biaya polis asuransi mobil

Penyebab Mengapa Biaya Polis Asuransi Mobil Mahal

Penting untuk mengetahui berapa besar estimasi biaya polis asuransi mobil kamu sebelum memutuskan berlangganan. Ada sejumlah faktor yang berperan dalam menentukan nominal biaya polis peserta asuransi. Mengetahui informasi ini akan membantumu membuat perbandingan antara perusahaan terkait dan memilih mana yang paling menguntungkan.

biaya polis asuransi mobil
Biaya polis asuransi mobil

Menganalisis Estimasi Biaya Polis Asuransi Mobil

1. Level risiko mobil

Bagaimana cara kamu menggunakan mobil milikmu akan memengaruhi besarnya biaya polis. Biasanya ini berkaitan dengan pola pemakaian setiap harinya, seperti kendaraan harian atau hanya dimanfaatkan sesekali saat dinas.

Prinsipnya, biaya polis asuransi mobil akan semakin tinggi bila risiko pemakaian mobil juga lebih besar. Pastinya akan berbeda antara risiko kerusakan pada mobil dinas dengan mobil yang dipakai untuk mobilisasi harian. Semakin sering suatu kendaraan dipakai maka semakin besar pula risiko yang menanti di baliknya.

Hal ini termasuk suatu kewajaran mengingat mobil dengan level risiko tinggi juga membutuhkan biaya perbaikan yang relatif tinggi. Dengan pengaturan itu, tandanya perusahaan asuransi perlu mengeluarkan dana lebih besar guna mengatasi kerusakan kendaraan kamu. Itulah mengapa tidak mengherankan bila harga premi per bulannya juga jadi lebih banyak dibanding yang punya risiko rendah.

Informasi terkait jenis risiko mobil ini perlu dipahami oleh para peserta asuransi agar dapat menentukan jenis asuransi yang tepat. Jangan bingung jika kamu mendapati bahwa sebuah perusahaan menetapkan tarif premi besar untuk kendaraanmu. Jadi, pastikan kamu mengisi formulir pendaftaran sejujur mungkin agar tidak terjadi masalah yang merepotkan pada waktu-waktu selanjutnya.

Baca Juga :  Memilih Asuransi Kendaraan Sinarmas
biaya polis asuransi mobil
Biaya polis asuransi mobil

2. Tarif mobil

Perbedaan tarif mobil juga memberikan pengaruh terhadap besaran biaya polis asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan. Pastinya mobil dengan tarif tinggi akan menghasilkan pembayaran premi yang lebih tinggi pula.

Misalnya, kamu sengaja membeli sebuah supercar yang tarifnya hanya dapat dijangkau oleh kalangan atas. Artinya, kamu pun harus siap membayar premi yang mahal saat hendak melakukan pendaftaran di suatu perusahaan asuransi. Entah siapa pun penyedia polisnya, pasti tarif tinggi telah menanti untuk mobil-mobil yang mewah.

Hal ini agaknya juga berkaitan dengan usaha perbaikan mobil bila terjadi kerusakan. Pastinya cukup sulit menemukan bengkel resmi mobil-mobil mewah kecuali di kota besar sehingga butuh sumber daya lebih besar guna mengakomodasinya.

Mak dari itu, pastikan kamu telah memikirkan berapa besaran biaya polis asuransi mobil sebelum memutuskan membeli merek roda empat tertentu. Pertimbangkan pula jenis pemakaiannya agar mobil tersebut benar-benar sesuai kebutuhan hidup dan mempermudah keseharian kamu.

biaya polis asuransi mobil
Biaya polis asuransi mobil

3. Tipe asuransi

Tak kalah penting, besarnya premi dipengaruhi pula oleh tipe asuransi yang ingin kamu ambil. Ada namanya asuransi TLO di mana kerugian akan ditanggung perusahaan saat terjadi kehilangan kendaraan. Ada juga tipe comprehensive yang mengharuskan perusahaan menanggulangi segala kerusakan yang muncul.

Antara tipe comprehensive dan TLO, sudah bisa dipastikan bahwa comprehensive memiliki biaya polis yang lebih tinggi. Alasannya karena perusahaan diharuskan mengatasi semua jenis kerugian yang terjadi pada mobil milikmu tanpa terkecuali.

Meskipun begitu, besarnya biaya yang harus kamu bayarkan sepadan dengan manfaatnya. Kamu tidak perlu bingung saat mobil rusak akibat kecelakaan atau karena terlalu sering dipakai, semua itu sudah masuk dalam perhitungan biaya polis asuransi mobil tipe comprehensive.

4. Kepadatan domisili

Kamu mungkin tidak akan mengira bahwa padatnya wilayah tempat domisili kamu akan memengaruhi besaran premi. Jika kamu tinggal di wilayah yang padat penduduk, bisa dipastikan bahwa nominal untuk preminya juga lebih besar.

