cara bayar traveloka paylater

Cara Bayar Traveloka Paylater Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Cara bayar Traveloka paylater perlu diketahui agar tidak menyebabkan kerugian di masa mendatang. Ya, layanan paylater sendiri menjadi alat pembayaran yang digandrungi oleh kaum millennial, khususnya para penggemar traveling.

Namun, beberapa orang masih belum memahami cara kerja serta langkah untuk membayar tagihan paylater. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara bayar Traveloka paylater dan keuntungan-keuntungan lainnya, yuk simak ulasan berikut.

cara bayar traveloka paylater
Cara bayar traveloka paylater

Cara Bayar Traveloka Paylater yang Bisa Diikuti

Perlu diketahui, Traveloka menyediakan banyak metode pembayaran online, salah satunya dengan paylater. Traveloka paylater merupakan pinjaman online yang terbilang baru untuk sebagian orang.

Meski sistemnya meminjam, namun pembayaran dengan paylater Traveloka jauh lebih mudah dibandingkan cara bayar kartu kredit. Adapun cara bayar Traveloka paylater yang bisa diikuti, antara lain:

  • Pertama, ketuk PayLater pada halaman awal di aplikasi Traveloka.
  • Jika sudah, cara bayar Traveloka paylater selanjutnya adalah memilih opsi Pembayaran dan centang semua pembelian yang ingin dibayar.
  • Kemudian, ketuk Bayar Sekarang dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Selanjutnya, lakukan pembayaran tagihan PayLater pada aplikasi Traveloka tersebut.

Untuk menghindari biaya keterlambatan membayar tagihan paylater, pengguna disarankan untuk melakukan pembayaran pada batas waktu yang sudah ditentukan. Apabila terlewat dari masa yang sudah ditentukan, biaya tagihan kemungkinan bisa semakin mahal.

Baca Juga :  Cara Menyadap Whatsapp Tanpa Aplikasi dengan Mudah dan Akurat

Ketika waktu pembayaran terlambat, tim PayLater akan menghubungi penggunaan kontak darurat yang diberikan sebelumnya guna menghindari keterlambatan lebih banyak. Pembayaran yang melewati batas waktu akan dikenakan biaya sebesar 5 persen dari total tagihan bulan tersebut.

cara bayar traveloka paylater
Cara bayar traveloka paylater

Bagaimana Cara Melihat Batas Waktu Pembayaran Traveloka Paylater?

Setelah memahami cara bayar Traveloka paylater, langkah melihat batas waktu pembayaran tagihan juga perlu diketahui. Jika pengguna telat bayar tagihan, maka akan mendapatkan panggilan dari agen penagih paylater.

Selain melalui telepon, pengguna juga bisa mendapat kunjungan dari agen penagih. Untuk itu, agar menghindari keterlambatan, maka perlu pengecekan batas waktu pembayaran pada Traveloka paylater.

Sebelum mengkonfirmasi pembelian menggunakan PayLater, pengguna juga bisa melihat batas waktu pembayaran dengan mengetuk Lihat Jadwal Pembayaran pada halaman pembayaran. Setelah pembelian, pengguna bisa melihat batas waktu pembayaran di bagian Pembayaran pada akun PayLater.

cara bayar traveloka paylater
Cara bayar traveloka paylater

Keuntungan dan Kerugian Pakai Traveloka Paylater

Dengan mengetahui cara bayar Traveloka paylater sebenarnya belum cukup. Sebab, ada beberapa hal penting lain yang perlu diketahui, seperti keuntungan dan kekurangan fasilitas paylater tersebut. Sebagai pengguna yang bijak, terdapat beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan paylater, di antaranya:

Keuntungan Traveloka paylater

Cara bayar Traveloka paylater yang terbilang mudah tentu akan membuat penggunanya mendapat keuntungan. Beberapa keuntungan yang diperoleh penggunaan Traveloka paylater, di antaranya:

Proses pendaftaran mudah

Keuntungan menggunakan fasilitas paylater adalah kemudahan dalam proses pendaftarannya. Namun, pastikan sudah memiliki kartu pengenal atau KTP dan berusia 21 hingga 70 tahun sebelum mendaftar paylater.

Jika syarat sudah terpenuhi, proses pendaftaran hanya memakan waktu tidak lebih dari lima menit untuk melakukan aktivitas. Tak hanya itu, verifikasi juga terbilang cepat, yakni 60 menit dan fasilitas paylater bisa langsung dipakai.

Baca Juga :  Apk Play Play Penghasil Uang Tanpa Deposit dan Cara Menggunakannya

Terdapat fitur notifikasi

Bagi pengguna yang sering lupa membayar tagihan, Traveloka sudah menyediakan fitur notifikasi. Tentunya, fitur ini akan membantu pengguna agar tidak terlewat tanggal jatuh tempo pembayaran.

