Modal bikin kedai kopi

Tips Menyiapkan Modal Bikin Kedai Kopi, Simak Caranya

139 views
Bagikan artikel ini

Zaman sekarang, bisnis kopi memang semakin menjamur dan berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya sekadar tempat kumpul para orang tua saja, tempat ini pun juga semakin meraih popularitas yang tinggi di kalangan anak muda. Saking populernya, kini semakin banyak orang yang mencoba membangun bisnis kopi karena target pasar yang menjanjikan. Lantas, bagaimanakah cara mendapatkan modal bikin kedai kopi untuk memulai bisnis tersebut?

Modal bikin kedai kopi
Modal bikin kedai kopi

Beberapa Cara untuk Menyiapkan Modal Bikin Kedai Kopi

1. Mengikuti Workshop dan Seminar Bisnis

Workshop dan seminar bisnis memang selalu diidentikkan dengan salah satu kegiatan yang mampu menambah pengetahuan tentang bisnis dan memperluas relasi. Sebelum membuka usaha bisnis kopi, alangkah lebih baik bagi Anda untuk mengikuti dua kegiatan tersebut terlebih dahulu.

Hal ini karena dengan mengikuti kegiatan tersebut, Anda dapat menambah relasi dan pengetahuan baru tentang bisnis kopi karena Anda bisa bertemu dengan orang yang ahli di bidang tersebut. Tidak hanya itu, workshop dan seminar bisnis juga dapat membuka kesempatan bagi Anda untuk bertemu langsung dengan beberapa investor.

Mendapat modal bikin kedai kopi dari investor tentu bukan hal yang cukup mudah, karena Anda harus mampu membuat mereka yakin dengan prospek bisnis yang nantinya akan Anda jalani. Untuk itulah, Anda harus bisa membuat konsep bisnis menjadi semenarik mungkin, lalu presentasikan konsep tersebut dengan baik sehingga para investor pun akan tertarik dengan bisnis Anda dan bersedia menyokong dana dengan penuh rasa keyakinan.

2. Manfaatkan Aset Pribadi

Mendirikan usaha dari awal memang bukan hal yang mudah dan terjadi dengan instan, Anda pun mau tidak mau harus bisa melakukan beragam usaha untuk mencapai awal yang sukses. Demi mencapai itu, salah satu cara untuk mendapat modal bikin kedai kopi adalah dengan memanfaatkan aset pribadi yang Anda miliki.

Apabila Anda tidak mempunyai tabungan yang cukup untuk mendirikan usaha, Anda bisa mencoba cara alternatif dengan cara menjual atau menggadaikan barang-barang yang ada di rumah. Mulai dari barang elektronik, kendaraan, perhiasan, ataupun mebel berharga yang mampu membawa keuntungan apabila dijual.

Tentu saja melakukan hal tersebut cukup sulit terlebih apabila terdapat kenangan dan data penting yang ada pada barang-barang tersebut, namun demi memulai bisnis kopi yang lebih cepat hal ini pun tidak salah untuk dicoba. Meskipun begitu, Anda pun harus berhati-hati saat menjual barang-barang tersebut dan pastikan tidak akan ada masalah dengan dokumen persyaratan saat menjualnya.

Modal bikin kedai kopi
Modal bikin kedai kopi

3. Meminjam Uang dari Orang Lain

Meminjam uang adalah salah satu cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh modal bikin kedai kopi. Saat memulai bisnis kopi, tentu saja uang yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Karena itulah, Anda dapat mencoba meminta tolong pada teman atau keluarga Anda untuk meminjami Anda uang.

Hal ini dapat Anda jadikan sebagai opsi terakhir apabila aset yang Anda miliki ternyata tidak terlalu bernilai atau saat tabungan yang Anda miliki ternyata jumlahnya masih jauh dari cukup. Selain itu, langkah ini tentunya mempunyai rsiko yang agak tinggi karena Anda harus mampu mengembalikan uang yang sudah dipinjam dalam jumlah yang sesuai dan tepat pada waktu yang telah disepakati.

Karena itulah, sebelum meminjam uang Anda harus memikirkan kembali beberapa risiko yang kemungkinan akan Anda hadapi agar tidak memunculkan perselisihan antara Anda dan orang terdekat yang sudah mempercayai Anda. Selain itu, kembalikanlah secara tepat waktu agar terhindar dari masalah.

