peluang usaha skincare

Peluang Usaha Skincare di Indonesia : Ini Langkah Memulainya

Skincare menjadi salah satu produk yang banyak digunakan oleh masyarakat, tidak hanya wanita namun juga pria. Skincare menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk wanita saat ini. Banyak bisnis skincare yang ada di Indonesia yang semakin berkembang. Karena alasan inilah peluang usaha skincare di Indonesia cukup menjanjikan. Berikut adalah tips dan bagaimana cara untuk memulainya apabila kamu tertarik.

peluang usaha skincare
Peluang usaha skincare

Bagaimana Peluang Usaha Skincare di Indonesia?

Bisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan, apalagi jika kamu tertarik untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang besar. Perawatan diri, terutama kulit, menjadi kebutuhan perempuan muda masa kini. Tingkat penjualannya juga cukup tinggi dan stabil bila dibandingkan dengan bisnis yang lain.

Peluang usaha skincare ini masih cukup menjanjikan, sebab skincare sudah serupa dengan kebutuhan pokok. Meskipun tengah mengalami pandemic dan krisis ekonomi, peluang untuk mengembangkan bisnis skincare tetap menguntungkan.

Agar pembeli tertarik dengan produk kamu, pastikan menyediakan produk skincare yang tidak hanya berkualitas, namun harganya juga tidak terlalu mahal. Gunakan bahan bahan yang tidak membahayakan tubuh jika digunakan dalam jangka panjang. Setelahnya, kamu bisa memasarkan produk di dalam negeri ataupun luar negeri.

peluang usaha skincare
Peluang usaha skincare

Tips Memulai Usaha dan Bisnis Skincare

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan dan memulai bisnis skincare, berikut adalah panduan yang bisa di gunakan.

1. Tentukan Jenis Bisnis

Dengan peluang usaha skincareyang tinggi, kamu harus menentukan jenis bisnis yang hendak dikembangkan. Mengetahui jenis bisnis yang kamu gunakan bisa membantumu bersaing dengan sesama produsen bisnis skin care yang lain.

Baca Juga :  8 Daftar Fintech Bunga Rendah Yang Aman, Cepat dan Terdaftar OJK

Ada dua pilihan yang biasanya digunakan, pertama, dengan membuat skincare sendiri, ini biasanya dilakukan oleh mereka yang mempunyai modal besar. jika modalmu  terbatas, kamu bisa memulainya dengan menjadi dropshiper terlebih dahulu.

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah menentukan bisnis yang hendak dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset ini dilakukan agar produk skincare yang kamu jual dapat laku di pasaran. Riset ini juga bisa membantu kamu menentukan target pasar, pesaing kamu atau produk skincare jenis apa yang paling banyak dicari.

3. Buat Produk

Jika kamu memilih untuk membuat produk guna memulai peluang bisnis skincare di Indonesia, maka mulai riset bahan-bahan yang bisa digunakan. Walaupun kamu membuat produk sendiri, kamu tetap bisa melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang lebih professional.

Misalnya, kamu bekerja sama dengan ahli farmasi urusan kosmetik, bisa juga dengan dokter kecantikan. Nantinya kamu bisa mengembangkan produk yang tidak hanya laris dan diminati oleh masyarakat, namun juga menghasilkan produk yang aman digunakan.

4. Tetapkan Harga

Tetapkan harga produk skin care yang kamu jual, pastikan sesuai dengan target marketmu. misalnya, jika menyasar pengguna di usia 20 tahun, harganya tentu tidak boleh terlalu mahal, sebab di umur ini kebutuhan selain skincare juga banyak. Menentukan harga pasar juga akan membantukamu menentukan jenis, bahan dan produk skincare.

5. Buat Nama Brand

Peluang usaha skincaretentu akan makin berjalan lancar jika kamu membuat nama brand yang menarik dan mudah untuk diingat. Jika kamu memang berniat membuka usaha dan membuat produk sendiri, membuat nama brand adalah hal penting yang harus kamu lakukan.

Pilih nama brand yang bisa mencirikan produk yang kamu buat, pilih yang sederhana namun mudah untuk diingat. Sebagai referensi, kamu bisa melihat nama-nama skincare yang sudah pernah rilis di pasaran. Ingat untuk tidak melakukan plagiat untuk pembuatan brand kosmetik atau skincare.