Baca Juga :  Kuliah Dengan Beasiswa Double Degree Sudah Bukan Mimpi Lagi!

Agaknya hal itu berhubungan dengan kenyataan bahwa padatnya suatu wilayah akan membuat jumlah kendaraan di jalanan semakin meningkat. Saat jumlah kendaraan meningkat, sudah pasti risiko terjadinya kecelakaan atau situasi yang merugikan juga jadi tinggi.

Secara logika, tingginya risiko kerusakan membuat perusahaan berpotensi lebih sering mengeluarkan biaya polis asuransi mobil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika hal ini terus-terusan terjadi, pastinya perusahaan bisa merugi saat harga preminya dibuat murah.

Sebaliknya, saat kamu tinggal di daerah yang tidak terlalu padat, harga premi bisa berkali lipat jauh lebih murah. Tentunya aspek-aspek lain serupa tipe asuransi tetap mengambil peranan penting dalam penentuan harga premi.

5. Umur mobil

Seberapa lama mobil kamu telah digunakan sejak pertama kali dibeli akan turut serta memengaruhi besar premi asuransinya. Semakin lama sebuah kendaraan dipakai, maka menjadi semakin tinggi pula biaya polisnya.

Hal ini berkaitan dengan level risiko yang dimiliki oleh mobil, di mana semakin tua maka semakin mudah rusak. Belum lagi, kenyataan bahwa tarif perbaikannya tidak bisa dibilang sedikit. Itulah mengapa perusahaan perlu memberlakukan tarif tinggi untuk premi bulanan mobil yang sudah tua.

Berbeda halnya dengan mobil baru di mana tingkat risiko kerusakannya juga lebih sedikit. Saat harus dibawa ke bengkel, jenis masalah yang dihadapi pun cenderung lebih gampang disolusikan. Dengan memahami hal ini, semestinya kamu sadar betapa pentingnya membayar biaya polis asuransi mobil sejak dini.

Pasalnya, biaya polis asuransi relatif flat kecuali ada kebijakan khusus di luar situasi normal. Artinya, saat kamu mengasuransikan mobilmu selepas usai pembelian pertama, harga preminya akan lebih murah. Lain cerita bila kamu baru mengasuransikannya setelah pemakaian dalam waktu lama dan usianya sudah tua. Bagaimanapun, ketuaan identik dengan mulai melemahnya susunan komponen pada mobil tersebut.

Baca Juga :  Untung Rugi Kerja Work From Home Dan Cara Mengoptimalkannya
biaya polis asuransi mobil
Biaya polis asuransi mobil

Tanya Jawab Seputar Biaya Polis Asuransi Mobil

Berapa persen biaya asuransi mobil?

biaya polis asuransi mobil

Persentase besaran preminya yaitu berkisar antara 1,05%-4,20%, tergantung dari harga mobil di pasaran dan wilayah domisili nasabah.

Berapa persen biaya asuransi All risk mobil?

Ketika kamu membeli asuransi mobil all risk, itu berarti kamu sudah tahu biaya mahal yang harus dibayarkan. Sebab premi asuransi ini bisa berada di kisaran 3,5 persen dari harga kendaraan per tahunnya lho.

Apa itu premi asuransi mobil?

Premi asuransi mobil dibayarkan oleh peserta asuransi mobil ke perusahaan asuransi untuk mendapat manfaat pertanggungan biaya perbaikan kerusakan sebagian, total, hingga kehilangan. Besarannya disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang dipilih: all risk atau total loss only (TLO).

Berapa lama polis asuransi mobil keluar?

Biasanya mereka hanya menyiapkan 1-2 kendaraan untuk setiap jenis mobil dari pelanggan mereka. Proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya butuh waktu 3-5 hari, sementara jumlah klaim bisa saja setiap hari ada yang masuk jika nasabah perusahaan asuransi sudah banyak.

Apakah premi asuransi mobil bisa diambil?

Bisa (ditarik kembali), namun ada perhitungannya. Bila belum pernah klaim maka akan lebih mudah perhitungan dan penarikan kembali. Perhitungannya adalah jumlah premi awal, dikurangi biaya administrasi dan biaya bulan yang sudah terlewati (prorata),” ucapnya.

Bisakah kita membatalkan polis asuransi?

Nasabah dapat membatalkan selama 14 hari apabila tidak menyetujui syarat-syarat dan ketentuan dalam ketentuan Polis karena alasan apapun. Penanggung akan mengembalikan Premi yang telah dibayarkan dikurangi biaya pembatalan Polis.

Penutup

Secara garis besar, hal paling umum yang menentukan estimasi besaran biaya polis asuransi mobil adalah tingkah risiko. Apakah itu usia, tipe mobil, letak domisili, dan faktor pendukung lainnya, semua berujung pada logika bahwa yang tingkat risikonya tinggi, preminya akan jadi tinggi pula.