contoh bisnis plan makanan ringan

Pengertian dan Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan, Penting Untuk Pebisnis!

Apakah Anda ingin membangun usaha makanan ringan, jika ya, maka contoh bisnis plan makanan ringan wajib diketahui terlebih dahulu. Ada banyak contoh sederhana yang bisa dijadikan sebagai referensi terutama kalau baru pertama kali membuatnya.

Walaupun terlihat cukup sepele, tetapi keberadaan dari bisnis plan tersebut akan membantu mengetahui lebih jelas mengenai usaha yang akan dijalankan mulai dari struktur, strategi, cara memasarkan bisnis ataupun dalam membuat keputusan.

Karena itulah keberadaan dari bisnis plan merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Apabila Anda masih bingung dalam membuatnya, maka berikut ini kami berikan contoh bisnis plan makanan ringan tersebut.

Mengenal Apa Itu Bisnis Plan?

Sebelum mengetahui contoh bisnis plan makanan ringan, maka penting agar mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Sebab sebagian besar dari Anda mungkin masih bingung mengenai istilah tersebut.

Jadi bisnis plan merupakan suatu dokumen yang berisi mengenai hal-hal mendasar dari bisnis ataupun perusahaan. Selain itu, nantinya juga dapat dijadikan sebagai panduan bagi para pemiliknya dalam menjalankan usaha tersebut.

Baca Juga :  Tips dan Rekomendasi Broker Lokal Terbaik Forex, Cek Ini!
contoh bisnis plan makanan ringan
Contoh bisnis plan makanan ringan

Isi Dari Bisnis Plan

Di dalam rencana bisnis ini pun juga terdapat beberapa poin atau isi yang perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuatnya. Walaupun ada banyak contoh bisnis plan makanan ringan, tetapi beberapa hal berikut ini wajib ada di dalam bisnis plan:

  • Identitas perusahaan atau bisnis
  • Visi dan misi perusahaan
  • Tujuan dan detail terkait produksi usaha
  • Deskripsi usaha

Keberadaan dari dokumen tersebut memang terlihat cukup sepele, tetapi justru bisa membantu seseorang dalam membuat keputusan dalam sebuah bisnis. Bukan hanya itu saja, dokumen rencana ini penting apabila Anda hendak mencari investor yang akan diajak kerja sama.

Terlepas dari jenis usaha kecil atau besar, Anda memang wajib menyediakan keberadaan bisnis plan terlebih dahulu. Untuk membantu Anda membuatnya, maka silahkan simak contoh bisnis plan makanan ringan pada ulasan berikutnya.

contoh bisnis plan makanan ringan
Contoh bisnis plan makanan ringan

Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan

Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa bisnis plan memang menjadi komponen cukup penting dalam sebuah usaha. Tetapi apabila Anda hendak membuatnya, maka sebaiknya harus mengetahui contoh bisnis plan makanan ringan terlebih dahulu.

Terlebih lagi usaha makanan ringan mempunyai jumlah pesaing yang cukup besar, jadi apabila Anda tidak mengambil langkah tepat maka bisa kalah dari pesaing, nah berikut ini contoh dari bisnis plan makanan ringan.

1. Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan : Profil Perusahaan

Nama usaha                     : CV Basreng Jaya Indonesia

Jenis usaha                       : Food & Beverages (kuliner)

Alamat                             : Jalan Melati Nomor 78 Kota Semarang

Pemilik                             : Galih Aditya

Manager               : Bagus Iqbal

Marketing                        : Sintha Maharani

Baca Juga :  Tidak Perlu Keluar Rumah, Bisnis Online yang Menjanjikan dan Terbukti Ini Bisa Dicoba Jika Ingin Menghasilkan Cuan!

2. Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan: Latar Belakang Usaha

Basreng atau bakso digoreng menjadi salah satu camilan khas Sunda yang cukup populer di Indonesia. Makanan ringan ini menjadi camilan favorit bagi para anak muda karena rasanya yang gurih sekaligus pedas.

Tidak hanya populer di daerah Sunda saja, tetapi basreng juga sudah populer hampir di semua kota Indonesia. Bahkan banyak orang yang mencari basreng terenak untuk menjadi camilan.

CV Basreng Jaya Indonesia berupaya untuk menjadi salah satu tempat yang menyediakan keinginan masyarakat Indonesia. CV ini berusaha menyediakan basreng dengan rasa yang lezat dan harga masih hemat di kantong.

Tidak hanya mengincar keuntungan semata saja, tetapi kami juga membuka kesempatan luas bagi yang ingin bekerja sama menjadi reseller di CV Basreng Jaya Indonesia.

3. Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan Visi dan Misi Usaha

Dalam membuat contoh bisnis plan makanan ringan, Anda juga harus menyebutkan visi misi. Keberadaan visi misi ini sangat penting karena dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh investor.

Visi:

CV Basreng Jaya Indonesia ingin menjadi salah satu tempat penjualan basreng yang dikenal oleh pasar di Indonesia. Kami juga akan menjadi tempat terbaik bagi masyarakat yang ingin menjadi reseller untuk menambah penghasilan tambahan.

Misi:

  • Menghasilkan produk basreng yang enak
  • Mempunyai produk dengan kualitas tinggi
  • Menjalin hubungan bisnis dari berbagai pihak guna mengembangkan bisnis
  • Memberikan lapangan pekerjaan baru sehingga akan memberikan manfaat cukup besar antar sesama.
contoh bisnis plan makanan ringan
Contoh bisnis plan makanan ringan

4. Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan: Deskripsi Produk

Produk yang akan dipasarkan nantinya adalah basreng alias bakso digoreng hingga  krispi. Bahan utama untuk membuatnya adalah berupa bakso ikan dimana punya tekstur mirip kerupuk dan disajikan dengan rasa pedas dan original.

Selain itu, CV Basreng Jaya Indonesia juga akan mengemas produk dengan kemasan terbaik dan proses pembuatan higienis. Harga produk yang terjangkau dan pengemasan terbaik akan membantu menarik minat calon pembeli dan kualitas produk tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Tips Membuat Kata Kata Promosi Online Shop Beserta Contohnya

5. Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan: Target Pasar

Anak-anak, remaja dan orang dewasa.

6. Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan: Keunggulan Produk

Produk yang kami tawarkan tentunya masih membutuhkan banyak pengembangan agar semakin sempurna. Tetapi hingga sekarang terdapat sejumlah keunggulan yang bisa kami sajikan dari basreng CV Basreng Jaya Indonesia diantaranya adalah:

  • Memiliki beberapa variasi rasa sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Terbuat dari bahan baku berkualitas sehingga aman dikonsumsi
  • Kualitas akan selalu terjaga dan proses pengolahan higienis dengan kemasan terbaik
  • Harga dapat dijangkau oleh semua kalangan karena ramah di kantong.
contoh bisnis plan makanan ringan
Contoh bisnis plan makanan ringan

Tanya Jawab Seputar Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan

Apa yang membuat bisnis plan makanan ringan menjadi penting?

Bisnis plan makanan ringan sangat penting karena memberikan pandangan komprehensif tentang tujuan bisnis, strategi pemasaran, analisis pasar, dan proyeksi keuangan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam industri makanan ringan.

Bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis makanan ringan?

Strategi pemasaran yang efektif melibatkan identifikasi target pasar, penggunaan media sosial, kerjasama dengan toko-toko lokal, dan penyelenggaraan acara promosi. Dengan cara ini, bisnis dapat membangun citra merek dan menjangkau pelanggan potensial.

Apa jenis makanan ringan yang akan ditawarkan dalam bisnis plan ini?

Bisnis plan ini akan menawarkan beragam makanan ringan, termasuk camilan sehat, kudapan gourmet, dan produk inovatif yang memenuhi selera pelanggan modern. Varietas produk yang luas dapat menarik berbagai segmen pasar.

Bagaimana perencanaan produksi untuk memastikan kualitas dan konsistensi produk makanan ringan?

Produksi akan dilakukan dengan standar kualitas tinggi dan proses yang terkontrol secara ketat. Pemilihan bahan baku berkualitas tinggi, pelatihan staf produksi, dan implementasi pengawasan kualitas secara reguler akan memastikan konsistensi produk yang memuaskan pelanggan.

Bagaimana proyeksi keuangan bisnis plan makanan ringan ini dalam lima tahun ke depan?

Proyeksi keuangan melibatkan penilaian yang cermat terhadap pendapatan, biaya produksi, dan pengeluaran pemasaran. Dalam lima tahun, diharapkan bisnis dapat mencapai pertumbuhan yang signifikan dengan meningkatnya pangsa pasar dan keuntungan yang konsisten.

Apabila Anda merupakan pemilik usaha dan ingin mengembangkannya dengan optimal, maka pastikan membuat bisnis plan terlebih dahulu. Dengan keberadaan dokumen inilah akan memberikan manfaat bagi Anda. Pastikan memahami dengan baik contoh bisnis plan makanan ringan.