bisnis kedai kopi

Ingin Membuka Kedai Kopi Sendiri? Berikut 7 Langkah Awal untuk Memulai Bisnis Kedai Kopi

Usaha kedai kopi saat ini merupakan peluang yang cukup menjanjikan lantaran peminat minuman kopi di Indonesia yang sangat banyak. Namun, dengan pasar yang memiliki konsumen yang banyak tentu saja menjadikan usaha ini memiliki begitu banyak saingan.

Hal ini juga didukung dengan perkembangan kedai kopi di Indonesia pun berkembang pesat dalam 5 tahun terakhir. Namun, pada tahun 2020 hingga 2021 bisnis kedai kopi dilanda kondisi yang cukup sulit lantaran terjadinya pandemi yang berujung dengan menurunnya jumlah pengunjung.

bisnis kedai kopi
Bisnis kedai kopi

Menurut studi dari lembaga riset Allegra Group, usaha kedai kopi akan mulai pulih kembali pada tahun 2023. Jadi, merupakan waktu yang cukup tepat bagi Anda untuk memulai bisnis kedai kopi pada tahun ini. Bagi Anda yang merasa belum mengetahui apa saja langkah yang perlu diambil untuk membuka sebuah kedai kopi, berikut adalah langkah awal untuk memulai bisnis kedai kopi :

1. Menentukan Konsep Bisnis Kedai Kopi Anda

Sebelum membuka kedai kopi, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Mencari tahu kondisi pasar, mempelajari pengalaman pengusaha lain, dan mengamati strategi serta konsep dari kedai kopi lainnya. Dari hasil riset ini setidaknya Anda akan mempunyai patokan sehingga akan mempermudah Anda untuk menentukan konsep dari kedai kopi Anda ke depannya.

Dalam merencanakan segala sesuatu, tentu saja Anda harus memiliki visi dan tujuan yang jelas dan bukan hanya sekadar berbisnis untuk mencari keuntungan. Akan tetapi, kedai kopi Anda harus memiliki sebuah nilai lebih dan keunikan tersendiri untuk membantu Anda dalam pemasaran nantinya.

Baca Juga :  Kelebihan Octa Investama Berjangka

2. Mempersiapkan Pengelolaan dan Rencana Bisnis yang Baik

Setelah menentukan konsep yang ingin dibuat, Anda perlu untuk juga memikirkan tentang bagaimana mengelola sebuah bisnis. Perlu untuk mempelajari bagaimana mengelola keuangan dan merancang sistem manajemen usaha yang baik sehingga kedai kopi Anda bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat.

Membuat rencana bisnis juga perlu dilakukan di awal karena sehingga terbentuk sebuah rencana bisnis yang tersusun secara sistematis. Beberapa hal yang perlu dimasukkan dalam rencana bisnis kedai kopi Anda di antaranya :

  • Mencari sumber modal dan menentukan anggaran.
  • Membuat proyeksi keuangan.
  • Membuat analisis mengenai kondisi pasar.
  • Menentukan target penjualan dan pengeluaran untuk periode tertentu.
  • Membuat SOP dan ketentuan untuk pekerja di kedai kopi Anda, dan
  • Menentukan target pemasaran yang potensial.

Dengan melaksanakan perencanaan yang baik, Anda dapat dengan mudah mengetahui jika segala sesuatu mulai keluar dari jalur dan mencari solusi terbaiknya.

3. Mencari Lokasi yang Strategis

Melakukan riset terkait tempat yang akan menjadi lokasi bisnis Anda adalah hal yang harus dilakukan. Dari sini, Anda perlu menentukan potensi dari lokasi tersebut terhadap penjualan Anda dan mencocokkannya dengan konsep kedai kopi yang ingin dibangun. Selalu perhatikan kondisi ekonomis, sosial, dan geografis dari lokasi yang diincar.

4. Bangun Jaringan Bisnis

Membangun hubungan kerja sama yang baik terhadap pengelola kedai kopi atau bisnis lain akan menjadi keuntungan untuk Anda. Dari sini, akan muncul kesempatan kerja sama atau ide baru yang dapat diterapkan untuk kedai kopi Anda sendiri.

Menjalin kerja sama dan memilih pemasok yang tepat juga akan sangat membantu terhadap perkembangan bisnis Anda. Sebabnya, hal ini dapat menentukan kualitas dari produk yang Anda jual. Selain itu, mempertimbangkan jarak dan harga juga salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih pemasokuntuk diajak bekerja sama.

Baca Juga :  Tips Menyiapkan Modal Bikin Kedai Kopi, Simak Caranya

5. Membuat Desain Kedai Kopi yang Sesuai dengan Konsep

Tampilan dari kedai kopi Anda merupakan hal yang selalu diperhatikan oleh konsumen. Tidak hanya unik, desain yang terkonsep dengan baik dapat menjadi sebuah nilai tambah bagi konsumen karena tidak selamanya yang unik akan membuat nyaman.

Perlu Anda pelajari dan mencari referensi desain kedai kopi yang tepat terhadap konsep dan nilai kedai kopi yang telah Anda rumuskan sebelumnya. Dengan begitu, kedai kopi Anda akan memiliki identitas tersendiri sehingga orang akan selalu ingat.

6. Memilih Peralatan dan Menu yang Sesuai

Agar kedai kopi Anda selalu didatangi pelanggan, tentu saja memerlukan menu yang menarik dan juga berkualitas. Melalui menu yang tepat, Anda juga dapat menyampaikan konsep yang diusung. Untuk itu memilih perpaduan menu antara makanan dan minuman perlu diperhatikan. Anda juga bisa menambahkan beberapa menu yang non-coffee untuk memperluas target pasar.

Setelah itu, Anda perlu juga mempertimbangkan peralatan yang digunakan seperti mesin kopi, lemari pendingin, dan alat lainnya untuk mengolah menu yang disajikan. Kedai kopi sesungguhnya tidak perlu untuk mempunyai peralatan dapur yang lengkap. Namun, Anda perlu juga menyiapkan kompor atau oven listrik untuk menyajikan menu kudapan pendamping kopi.

bisnis kedai kopi
Bisnis kedai kopi

7. Menjalankan Strategi Pemasaran dan Promosi

Setelah kedai kopi Anda mulai beroperasi, tentu saja pelanggan tidak akan langsung datang begitu saja. Diperlukan sinergi dengan strategi pemasaran dan promosi yang menarik. Yang paling sederhana adalah dengan mengadakan grand opening untuk memberi pengumuman bahwa kedai kopi Anda sudah mulai beroperasi.

Untuk periode awal, strategi pemasaran yang perlu dilakukan adalah fokus kepada menyebarkan bahwa kedai kopi Anda sudah beroperasi. Setelah itu, rencanakan secara bertahap promosi untuk terus menarik pelanggan datang ke kedai kopi milik Anda.

Baca Juga :  Inilah Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal Yang Menguntungkan

Saat ini, banyak strategi pemasaran dan promosi yang bisa digunakan, seperti melalui media sosial dan platform digital lainnya. Untuk itu, Anda perlu juga untuk belajar mengenai strategi digital marketing untuk mendukung perkembangan kedai kopi Anda.

bisnis kedai kopi
Bisnis kedai kopi

Demikianlah beberapa masukan untuk langkah awal yang bisa Anda gunakan ketika ingin memulai bisnis kedai kopi. Namun, jangan lupa untuk terus belajar dan berkembang mengikuti zaman agar bisnis Anda tidak tertinggal di tengah persaingan yang ketat. Selamat berbisnis.