martabak berupa cokelat, kacang, kecu, serta aneka selai buah. Kemudian Anda bisa berinovasi dengan menjual marmut yang diberi aneka toping yang berbeda. Diantaranya seperti buah-buahan, kismis, jagung, dan sebagainya. Tentunya dengan harga yang sedikit lebih mahal. 

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Roti Bakar

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa berikutnya yaitu berjualan roti bakar. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, sehingga mahasiswa bisa menjalankannya. Terlebih lagi, biasanya roti bakar hanya dijual pada sore hari hingga malam. Jadi, membuka usaha roti bakar bisa dilakukan setelah pulang kuliah dan tidak akan mengganggu aktivitas kuliah Anda.

Roti bakar merupakan salah satu makanan yang paling digemari. Meski bukan makanan pokok, memakan roti bakar bisa membuat perut kenyang. Maka tidak heran jika terkadang banyak orang membelinya sebagai pengganti nasi saat lapar di malam hari. Selain itu, roti bakar juga kerap dijadikan buah tangan saat akan berkunjung ke rumah teman ataupun kerabat.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Gorengan

Usaha berjualan gorengan merupakan usaha dengan modal minim namun menjanjikan keuntungan yang melimpah. Bagaimana tidak? Gorengan merupakan primadona semua kalangan, baik miskin ataupun kaya, dari anak-anak hingga lansia. Selain untuk cemilan, gorengan juga bisa dijadikan sebagai lauk saat makan.

Bagi mahasiswa, menjalankan usaha gorengan patut dicoba. Kebanyakan gorengan dijual pada sore hingga malam hari, sehingga tidak akan mengganggu jadwal kuliah Anda. Anda bisa berjualan di sekitar kampus menggunakan gerobak. Usaha Anda berpeluang laris karena banyak mahasiswa yang sering membeli gorengan sebagai cemilan saat menyelesaikan tugas kampus.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Tahu Krispi

Tahu krispi merupakan salah satu jajanan yang murah meriah. Maka tidak heran jika jajanan ini laku keras di kalangan mahasiswa. Mahasiswa sangat menyukai tahu krispi karena rasanya yang pedas gurih. Selain itu, saat ini telah banyak varian rasa bumbu tabur. Jadi, pembeli bisa memilih sendiri sesuai selera.

Usaha berjualan tahu krispi merupakan usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan tak terlalu besar. Peluang bisnis untuk usaha ini pun masih terbuka lebar. Agar lebih kekinian, Anda bisa menggunakan kemasan kantong kertas atau paper bag. Sediakan beberapa ukuran untuk mengemas tahu krispi sesuai dengan porsi yang dibeli.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Donat

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya yaitu berjualan donat. Donat disukai semua kalangan, terutama anak-anak. Rasanya yang lezat dengan toping berwarna-warni, membuat banyak orang selalu tertarik ingin memakannya. Sehingga usaha ini menjanjikan banyak penghasilan.

Saat ini, banyak kreasi donat yang telah bermunculan. Diantara seperti donat kentang, donat mi, serta donat dari bahan lainnya yang membuatnya menjadi unik. Anda juga bisa menjalankan usaha donat dengan inovasi yang berbeda dari umumnya. Dengan begitu, banyak orang yang akan tertarik ingin mencicipi donat Anda.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Keripik Pedas

Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan orang saat ini menyukai makanan yang pedas. Salah satu yang banyak digemari yaitu keripik pedas. Selain harganya murah, rasanya juga membuat ketagihan menggoyang lidah. Selain itu, keripik pedas juga kerap dijadikan pendamping saat sedang makan sate, bakso, ataupun soto.

Usaha berjualan keripik pedas juga cocok dijalankan di daerah dekat kampus. Mahasiswa biasanya membeli keripik pedas untuk dijadikan cemilan. Anda bisa menjalankan usaha ini dengan menjual beragam keripik pedas. Diantaranya seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik pangsit, keripik pisang, dan lain-lain tentunya dengan rasa yang pedas.

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa
Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Penutup

Dari beberapa usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa di atas, manakah yang membuat Anda ingin mencobanya? Usaha kuliner memang tidak ada matinya. Dengan strategis yang tepat, usaha makanan yang Anda jalankan bisa menjanjikan keuntungan. Bahkan, mungkin saja Anda bisa menjadi pengusaha sukses sebelum lulus kuliah.

Untuk memperluas jangkauan konsumen, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet. Mempromosikan usaha melalui media sosial dianggap lebih efektif di masa sekarang. Hal ini tidak mengherankan, mengingat kebanyakan masyarakat terutama mahasiswa telah terbiasa menggunakan media sosial. Selamat berwirausaha dan semoga sukses!

Baca Juga : 11 Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba