cara beli saham

Cara Beli Saham yang Mudah Dipahami Pemula

Membeli saham termasuk ke dalam kegiatan yang paling populer pada masa kini, sebab masyarakat berusaha untuk mendapatkan uang atau keuntungan dalam waktu yang cepat. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mudah bahkan bagi pemula yang tidak memiliki pengetahuan mengenai hal ini. Berikut ini adalah cara beli saham yang dapat kamu lakukan.

cara beli saham
Cara beli saham

11 Cara Beli Saham Online yang Bisa Dipahami

1. Tentukan Modal Terlebih Dahulu

Cara beli saham pertama yang harus kamu perhatikan yaitu memperhatikan modal yang ingin digunakan untuk membeli saham tersebut. Modal adalah hal vital yang menjadi fondasi untuk menentukan keputusan dan mampu membawa kamu meraih keuntungan yang besar atau justru hanya biasa saja.

Jika kamu termasuk sosok pemula yang masih belum mengetahui seluk beluk mengenai saham, alangkah lebih baik untuk tidak langsung memasang modal yang terlalu besar. Sebab, ada kemungkinan bahwa modal tersebut akan menyebabkan kerugian bagi kamu. Karena itu, mulailah dengan modal kecil saja sehingga kerugian yang didapat tidak terlalu besar.

2. Jangan Terpengaruh Sentimen

Sentimen atau rumor yang berfungsi efektif memang menjadi salah satu hal yang terkadang akan kamu hadapi ketika sudah berkecimpung di dunia saham. Banyak sekali pemegang saham yang terpengaruh oleh sentimen ini, baik itu sentimen negatif atau sentimen yang positif. Salah satu contoh yang mungkin kamu pahami adalah sentimen yang berhubungan dengan perusahaan vaksin.

Beberapa perusahaan covid yang beroperasi untuk menciptakan vaksin diperkirakan melonjak naik di bursa saham sebab banyak orang yang menganggap menginvestasikan saham di sana akan membawa keuntungan. Akan tetapi, jika kamu terlalu sering ikut-ikutan tren yang sedang populer, kemungkinan hal tersebut justru tidak akan membawa keberhasilan apapun.

Baca Juga :  Inilah Tips Mendapatkan Pendanaan Modal Usaha

Karena itu, kamu harus memiliki pendirian yang kokoh dan melakukan analisis fundamental terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginvestasikan saham tersebut. Cara beli sahamyang satu ini terbilang sangat ampuh untuk menjaga kamu dari kemungkinan rugi yang tidak diinginkan.

cara beli saham
Cara beli saham

3. Jangan Panik

Cara beli saham selanjutnya yang tidak boleh kamu lupakan dan sepelekan adalah jangan panik dan selalu siap sedia. Sebab, beberapa pemain saham sebelumnya terlalu emosi dalam kegiatan jual beli saham dan merasa panik karena merasa bahwa modal mereka tidak akan kembali dalam jumlah yang diinginkan.

Pastikan bahwa kamu selalu bermain dengan menggunakan kepala dingin dan tidak terlalu gegabah meskipun nantinya hasil yang diinginkan tidak sesuai. Ada dua kegagalan yang sering dilakukan saat membeli saham, yakni panic selling dan panic buying. Hindarilah kedua hal tersebut agar bisa memaksimalkan modal investasi kamu.

4. Tentukan Broker Saham

Menentukan broker saham juga termasuk ke dalam cara beli saham yang selalu kamu lakukan, bahkan langkah ini sering dianggap sebagai langkah awal untuk membeli saham. Kamu dapat menemukan berbagai macam broker yang namanya sudah cukup terkenal dan bisa dipercaya di masyarakat.

Broker yang terpercaya biasanya sudah memiliki surat resmi dan sudah tercatat ke dalam Bursa Efek Indonesia dan mampu memenuhi modal minimum yang sesuai dengan Otoritas Jasa Keuangan. Apabila kamu masih merasa kebingungan, pilih broker yang sudah memiliki aplikasi secara online dan terkenal bisa diandalkan.

5. Bukalah Rekening Dana Nasabah

Apabila sudah memiliki rekening saham di broker, maka cara beli sahamyang dapat dilakukan setelah itu adalah dengan membuka Rekening Dana Nasabah. Rekening yang satu ini memang dibuat khusus untuk menyimpan dana saat melakukan transaksi saham. Biasanya, rekening ini dibuat di bank tertentu.

Perusahaan sekuritas terkadang akan menyediakan jasa untuk membuat Rekening Dana Nasabah secara daring, sehingga kamu tidak perlu repot-repot harus datang ke bank secara langsung. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan beberapa dokumen lain yang memang penting untuk membuat rekening tersebut.

6. Pelajari Strategi Menginvestasikan Saham

Agar kamu bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan yang diinginkan, pastikan kamu menerapkan strategi yang paling tepat. Mempelajari cara menggunakan aplikasi trading saham juga menjadi salah satu cara membeli saham yang bisa diterapkan untuk memperbesar peluang memperoleh keuntungan.

Baca Juga :  Gampang, Begini Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Bagi Pemula

Selain menyusun strategi untuk investasi saham, kamu harus mampu mengetahui seberapa besar target dana dan waktu yang diperlukan untuk melakukan review portofolio. Kamu juga tidak boleh melupakan kondisi pasar yang saat ini sedang terjadi. Siapkan pula psikologis pribadi kamu sebab terkadang pasar bursa tidak selamanya membawa untung.

7. Bijak Terhadap Diversifikasi Saham

Bijak terhadap diversifikasi saham menjadi tips transaksi saham yang harus diterapkan dan dihafalkan di luar kepala. Sebab, saham merupakan investasi yang risikonya cukup tinggi dan terkadang kerugiannya pun jumlahnya besar. Akan tetapi, kamu tidak perlu merasa ketakutan dengan kondisi yang satu ini.

Sebab, kamu bisa menerapkan diversifikasi investasi agar risiko investasi bisa dikelola dengan lebih terencana. Diversifikasi ini memiliki arti bahwa kamu tidak perlu menempatkan seluruh uang yang dimiliki hanya pada satu jenis saham saja. Kamu bisa mencoba untuk membeli beberapa jenis saham lainnya yang berbeda dan bervariasi.

cara beli saham
Cara beli saham

8. Tonton Tutorial Cara Jual Beli Saham

Cara beli saham tidak akan bisa dipahami dengan mudah dalam waktu yang singkat jika kamu tidak mencoba untuk memahaminya secara lebih detail. Jika kamu adalah orang yang tidak terlalu bisa memahami informasi rumit dengan tulisan, alangkah lebih jika mencoba menonton tutorial jual beli saham yang sudah tersebar di internet. Dengan tutor tersebut kita bisa jual beli saham melalui aplikasi main saham indonesia dengan beli saham aplikasi.

Karena teknologi yang semakin canggih, kamu dapat menonton video penjelasan mengenai jual beli saham di jejaring sosial YouTube. Biasanya video tersebut akan merangkum ilmu yang berhubungan dengan tips dan trik saham. Perhatikan komponen yang ada di dalam perusahaan agar kamu bisa mengetahui apakah saham perusahaan tersebut memang layak untuk dikoleksi. Selain saham lokal, kamu juga dapat mencari tahu mengenai cara beli saham luar negri.

9. Setor Modal Untuk Membeli Saham

Cara beli saham yang berikutnya yaitu dengan melakukan setor modal agar bisa melakukan transaksi saham untuk lanjut kepada proses yang selanjutnya. Penyetoran modal ini dapat dilakukan dengan menyetor modal yang kamu miliki kepada rekening RDN lalu jumlahnya tergantung kepada jumlah transaksi saham yang ingin dilakukan.

Baca Juga :  9 Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa
cara beli saham
Cara beli saham

10. Mengubah Order Saham Online

Cara beli saham selanjutnya yakni dengan cara mengubah order saham online. Kamu bisa mengubah harga jual atau beli ketika ingin melakukan transaksi saham. Beberapa aplikasi saham online sudah menyediakan fasilitas yang berguna untuk mengubah hal tersebut.

Apabila posisi yang kami pasang pada saat tertentu tidak tereksekusi, maka lihatlah posisi harga beli dan jual yang terpampang pada saat itu. Dengan begitu, maka akan terjadi perubahan harga yang menyesuaikan kondisi pasar.

11. Cara Beli Saham Right Issue

Saham Right issue sering dikenal dengan sebutan HMETD. Cara beli saham right issue yaitu dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) tersebut. Right issue adalah penawaran umum yang terbatas untuk saham. Right issue dapatt dilakukan perusahaan untuk mensupport planning aksi korporasi tertentu atau untuk menambah modal kerja. Bagi para investor, right issue bisa memberikan peluang untuk membeli tambahan saham dengan  harga yang lebih murah.

cara beli saham
Cara beli saham

Tanya Jawab Seputar Cara Beli Saham

Kalau mau beli saham dimana?

Datang ke kantor perusahaan sekuritas terdekat atau bisa mendaftar melalui online (biasanya melalui aplikasi yang disiapkan perusahaan sekuritas). Untuk daftar perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia dan melayani transaksi jual beli saham di BEI bisa dilihat di situs resmi Bursa Efek Indonesia.

Beli saham minimal berapa?

Berdasarkan aturan Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi jual beli saham minimal dilakukan dalam 1 lot saham.

Kenapa main saham bisa rugi?

Kenapa main saham bisa rugi itu karena mereka membiarkan emosi menyelimuti dirinya. Terutama, ketakutan dan keserakahan untuk meraup keuntungan yang tidak realistis. Kondisi keuangan serta psikologi investor menjelaskan mengapa pemilik modal membuat keputusan yang buruk.

Langkah awal beli saham?

Berikut hal-hal yang harus dilakukan para pemula saat akan membeli saham.
1. Tentukan Perusahaan Sekuritas. Langkah pertama cara beli saham bagi pemula adalah dengan menentukan perusahaan sekuritas tempatmu mau bertransaksi saham.
2. Buka Rekening Dana Nasabah
3. Pilih Saham yang Akan Dibeli
4. Pantau Pergerakan Pasar

Apa kerugian saham?

Risiko: Kamu bisa kehilangan seluruh investasimu. Jika sebuah perusahaan dalam kondisi buruk, investor akan menjual dengan harga yang rendah. Ketika kamu menjualnya, kamu akan kehilangan investasi awalmu.

Penutup

Begitulah 10 cara beli saham yang sangat gampang untuk dipahami. Pastikan kamu memang sudah mengantongi ilmu yang ampuh untuk melakukan transaksi jual beli saham.