visi misi usaha makanan

Ingin Membuka Usaha Kuliner? Pastikan Anda Memiliki Visi Misi Usaha makanan Seperti di Bawah Ini

Dalam membuka usaha seperti usaha makanan, visi misi adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Visi misi usaha makanan biasanya dicanangkan oleh para pelaku usaha kuliner. Dengan adanya visi misi  dapat membantu membentuk pedoman  jangka panjang dalam menjalan usaha makan tersebut di masa depan.  Dengan adanya visi tersebut juga dapat membuat bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan lebih baik karena para pelaku usaha akan berpedoman terhadap visi misi tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh, pastinya kita harus mengenal apa itu visi misi dan usaha kuliner atau makanan. Visi adalah  suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau inti dari suatu lembaga sedangkan misi adalah adalah bagaimana cara lembaga tersebut mewujudkan impiannya. Visi juga bisa dikatakan sebagai impian jangka panjang suatu lembaga tersebut.

Pada umumnya visi misi tertuang dalam bentuk tulisan walaupun tidak keseluruhan lembaga usaha melakukan hal tersebut. Namun visi misi berkualitas yang dapat dilihat oleh para konsumen juga dapat mempengaruhi usaha yang dijalankan.

visi misi usaha makanan
Visi misi usaha makanan

Sementara usaha kuliner adalah suatu usaha yang dijalankan di bidang makanan dengan tidak kehabisan ide atau selalu membuat terobosan baru dalam menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Usaha kuliner ini terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh orang lain hanya dengan mengeluarkan modal kecil. Walau demikian usaha kuliner juga tidak dapat diremehkan mengingat daya saing yang cukup ketat.

Baca Juga :  Cara Mengatur Uang Hasil Jualan dengan Tepat dan Mudah

Usaha kuliner juga merupakan salah satu usaha yang tidak ada matinya, setiap tahunnya usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang banyak dipertimbangkan pelaku usaha, hal ini dikarenakan masyarakat juga mempunyai minat yang tinggi terhadap kuliner atau makanan.

Usaha kuliner dapat ditemukan dimana saja bahkan di tempat terpencil sekalipun, akan tetapi semua usaha kuliner mempunyai ciri serta keunikan masing-masing.

visi misi usaha makanan
Visi misi usaha makanan

Cara Membuat Visi Misi Usaha Makanan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam membuka suatu usaha seperti usaha makanan atau kuliner, visi misi juga tidak bisa dilepaskan dari hal tersebut. Dengan adanya visi misi membuat usaha lebih meyakinkan orang lain. Bahkan visi misi dalam menjalankan bisnis makanan juga dapat berpengaruh terhadap kelancaran usaha yang dijalankan.

Visi misi usaha makanan tidak bisa dibuat begitu saja dan harus dipikirkan secara matang, karena hal ini juga akan mempengaruhi kualitas dan cara pelaku usaha dalam mengembangkan usaha tersebut. Bagi Anda yang ingin membuka usaha makanan namun tidak tahu bagaimana cara membuat visi misi usaha makanan, dapat melakukannya dengan cara berikut ini.

1. Bisnis makanan mempunyai arah yang jelas

Pada Saat ingin membuka usaha di bidang makanan  sangat penting untuk mempunyai tujuan yang jelas, apakah makanan yang akan dijual makanan tradisional, modern atau makanan khas daerah lain. Langkah demi langkah dalam menjalankan sistem usaha makanan tersebut harus diuraikan secara mendetail agar target bisa dilihat.

2. Menentukan target

Cara menentukan visi misi usaha makanan selanjutnya adalah menentukan target konsumen terlebih dahulu, tercapainya suatu target menandakan bahwa sistem usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar. Akan tetapi pada saat penentuan target memerlukan teknis yang sangat mendetail. Jika target sudah jelas terlihat maka pelaku usaha makanan tidak akan kesulitan dalam membuat visi misi usaha makanan tersebut.

Baca Juga :  Bisakah Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar? Ini Dia Tipsnya!

3. Amati, Tiru, Modifikasi

Setelah kedua hal di atas telah dilakukan, cara membuat visi misi usaha makanan selanjutnya adalah dengan melakukan teknik ATM atau amati, tiru dan modifikasi di beberapa visi misi usaha makanan lainnya.

