jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Jarang Diketahui, Ini List Jurusan Yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Setelah melewati masa sekolah, beberapa di antara kamu pasti masih belum memiliki pilihan jurusan yang tepat saat berkuliah nanti, kan? Padahal, jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar sudah banyak dibahas, lho!

Perlu diketahui, jurusan yang dipilih saat berkuliah sangat berpengaruh pada peluang bekerja di masa depan. Nah, jika kamu juga berniat untuk segera terjun ke dunia kerja selepas kuliah, maka tips paling tepat adalah memilih jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Untuk lebih paham apa saja jurusan tersebut, simak penjelasan berikut.

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar
Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Apa saja jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar?

Jurusan di perkuliahan memang sangat beragam sehingga terkadang calon mahasiswa bingung memilih mana yang paling tepat. Kebanyakan biasanya akan memilih jurusan yang paling banyak diminati karena peluang kerja di masa depan sangat tinggi.

Namun, ternyata semakin banyak jurusan itu dipilih maka akan semakin tinggi pula persaingan untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi yang diinginkan atau saat masuk dunia kerja. Untuk itu, jika kamu ingin jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar, berikut kami beri ulasan lengkapnya.

1. Ilmu perpustakaan

Ilmu perpustakaan menjadi salah satu jurusan yang banyak ditawarkan beberapa kampus Indonesia, namun masih memiliki sedikit peminat. Jurusan satu ini biasanya menawarkan jenjang D3 atau Diploma serta Sarjana. Tak jarang pula ada beberapa Perguruan Tinggi yang menawarkan kesempatan untuk melanjutkan studi lanjut hingga Master.

Baca Juga :  Kiat Mengerjakan Tes Psikotes Beserta Contohnya

Nah, jika kamu berpikir bahwa jurusan ilmu perpustakaan hanya mempelajari buku-buku, maka hal tersebut adalah hal yang keliru. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah lain, seperti matematika, sosiologi, hukum, komputer, dan macam-macam ilmu lainnya.

Mengapa demikian? Ya, hal ini dikarenakan lulusan jurusan ilmu perpustakaan dituntut agar dapat menguasai berbagai jenis ilmu. Selain itu, apabila kamu benar-benar ingin mendalami jurusan ini, maka bersiaplah untuk mempelajari beberapa hal, berupa pengelolaan perpustakaan, manajemen perpustakaan, teknisi perpustakaan, hingga penerapan teknologi informasi guna memudahkan kegiatan di perpustakaan.

Meski jarang diminati dan mata kuliah yang dipelajari terlihat kurang menyenangkan, namun peluang kerja lulusan jurusan satu ini cukup besar. Prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan tidak hanya menjadi penjaga perpustakaan dan pustakawan saja lho, namun bisa juga sebagai pengarsip dokumen.

Beberapa pilihan kerja di masa depan lainnya yang bisa kamu pilih, seperti sekretaris, indexer, ataupun pemilik percetakan jika sudah paham belum mengenai dasar-dasar penerbitan buku. Peluang untuk menjadi seorang programmer pun bisa didapatkan karena kamu mendapatkan mata kuliah terkait pengelolaan teknologi informasi.

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar
Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

2. Ilmu filsafat

Dijuluki sebagai Mother of Sciences, filsafat dikenal sebagai jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Banyak yang masih beranggapan bahwa jurusan ini hanya akan membuat stress karena mempelajari hal-hal kecil. Padahal, dalam jurusan Ilmu Filsafat kamu akan diajarkan untuk berpikir lebih kritis guna memecahkan masalah dan menemukan solusi.

Filsafat sendiri diketahui sebagai induk dari segala ilmu sehingga seseorang yang mengambil jurusan ini harus mempelajari hal-hal mendasar pada manusia serta kaitannya dengan realita. Karena itu, jurusan ini membutuhkan pemahaman yang mendasar dan memiliki sifat abstrak.

