cara menggunakan kartu kredit

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak agar Keuangan Aman

Kartu kredit menjadi salah satu metode pembayaran paling praktis, tapi jika tidak diatur bisa membahayakan keuangan. Penting untuk nasabah tahu bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan benar. Sehingga manfaat kartu kredit bisa optimal dan keuangan tetap aman.

Apalagi bagi kamu yang memiliki kartu kredit dengan limit tinggi tentunya mudah tergiur untuk bisa selalu berbelanja. Supaya tidak kaget ketika muncul tagihan kartu kredit di akhir bulan sebaiknya ikuti cara menggunakannya dengan bijak ini.

cara menggunakan kartu kredit
Cara menggunakan kartu kredit

Cara Menggunakan Kartu Kredit agar Tidak Boros

Mudah didapatkan tapi sulit dikendalikan, itulah istilah yang bisa menggambarkan kartu kredit. Tawaran-tawaran harga murah dengan pembayaran kartu kredit seringkali menjebak orang yang tidak aware dengan pemasaran.

Jika kamu selama ini terbiasa untuk belanja dengan kartu kredit tanpa perencanaan sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Dampaknya cukup besar terhadap keuangan dan gaya hidup. Simak bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan bijak agar kamu tidak boros.

1. Memilih Kartu Kredit dari Limit dan Keunggulannya

Hal pertama penting untuk harus diperhatikan adalah jenis kartu kredit apa yang ingin digunakan. Kamu bisa memilih produk berdasarkan limit yang disediakan. Limit ini bisa disesuaikan dengan ukuran kemampuan keuangan kamu masing-masing.

Baca Juga :  Memilih Asuransi Kendaraan Sinarmas

Limit kartu kredit biasanya dimulai dari 5 juta rupiah, kamu bisa mempertimbangkan kembali ingin mengambil limit terendah atau lebih tinggi. Selain limit cermati juga apa saja keunggulan yang ditawarkan. Apakah cara menggunakan kartu kredit mudah seperti tersedia di banyak merchant atau tidak.

Bisa juga mempertimbangkan keunggulan dari segi fitur poin loyalty yang nantinya bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah tertentu. Cek kembali apa keunggulan yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

2. Cukupi Aktivitas Belanja dengan Satu Kartu Kredit

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah hanya memanfaatkan satu kartu saja. Penting untuk diperhatikan, ketika kamu memiliki lebih dari satu kartu maka risiko pembayaran iuran tahunan, tagihan bulanan, denda terlambat bayar juga semakin tinggi.

Kamu yang sering bermasalah dengan pembayaran tagihan bisa terancam mendapatkan sanksi berupa blacklist. Sanksi ini berpengaruh buruk dalam keuangan, karena kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank apabila dibutuhkan sewaktu-waktu.

Apabila dalam satu keluarga ada anggota keluarga lain yang membutuhkan kamu bisa meminta kartu kredit tambahan. Penggunaan kartu kredit tambahan ini tidak meningkatkan limit hanya akan mendapatkan kartu tambahan dengan biaya iuran lebih murah.

3. Teliti Kembali Promo dan Harga sebelum Berbelanja

Paling penting dalam cara menggunakan kartu kreditadalah ketika kamu hendak berbelanja. Selalu teliti kembali barang apa yang ingin dibeli, berapa harganya dan berapa promo yang didapatkan jika kamu membeli dengan kartu kredit. Bandingkan total harga setelah promo jika kamu membayar dengan uang tunai.

Biasanya hal ini bisa kamu lakukan ketika ingin membeli barang dengan harga yang cukup tinggi. Misalnya saja membeli lemari es, televisi, smartphone dan sejenisnya. Kamu bisa memperhitungkan kembali berapa kali cicilan yang harus dibayarkan.

Baca Juga :  Over Limit Kartu Kredit BCA: Cara Mengecek dan Menghindarinya

Supaya lebih hemat lagi kamu bisa juga membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Mungkin saja beberapa toko menawarkan promo pembayaran dengan kartu kredit yang lebih besar.

cara menggunakan kartu kredit
Cara menggunakan kartu kredit

4. Tidak Perlu Menarik Uang Tunai

Cara menggunakan kartu kredit yang salah tapi masih saja sering dilakukan adalah menarik uang tunai. Prosesnya memang mudah seperti saat menggunakan kartu debit tapi ingat bahwa kamu sebenarnya menarik uang pinjaman dari bank.

Uang yang ditarik tersebut cukup sulit untuk dikontrol penggunaannya. Apalagi jika tujuannya bukan membeli dalam bentuk barang. Jika hanya digunakan untuk kebutuhan harian maka kamu bisa mengalami kerugian.