Akan tetapi meniru dan memodifikasi saja tidak cukup dilakukan karena para pelaku usaha harus memperhatikan keunikan dan ciri khas yang dijalankan. Selain itu memodifikasi merk lain juga tidak bagus untuk keberlangsungan merk atau usaha yang dijalankan..

Cara yang paling mudah untuk membuat visi misi usaha makanan adalah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pelaku usaha tersebut. Biasanya setiap usaha yang dijalankan pastinya pelaku usaha sudah memikirkan usaha tersebut kedepannya. Bahkan, setiap pemilik atau kepala usaha harus memiliki impian jangka panjang  dengan makanan miliknya.

Inti dari cara membuat visi misi usaha makanan adalah membayangkan usaha makanan atau kuliner  di masa depan seperti apa. Semua hal tersebut ada di dalam imajinasi dan bagaimana menjadikannya nyata ke dalam sebuah tulisan terlebih dahulu.

Jika hal tersebut sudah terwujud dalam sebuah tulisan maka langkah selanjutnya adalah misi, sekumpulan langkah yang harus dicapai.

visi misi usaha makanan
Visi misi usaha makanan

Contoh Visi Misi Usaha Makanan

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat visi misi usaha makanan di atas, berikut ini beberapa contoh visi misi usaha makanan yang dapat Anda tiru atau modifikasi

Usaha makanan tradisional

  • Visi : Menjadikan rumah makan tradisional (nama usaha) menjadi bertaraf internasional
  • Misi : Menyediakan pelayanan terbaik kepada para konsumen, menyediakan berbagai menu nasional dan internasional serta menjaga setiap cita rasa makanan

Usaha makanan seafood

  • Visi : Menyediakan berbagai jenis makanan seafood berkualitas dari hasil laut Indonesia
  • Misi : Hanya menyajikan masakan dari hasil tangkapan laut berkualitas tinggi, menjamin kualitas makanan yang telah disediakan kepada para konsumen serta bekerja sama dengan nelayan setempat untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.
Baca Juga :  Wajib Dicoba, Ini Deretan Usaha Ternak Yang Menguntungkan

Usaha makanan internasional

  • Visi : Menyediakan berbagai jenis makanan khas (nama negara) dengan harga terjangkau
  • Misi : Menyajikan berbagai jenis makanan dengan harga terjangkau dan menyediakan berbagai jenis makanan internasional yang dikhususkan dengan lidah konsumen lokal.
visi misi usaha makanan
Visi misi usaha makanan

Tanya Jawab Seputar Visi Misi Usaha Makanan

Apa visi dan misi bisnis?

Beda Visi dan Misi Bisnis

Secara singkat, perbedaan dari visi dan misi yaitu: Visi: Mendeskripsikan tujuan perusahaan di masa mendatang. Berbeda dengan misi, visi biasanya menggambarkan apa yang ingin diraih perusahaan. Misi: Mendeskripsikan rencana apa yang dilakukan perusahaan untuk mencapai visi.

Apa pentingnya visi dalam sebuah bisnis?

Dengan adanya visi, ibarat rel yang akan menjadi lajur utama dalam mengembangkan bisnis. Semua tim akan bergerak menuju titik yang sama sehingga percepatan dalam mengembangkan bisnis lebih mudah dilakukan. Dari visi yang ditentukan maka akan muncul misi yang harus dilaksanakan.

Apa yang terjadi jika suatu bisnis tidak memiliki visi dan misi?

Suatu bisnis yang tidak memiliki visi dan misi yang jelas, tentulah akan berdampak pada keadaan yang tidak terkontrol serta tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai masa depan. Oleh karenanya seorang pemimpin sebaiknya membuat sebuah visi yang jelas.

Bagaimana hubungan antara visi misi dengan strategi?

Dengan adanya visi dan misi, sebuah perusahaan akan mampu bergerak sesuai dengan apa yang dicita-citakan atau yang diharapkan para foundernya. Namun untuk menjadikan visi misi perusahaan ini berjalan dengan baik, dibutuhkan sebuah strategi atau taktik dan teknik usaha yang konsisten.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai visi misi usaha makanan yang dapat Anda pelajari. Visi misi ini sangatlah penting. Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda telah mempunyai visi misi yang jelas. Sehingga nantinya bisnis anda dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan yang Anda buat. Semoga bermanfaat!