Beberapa kajian utama yang dipelajari dalam ilmu filsafat adalah tujuan hidup, esensi manusia, moralitas, hingga hati nurani. Karena itu, masuk ke jurusan Ilmu Filsafat akan sangat mengasyikkan sebab kamu juga bisa belajar pemikiran para filsuf zaman kuno hingga filsuf besar di abad 20.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat

Nah, untuk prospek kerja lulusan jurusan ini tidak sebatas hanya menjadi dosen saja, lho. Ya, peluang kerja bagi pada Sarjana Filsafat bisa sangat beragam, mulai dari pegawai SDM, psikoterapis, penulis, eksekutif pemasaran di perusahaan, hingga pegawai instansi pemerintahan.

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar
Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

3. Teknik desain dan manufaktur

Satu dari beberapa jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang bisa kamu pilih adalah Teknik Desain dan Manufaktur. Padahal, perlu diketahui bahwa jurusan ini akan mengajarkan berbagai hal penting sehingga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Dalam jurusan Teknik Desain dan Manufaktur, kamu akan mempelajari banyak hal tentang inovasi produk serta perkembangan pengetahuan. Karena itu, jika sudah lulus nanti, peluang kerja juga akan terbuka dengan luas.

4. Ilmu arkeologi

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar selanjutnya adalah Ilmu Arkeologi. Nah, apa saja yang dipelajari di jurusan satu ini? Apabila kamu ingin benar-benar mendalami ilmu ini, maka bersiaplah untuk belajar meneliti benda-benda zaman dulu atau bersejarah.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari ilmu budaya manusia dari berbagai peradaban masa lampau serta peninggalan purbakalanya. Karena itu, selama berkuliah atau setelah lulus, mahasiswa Arkeologi akan sering berkunjung ke beberapa tempat untuk mengungkap fakta bersejarah. Menarik bukan?

Sebagai informasi tambahan saja, hanya ada beberapa Perguruan Tinggi yang menawarkan jurusan ini sehingga lulusan Arkeologi berkompeten akan sangat dicari. Untuk peluang kerjanya sendiri, jurusan satu ini menawarkan beberapa pilihan, mulai dari seorang arkeolog, peneliti, hingga sejarawan.

Namun, apabila sulit dicari, terdapat pilihan pekerjaan lain yang bisa kamu pilih seperti bekerja sebagai kurator maupun arsiparis. Selain itu, kamu juga diajarkan cara mengolah data selama kuliah sehingga peluang kerja setelah lulus bisa berkaitan dengan bidang pengumpulan data hingga penulisan laporan.

Baca Juga :  Tampil Percaya Diri dengan 12 Tips Interview Kerja Online ini

5. Teknik perkapalan

Anggapan bahwa lulusan jurusan Teknik Perkapalan hanya akan bekerja terus-menerus di laut perlu diubah jika kamu tertarik dengan jurusan ini. Memang benar bahwa jurusan ini akan mempelajari tentang kapal, namun tidak hanya sebatas bekerja di laut saja. Ya, di jurusan ini kamu akan belajar berbagai hal tentang perancangan dan pembangunan kapal.

Perlu dipahami, jurusan Teknik Perkapalan tidak sama dengan Teknik Sistem Perkapalan. Sebab, di jurusan Teknik Perkapalan, kamu akan mempelajari hal-hal lebih mendasar, seperti bentuk dan struktur kapal, proses produksi, cara memperbaiki kapal, aspek hukum kelautan, navigasi, hingga mekanisme pengoperasian armada kapal.

Karena itu, prospek kerja untuk mahasiswa lulusan jurusan ini sangat luas, mulai dari bidang pembangunan kapal, pemeliharaan dan reparasi peralatan lepas pantai, sampai jasa konstruksi dan rekayasa. 

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar
Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan

Dari ulasan di atas, sedikit banyak pasti kamu sudah bisa memilih beberapa jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Namun, bagaimanapun keputusan kamu nantinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan, seperti:

  1. Sesuaikan dengan jurusan yang akan diambil dengan saat masih bersekolah, seperti IPA, IPS, atau Bahasa.
  2. Pastikan untuk mengumpulkan jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar dengan benar agar tidak salah informasi.
  3. Diskusikan terlebih dahulu dengan orang tua sebelum memilih jurusan di Perguruan Tinggi.

Nah, sudah tahu bukan apa saja jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Jadi, jangan sampai salah ketika memilih jurusan karena akan berpengaruh juga dengan kesempatan bekerja di masa mendatang.