Baca Juga :  10 Pilihan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa
peluang usaha skincare
Peluang usaha skincare

6. Tentukan Model Kemasan

Kamu juga harus membuat kemasan yang menarik untuk digunakan, sehingga menarik minat pembeli untuk membelinya. Buat kemasan yang sederhana, yang akan menampilkan citra dari produk yang kamu buat. Meski sederhana, pilih bahan yang berkualitas untuk membuat skincare aman dibawa kemana-mana.

7. Pahami Izin Edar

Kamu tidak bisa serta merta menjual produk skincare yang sudah jadi. Ada tahapan yang harus dilalui oleh pelaku bisnis, yakni mendapatkan izin edar. Kadang peluang usaha skincarebisa gagal karena kamu tidak mendapatkan izin edar dari BPOM atau lembaga pemerintah lainnya.

Memiliki izin edar tidak hanya menjadi bukti bahwa skin care yang  kamu jual aman digunakan, namun juga membuat pembeli tertarik untuk menggunakan skincare tersebut. Produk yang legal di Indonesia tentu akan mudah dipasarkan dan ditemukan oleh pembeli.

8. Jualan Secara Daring

Selanjutnya adalah strategi berjualan, kamu bisa memulainya dengan berjualan secara daring di marketplace. Apalagi perkembangan marketplace di Indonesia sedang bagus-bagusnya. Dengan menggunakan marketplace, proses pengiriman dapat dilakukan dengan lebih ringkas.

9. Promosi

Langkah selanjutnya agar peluang usaha skin caretetap berjalan adalah melakukan marketing dan promosi. kamu bisa melakukan promosi dengan membuat akun media sosial atau website. Menggunakan media sosial juga membuat kamu lebih mudah dalam menjangkau pembeli, namun dengan budget yang lebih rendah.

Ada berbagai jenis promosi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peluang usaha skincare yang anda miliki, mulai dari menggandeng influencer, melakukan kerja sama dengan afiliasi, atau memanfaatkan ruang iklan di media sosial. Promosi apapun yang kamu pilih, siapkan budget yang mencukupi untuk melakukannya.

peluang usaha skincare
Peluang usaha skincare

Jenis Usaha Skin Care yang Menjanjikan

Ada beberapa jenis usaha skincare yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa memilih salah satu yang sekiranya memang sesuai dengan budget, kemampuan dan jenis bisnis yang dipilih.

Baca Juga :  Seputar Broker Octa Forex: Layanan Trading Bersertifikasi di Indonesia

1. Membuka Jasa Titip

Kamu tentu tidak asing dengan usaha jasa titip, peluang usaha skincarejuga bisa dimulai dengan membuka jasa titip. Di Indonesia skin care dari luar negeri banyak dicari, kamu bisa membuka jasa titip dengan membelikan produk produk tersebut langsung dari distributornya.

2. Membuka Sistem Pre Order

Cara lainnya adalah dengan membuka sistem pre-order, jadi kamu menggunakan media sosial untuk melakukan promosi bahwa kamu melakukan bisnis skincare. Kemudian kamu bisa membuka layanan sistem pre-order untuk memudahkan pelanggan mendapatkan produk skincare yang diinginkan.

3. Menjadi Reseller

Jika tidak bisa membuat produk sendiri, kamu memang disarankan menjadi reseller produk kosmetik dahulu. Dibandingkan dengan membuat sendiri brand dan skin care kamu, menjadi reseller membutuhkan budget yang lebih rendah dengan peluang keberhasilan yang tinggi.

4. Menjadi Dropshiper

Tidak berbeda jauh dengan menjadi reseller, menjadi dropshiper akan membantu kamu mengembangkan peluang usaha skincaredi Indonesia yang memang sudah besar. Menjadi dropshiper juga lebih minim budget karena kamu hanya akan membeli barang jika barang tersebut di beli oleh pelanggan.

5. Membuka Toko Fisik

Kamu yang tidak bisa membuat produk sendiri tetap bisa membuka toko fisik. Kamu bisa mengisinya dengan berbagai macam perawatan skincare dari dalam dan luar negeri. Dengan cara ini kamu bisa menjual banyak skincare sekaligus.

peluang usaha skincare
Peluang usaha skincare

Itulah penjelasan bagaimana peluang usaha skincare di Indonesia. Meskipun memiliki peluang yang tinggi, namun bisnis skincare tetap memiliki pesaing yang besar. Walaupun begitu karena memiliki pengguna yang terus meningkat, bisnis skincare ini tetap menjanjikan dan layak untuk dirintis jika kamu berminat.