Pasalnya kamu harus membayar cicilan uang yang sudah ditarik namun tidak ada bentuk barang yang dimiliki. Sebaiknya hindari cara menggunakan kartu kreditseperti ini jika kamu ingin keuangan beberapa bulan ke depan aman. Sebaiknya alokasikan gaji untuk memenuhi kebutuhan harian daripada menggunakan kartu kredit.

5. Sudahkah Cicilan Kartu Kredit Kamu Lunas?

Menghindari penambahan biaya cicilan, lebih baik untuk kamu melunasi cicilan yang sudah ada sebelumnya. Meskipun sebenarnya kamu tidak menggunakan kartu kredit sampai limit maksimal. Misalnya kamu memiliki limit kartu kredit hingga 5 juta namun baru menggunakan sampai 3 juta.

Maka akan muncul cicilan kartu kredit sebesar 3 juta tersebut selama beberapa bulan ke depan. Sebaiknya lunasi cicilannya sebelum kamu menggunakan kartu kredit kembali. Cara menggunakan kartu kredit akan membantu kamu tidak boros dalam belanja dan meremehkan pembayaran cicilan.

6. Membayar Tagihan Tepat Pada Waktunya

Selain melunasi cicilan, kamu juga harus memperhatikan jatuh tempo dari pembayarannya. Pastikan untuk mengalokasikan pendapatan khusus untuk membayar cicilan ini. Jangan sampai melebihi batas waktu jatuh tempo karena nominal cicilannya akan bertambah akibat denda.

Tepat waktu membayar cicilan juga mengajarkan diri sendiri tentang kedisiplinan. Sebaiknya lanjutkan terus kebiasaan cara menggunakan kartu kredit ini agar kamu mendapatkan citra positif di mata bank.

Baca Juga :  Tidak Hanya Asuransi Jiwa, Ternyata Asuransi Kendaraan Bermotor Juga Penting!

7. Hindari Meminjamkan Kartu Kredit

Tidak jarang orang yang gagal mengajukan permintaan kartu kredit ke bank ditolak. Biasanya mereka akan meminjam kartu kredit ke teman untuk bisa membeli barang yang dibutuhkan. Kamu sebagai pemilik kartu kredit harus waspada dan sebaiknya tidak meminjamkannya.

Metode pembayaran kartu kredit sangat praktis sehingga bisa dilakukan bahkan bukan pemiliknya. Hal ini bisa merugikan karena mungkin saja kartu digunakan sampai batas limit. Ujung-ujungnya kamu juga yang harus membayar tagihannya.

cara menggunakan kartu kredit
Cara menggunakan kartu kredit

Tanya Jawab Seputar Cara Menggunakan Kartu Kredit

Apakah kartu kredit harus ada saldo?

Nasabah tidak perlu memiliki rekening tabungan di bank penerbit kartu kredit. Nasabah tidak perlu memiliki saldo di rekening tabungan karena sifatnya sebagai kartu yang bisa menghutangkan dengan jumlah pinjaman memiliki batasan tertentu dan juga transaksi harian.

Penggunaan kartu kredit untuk apa?

Fungsi kartu kredit

Kartu ini menjadi alat yang dapat membantu kamu dalam melakukan pembayaran yang sifatnya darurat atau jika kamu kesulitan dalam memperoleh uang tunai secara cepat. Kamu akan mendapatkan catatan setiap transaksi yang kamu lakukan dalam sebuah lembar tagihan di setiap bulannya.

Apakah tagihan kartu kredit bisa di cicil?

Tagihan kartu kredit dapat dibayar sekaligus ataupun dicicil. Umumnya, tenor cicilan kartu kredit yang tersedia adalah 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Kapan kita harus membayar tagihan kartu kredit?

Tagihan kartu kredit yang biasanya datang minimal 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo harus dibayar tepat waktu agar Anda terhindar dari denda keterlambatan berupa bunga berjalan yang cukup besar. Tagihan kartu kredit harus dibayar karena itu adalah utang.

Berapa limit kartu kredit?

Pada umumnya, kartu kredit akan memberikan limit dua sampai tiga kali lipat gaji Anda. Misalnya gaji 4 juta rupiah, maka pihak bank akan menawarkan limit 8 juta rupiah. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus mengambil limit tersebut.

Penutup

Seperti inilah cara menggunakan kartu kredit yang benar dan patut ditiru. Kartu yang menyediakan fasilitas hutang kepada bank ini harus digunakan hati-hati. Pikir kembali sebelum berbelanja, biasakan gaya hidup berhitung yang lebih teliti.