strategi rekrutmen

Strategi Rekrutmen Efektif untuk Rekrut Karyawan Terbaik

Salah satu tugas HRD yang paling penting adalah merekrut karyawan. Namun, dalam pelaksanaannya, HRD tidak boleh merekrut karyawan dengan sembarangan. Rekrutmen harus dilakukan secara tepat agar kandidat yang diterima merupakan kandidat terbaik yang berkualitas.

Oleh karena itu, HR harus menerapkan strategi rekrutmen yang efektif. Seperti apa strateginya? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

strategi rekrutmen
Strategi rekrutmen efektif

Strategi Rekrutmen Efektif

Untuk bisa merekrut karyawan yang terbaik, HRD perlu menerapkan strategi rekrutmen yang efektif. Adapun strategi yang bisa diterapkan oleh HRD adalah sebagai berikut:

1. Membangun Employer Branding

Di zaman ini, banyak kandidat yang memutuskan untuk melamar kerja di suatu perusahaan berdasarkan employer branding. Jika perusahaan dikenal mampu memberikan pengalaman rekrutmen yang baik, menghargai karyawannya, dan memberikan benefit yang baik bagi karyawan, maka perusahaan tersebut akan menjadi pilihan pertama para kandidat.

Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan bagi HR. Sebab, HR bisa mendapatkan banyak kandidat yang berkualitas. Selain itu, HR juga bisa melengkapi talent pool yang dimiliki perusahaan.

Untuk membangun employer branding, perusahaan bisa memanfaatkan media sosial. Berikanlah citra yang menarik di media sosial karier perusahaan agar menarik minat kandidat untuk bekerja di perusahaan.

2. Menulis Deskripsi Pekerjaan yang Tepat

Untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, HR perlu menulis deskripsi pekerjaan yang tepat. Deskripsi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan saat ini dan harapan perusahaan terhadap tenaga kerja yang akan direkrut.

3. Membuat Iklan Lowongan Kerja yang Menarik

Sama seperti iklan lainnya, iklan lowongan kerja juga perlu dibuat menarik untuk menarik banyak kandidat. Lowongan ini harus memuat informasi yang jelas serta mudah dibaca dan dipahami oleh kandidat.

Baca Juga :  Cara Menjawab Kekurangan dan Kelebihan Saat Interview dengan Tepat

Lowongan kerja juga harus diunggah di platform yang tepat, sesuai dengan karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Jika perusahaan ingin merekrut kandidat profesional dengan pengalaman kerja bertahun-tahun, LinkedIn dan situs perusahaan bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengiklankan lowongan kerja.

Namun, jika perusahaan ingin merekrut kandidat magang atau fresh graduate, media sosial seperti Instagram bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan lebih banyak kandidat.

strategi rekrutmen
Strategi rekrutmen efektif

4. Memperhatikan Kandidat dalam Setiap Proses Rekrutmen

HR perlu memperhatikan kandidat di setiap proses rekrutmen. Jangan hanya merekrut kandidat berdasarkan satu proses rekrutmen saja, tetapi lihatlah secara keseluruhan. Misalnya, suatu kandidat menunjukkan hasil yang baik dalam tes namun buruk dalam wawancara. HR tentu perlu mempertimbangkan hasil wawancara, jangan hanya merekrut kandidat berdasarkan hasil tesnya saja.

Hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah bagaimana komunikasi kandidat terhadap HR. Komunikasi ini bisa dilihat ketika kandidat menjawab pertanyaan wawancara atau membalas email HRD.

Secara umum, proses yang harus diperhatikan oleh HR dalam rekrutmen adalah screening CV dan portofolio, tes kemampuan, wawancara, hingga focus group discussion.

5. Menggunakan Teknologi Rekrutmen

Untuk memudahkan kerja HR dalam merekrut kandidat terbaik, HR juga perlu menggunakan teknologi rekrutmen yang tepat. Biasanya, teknologi ini hadir dalam bentuk recruitment software.

Recruitment software memiliki banyak manfaat untuk HR. Adanya software ini akan membantu HR dalam mengelola dokumen kandidat, mengatur setiap proses rekrutmen, menempatkan penanggung jawab untuk setiap proses rekrutmen, hingga membantu aktivitas onboarding ketika kandidat sudah diterima.

Software yang bisa HR gunakan adalah Software HRD. Software ini biasanya memiliki fitur Recruitment yang bisa HR gunakan untuk mengelola proses rekrutmen agar semakin efektif dan bisa merekrut kandidat yang berkualitas.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat

Manfaat dari software recruitment tersebut bisa HR peroleh dengan menerapkan teknologi tersebut di perusahaan HR bekerja. Jangan sampai menyia-nyiakan manfaat dari software ini. Karena manfaat yang didapatkan sangat baik untuk kebutuhan proses rekrutmen. Semoga bermanfaat.