peluang bisnis minuman modal rp 300rb

Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb : Bisakah Untung Besar?

Mencari peluang bisnis memang mudah, meskipun untuk mengembangkannya perlu upaya yang cukup menantang. Salah satu peluang paling diminati saat ini adalah peluang bisnis minuman modal Rp 300rb.  Sebenarnya, banyak orang ragu apakah bisa kita membuka usaha dengan nominal uang yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan usaha minuman pada umumnya.  Apalagi, jumlah kompetitor yang kian banyak dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Memang, jika dibandingkan dengan bisnis minuman waralaba yang membutuhkan dana jutaan rupiah, bisnis minuman dengan modal ratusan ribu terkesan tidak mungkin. Tetapi sebenarnya, banyak sekali peluang bisnis yang membutuhkan dana tidak besar. Pernahkah kita duduk di sebuah kedai kopi yang ternyata menghadirkan kopi yang sering juga kita konsumsi di rumah. Namun, tetap saja kita sering mengunjungi kedai tersebut, karena memang suasana kedai kopi yang asyik untuk nongkrong atau mengerjakan tugas kuliah atau remote working.

Jadi jangan ragu untuk terus membaca artikel tentang peluang bisnis minuman modal Rp 300rb ini. Dengan modal minim saja, kita dapat memaksimalkannya untuk mendapatkan untung besar.  Siapa yang tidak ingin menikmati untung besar dengan modal minimal?  

Ketahui Apa Saja Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb

Sebagai pelaku bisnis, tentu kita harus dapat memanfaatkan peluang. Kita sering melihat di sekitar kita bahwa penggemar produk minuman adalah anak kecil dan remaja.  Karena itulah, kita harus memanfaatkan peluang ini untuk menarik perhatian mereka. Minuman yang mereka sukai antara lain:

1. Minuman Boba

Minuman jenis ini memang sedang menjamur. Karena itulah, pemilik usaha harus dapat menjangkau konsumen dengan sesuatu yang berbeda. Kalaupun minuman boba sedang menjamur, pastikan produk Anda punya spesialisasi yang berbeda. Hal ini terutama dalam segi rasa, kemasan, dan juga bahan baku.

Baca Juga :  Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Excel Terbaru

Terbukti beberapa minuman boba dapat bertahan dalam kancah persaingan, dan sebagian lainnya tidak. Hal ini menunjukkan bahwa produk minuman boba dengan ciri khas tersendiri dapat menarik perhatian pembeli.  Pemilik usaha hanya perlu menyediakan bahan baku untuk membuat boba sendiri dari bahan berkualitas, serta varian rasa yang lezat tanpa mengabaikan kualitas pemanis.

peluang bisnis minuman modal rp 300rb
Peluang bisnis minuman modal rp 300rb

2. Minuman Coklat Kekinian

Minuman coklat pasti disuka siapa saja.  Terlebih jika coklat tersebut merupakan coklat berkualitas bagus dengan rasa yang tidak terlalu manis namun sangat terasa coklatnya. Kita banyak melihat gerai minuman coklat dari produsen minuman coklat ternama. Bahkan, bentuk sachet dari minuman tersebut juga tersedia di supermarket.

Bayangkan saja, dengan pembelian sachet minuman coklat tersebut, kita dapat menjualnya kembali dengan varian topping yang bermacam-macam. Jika dihitung, satu sachet minuman coklat dari produsen terkenal adalah Rp 5.000. Dengan tambahan topping, minuman coklat yang disajikan dingin atau panas dijual dengan harga Rp 20.000. 

peluang bisnis minuman modal rp 300rb
Peluang bisnis minuman modal rp 300rb

3. Teh

Siapapun dapat membuat teh panas atau es teh di rumah. Namun, peminat es teh atau teh panas tidak pernah habis. Di sinilah pentingnya kreativitas bagi pemilik usaha untuk menarik banyak pelanggan.  Kemasan teh dapat dibuat semenarik mungkin, dengan nama-nama kekinian yang menarik. Selain itu, varian rasa juga dapat ditambah yaitu teh tarik, Thai tea, atau teh latte dan banyak lagi.  Bahan teh juga sangat mudah dan murah, dimana tambahan varian rasa juga dapat dibeli di mana saja.  Hingga kini, minuman teh kekinian masih menjadi salah satu peluang bisnis minuman modal Rp 300rb yang paling disukai.