Biasanya, notifikasi akan dikirimkan melalui SMS dan e-mail sebelum tenggat waktu pembayaran. Bahkan, pengguna dapat mengatur notifikasi tagihan sendiri sesuai waktu yang diinginkan.

Fleksibilitas pembayaran

Karena menggunakan sistem seperti kredit, pengguna harus membayar cicilannya nanti. Meski demikian, para pengguna Traveloka paylater tidak perlu khawatir sebab pembayaran cicilannya sangat fleksibel.

Cicilan tersebut dapat ditentukan sesuai dengan prioritas dan kondisi keuangan penggunanya. Dibandingkan pinjaman online lain, Traveloka paylater menyediakan program cicilan, mulai dari 1 bulan hingga 2 bulan yang tentu bisa menguntungkan pengguna,

Transaksi lebih aman

Tak hanya cara bayar Traveloka paylater yang mudah, keuntungan lain yang dimiliki layanan satu ini adalah terjaminnya keamanan dalam bertransaksi. Hal ini dibuktikan dengan adanya one-time protection setiap melakukan transaksi.

One-time protection sendiri berfungsi untuk memastikan bahwa transaksi dilakukan oleh pemilik akun. Fasilitas keamanan Traveloka pun telah didukung oleh perusahaan keuangan yang memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Kerugian Traveloka paylater

Meski cukup banyak keuntungan dari penggunaan Traveloka paylater, namun ada beberapa kerugian yang harus diperhatikan. Beberapa kerugian Traveloka paylater yang perlu diketahui antara lain:

Lebih boros

Di samping cara bayar Traveloka paylater yang mudah, tanpa disadari layanan ini memberikan pengaruh buruk, yakni menjadi lebih boros. Saat menggunakan uang digital, tentu akan cepat boros ketimbang memakai uang tunai.

Jika tidak dikontrol dengan baik, maka kondisi tersebut bisa mempengaruhi kondisi psikis. Pasalnya, ketika konsumsi untuk membeli sesuatu semakin meningkat, maka tidak bisa lagi membedakan mana kebutuhan atau needs dan keinginan atau wants.

Hutang menumpuk

Kerugian lain dari penggunaan fasilitas paylater adalah membuat hutang semakin bertambah. Perlu diingat, fasilitas paylater bukan berarti mendapatkan uang gratis, melainkan harus dibayar kemudian hari.

Baca Juga :  Lebih Aman dan Praktis, Begini Cara Rekber Shopee Beserta Keuntungannya

Untuk itu, pengguna juga perlu memikirkan bagaimana membayar cicilan tersebut di akhir bulan. Jangan sampai saat tanggal jatuh tempo sudah tiba, namun malah kebingungan untuk membayarnya.

cara bayar traveloka paylater
Cara bayar traveloka paylater

Tanya Jawab Seputar Cara Bayar Traveloka Paylater

Bayar PayLater Traveloka dimana?

Untuk melakukan pembayaran PayLater Anda, ikuti langkah-langkah berikut: Ketuk PayLater pada halaman awal Traveloka App. Ketuk Pembayaran dan centang semua pembelian yang ingin Anda bayar. Ketuk Bayar Sekarang, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, kemudian lakukan pembayaran.

Bagaimana jika telat membayar PayLater Traveloka?

Denda telat bayar PayLater tersebut akan dikenakan kepada pengguna yang tidak dapat membayar tagihan PayLater tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo. Biaya yang dikenakan bagi pengguna kalau telat bayar PayLater adalah sebesar 5% dari jumlah yang belum dibayar.

PayLater Traveloka bank apa?

Traveloka PayLater Card adalah kartu kredit cobranding yang diterbitkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Traveloka Group, ditawarkan hanya kepada sejumlah pengguna PayLater terpilih.

Berapa limit awal Traveloka PayLater?

Berapa Limit Awal PayLater Traveloka? Pengguna yang ingin menggunakan opsi pembayaran dengan PayLater harus melakukan pengajuan dan memperoleh persetujuan dari pihak Traveloka. Setelah pengajuan aplikasi PayLater disetujui, Anda akan memperoleh limit mulai dari Rp1 juta hingga Rp50 juta.

PayLater Traveloka bunganya berapa?

Secara umum, biaya cicilan atau Traveloka PayLater bunga adalah sebesar 2.25% hingga 4.80% per bulan. Bunga tersebut bersifat flat setiap bulan. Limit PayLater antara Rp2 juta hingga Rp10 juta dengan bunga 3.7% – 4.8%. Pengguna bisa memilih opsi cicilan hingga 6 bulan.

Penutup

Demikian informasi terkait cara bayar Traveloka paylater beserta beberapa keuntungan dan kerugiannya. Apabila belum siap dalam hal keuangan, usahakan untuk tidak menggunakan fasilitas paylater, ya.