4. Mencari Investor

Opsi lain yang bisa Anda gunakan untuk mencari modal bikin kedai kopi adalah dengan mencari investor yang memiliki potensi besar untuk menginvestasikan uangnya pada kedai Anda. Investor tersebut bisa berasal dari saudara, keluarga, rekan kerja, ataupun teman yang berasal dari perusahaan lain.

Apabila Anda telah selesai memprediksi seberapa besar keuntungan yang akan dicapai oleh bisnis Anda, cobalah mengajukan pada orang terdekat Anda untuk menginvestasikan modal. Akan tetapi, apabila investasi itu masih belum bisa mencukupi kebutuhan modal Anda, carilah cara lain untuk memenuhi modal tersebut.

Modal bikin kedai kopi
Modal bikin kedai kopi

5. Manfaatkan Pinjaman Bank

Pada masa sekarang, masih banyak pebisnis yang menjadikan pinjaman bank sebagai opsi paling pertama untuk memenuhi modal yang diperlukan saat ingin merintis bisnisnya. Apabila Anda mempunyai catatan kredit yang tidak bermasalah dan Anda yakin mampu memenuhi persyaratan yang akan diminta oleh pihak bank, maka proses pengajuan pinjaman pun tentu tidak akan sulit.

Akan tetapi, Anda pun harus mengetahui bahwa melakukan pinjaman pada bank memiliki beberapa risiko yang harus bisa Anda tanggung. Anda harus mampu mengembalikan uang yang telah dipinjam dan Anda pun harus memiliki tanggungan bunga karena meminjam lewat bank.

Untuk itu, pikirkanlah dengan matang terlebih dahulu sebelum meminjam uang pada bank untuk memenuhi modal bikin kedai kopi, apakah Anda siap atau tidak dengan risiko tersebut.

6. Menggunakan Jasa Peer-to-Peer Lending

Belakangan ini, semakin banyak ditemui perusahaan peminjaman yang berbasis peer-to-peer. Proses peminjaman ini memiliki banyak keuntungan yang dianggap sangat bermanfaat bagi pebisnis awal, sehingga saat Anda ingin mencari modal bikin kedai kopi, Anda bisa mencoba menggunakan jasa ini.

Berbeda dengan bank yang pada umumnya akan membutuhkan persyaratan yang banyak dan proses yang cukup panjang, meminjam uang melalui jasa peer-to-peer ini justru menawarkan proses yang cepat disertai dengan banyak kemudahan.

Tidak hanya praktis dan dilakukan secara daring saja, namun perusahaan yang menganut proses ini pun akan memberikan keuntungan yang bermanfaat bagi Anda sebagai pebisnis awal. Namun, Anda pun perlu memperhatikan bahwa tidak semua perusahaan berbasis peer-to-peer lending memiliki catatan kredibilitas yang bagus, sehingga Anda pun harus berhati-hati sebelum memutuskan opsi ini.

Modal bikin kedai kopi
Modal bikin kedai kopi

7. Mencari Rekan Bisnis yang Andal

Saat mencari modal bikin kedai kopi, Anda bisa mengajak rekan yang sanggup mengelola bisnis untuk bergabung bersama Anda dalam mendirikan kedai. Pada umumnya, teman yang mempunyai tujuan dan minat yang sama pasti akan sangat cocok untuk menjadi rekan bisnis.

Selain meraih tujuan bersama, memiliki teman sebagai rekan bisnis akan membuat beban modal usaha menjadi jauh lebih ringan. Karena itu, cari dan tawarkanlah beberapa teman yang menurut Anda mampu menangani bisnis dengan menjelaskannya prospek keuntungan yang kemungkinan akan Anda peroleh.

Apabila mereka tertarik, Anda pun pasti juga akan terbantu dengan kehadiran mereka sebab beban modal bikin kedai kopi pun akan dibagi secara bersama dan Anda dapat merintis karir bersama teman Anda dari nol hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Modal bikin kedai kopi
Modal bikin kedai kopi

Penutup

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan modal bikin kedai kopi. Memulai bisnis seperti kedai kopi memang hal yang cukup rumit karena membutuhkan banyak persiapan dan risiko yang harus Anda hadapi. Namun, selama pasar masih ada, manfaatkanlah momen ini untuk memulai bisnis kopi yang terbaik.