Baca Juga :  4 Usaha Dengan Modal 50 Ribu Dengan Hasil Yang Menjanjikan Dan Bisa Kamu Lakukan Di Mana Saja
peluang bisnis minuman modal rp 300rb
Peluang bisnis minuman modal rp 300rb

4. Kopi

Pertumbuhan cafe kekinian yang menghadirkan berbagai macam kopi sangatlah pesat. Banyak sekali kedai kopi yang mengandalkan biji kopi pilihan, baik biji kopi dari berbagai wilayah di nusantara ataupun biji kopi impor.  Penyuka kopi sangat gemar mencoba berbagai varian kopi seduh yang diolah langsung dari biji kopi. Bagi mereka yang sudah memiliki coffee maker, tentu mereka dapat memanfaatkan peluang bisnis minuman modal Rp 300rb ini karena harga coffee maker yang kini sangat murah. Pemilik usaha hanya perlu menambahkan bahan-bahan seperti kayu manis, bubuk coklat, atau susu untuk membuat coffee latte.

peluang bisnis minuman modal rp 300rb
Peluang bisnis minuman modal rp 300rb

5. Kopi Susu Kekinian

Tidak semua orang menyukai kopi hitam. Kopi susu kekinian juga menjadi salah satu jenis minuman yang sangat disukai siapa saja. Banyak sekali anak muda yang sukses membuat ramuan kopi susu dengan topping yang beragam seperti biskuit, coklat parut atau coklat keping, dan juga green tea.

Bahkan, hadir pula kopi yang tersaji dengan tambahan jus alpukat yang rasanya sangat menggugah selera. Tentu saja, peluang bisnis minuman modal Rp 300rb seperti ini sangat menjanjikan.  Bahan yang diperlukan tidak membutuhkan anggaran terlalu besar. Sedangkan peminatnya juga selalu bertambah.

6. Jus atau Sari Buah

Sari buah atau jus yang dikemas dalam botol ataupun dalam gelas adalah salah satu produk minuman terfavorit bagi siapa saja. Hal ini terutama di kota besar, dimana masyarakatnya tidak sempat mengkonsumsi buah atau sayur secara rutin. Mereka lebih memilih untuk membeli jus buah untuk dibawa selama perjalanan, selain air putih tentunya.

Peluang bisnis minuman modal Rp 300rb yang satu ini sangat pas dijalankan siapa saja, terutama mereka yang punya akses untuk mendapatkan buah-buahan dengan harga murah.  Salah satu contoh adalah jus jambu merah yang sangat laris dan sarat manfaat. 1 kilogram jambu merah hanya seharga Rp 10.000, atau bahkan lebih murah di kota-kota kecil. Dari kuantitas tersebut, penjual dapat menghasilkan lebih dari 10 gelas, dimana satu gelas dijual Rp 10.000.  Bahan baku tambahan yang disiapkan penjual adalah gelas plastik, sedotan dan tambahan rasa seperti susu kental manis dan gula. 

Baca Juga :  7 Jenis Bisnis Yang Masih Jarang Digeluti Tetapi Wajib Dicoba
peluang bisnis minuman modal rp 300rb
Peluang bisnis minuman modal rp 300rb

Penutup

Peluang bisnis minuman modal Rp 300rb memang tetap harus memperhatikan faktor kualitas. Hal ini sangat diperhatikan pembeli, terutama dalam kualitas rasa. Jangan pertaruhkan reputasi dengan menyediakan kualitas bahan murahan. Memang, sebagai pelaku bisnis, kita harus bijaksana dalam mengatur anggaran. Tetapi, bukan berarti kita tidak memperhatikan kepuasan pelanggan. Apalagi jika calon pelanggan kita adalah anak kecil. Jika mereka mengalami masalah kesehatan karena kualitas bahan minuman boba yang rendah, maka orang tua tidak akan mengizinkan mereka membeli produk kita lagi.

Jadi, mengapa harus ragu mencoba peluang bisnis minuman modal Rp 300rb? Cobalah dari skala kecil terlebih dahulu.  Tentu, dengan modal di bawah 300 ribu, pemilik usaha mungkin belum perlu menyewa tempat, dan dapat memanfaatkan tempat yang sudah ada seperti halaman rumah yang luas. Namun, tentu pemilik usaha perlu melakukan optimasi, yaitu dengan melakukan promosi gencar dan presisi. Selain aktif di media sosial, mereka pun harus mencari lokasi bisnis yang pas.  Pastinya, promosi melalui teman-teman dekat atau memberikan giveaway akan sangat membantu pemilik usaha dalam menjangkau banyak pelanggan. Dengan demikian, return of investment atau ROI dapat diraih dengan cepat.