pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

10 Pekerjaan Borongan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Ditekuni

Sebagai seorang istri jelas memiliki pekerjaan utamanya adalah sebagai pengurus rumah tangga atau yang sering dikenal dengan sebutan Ibu Rumah Tangga. Namun tidak sedikit juga wanita-wanita yang menjadi ibu rumah tangga sekaligus melakukan pekerjaan lain demi membantu suami dalam menunjang ekonomi keluarga. Berikut mari kita bahas 10 pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang tidak menyita terlalu banyak waktu.

10 Pekerjaan Borongan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Dilakukan

1. Membuka Jasa Laundry

Jasa laundry atau mencuci pakaian milik orang lain merupakan sebuah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang Ibu Rumah Tangga di sela-sela waktu kosongnya di rumah. Jenis pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang pertama ini terbilang tidak terlalu merepotkan apalagi jika ada mesin cuci pribadi di rumah.

Selain bisa mengisi waktu kosong seorang istri agar tidak bosan di rumah ketika ditinggal suami pergi bekerja, dengan membuka jasa laundry akan memberikan pemasukan tambahan kepada keluarga tersebut. Namun perlu diperhatikan juga ketika menerima laundry agar tidak terlalu membebankan diri sendiri karena terlalu banyak pakaian yang harus dicuci.

pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

2. Membuka Jasa Katering

Pekerjaan borongan yang berikutnya adalah membuka jasa katering. Jenis pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobby memasak, dimana selain hobimu bisa tersalurkan kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari pemesanan katering tersebut.

Jasa katering akan sangat dibutuhkan pada beberapa momen seperti acara pernikahan hingga acara keagamaan (doa dan hari raya). Sebagai saran jika kamu membuka jasa katering sebaiknya meminta pembayaran 50% diawal untuk menghindari kerugian atau penipuan.

Baca Juga :  Tahapan Cara Buat Akun Indodax Mudah Untuk Pemula
pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

3. Menjual Kerajinan Tangan

Pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang selanjutnya adalah menjual kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang bisa dibuat juga beragam seperti menjahit, membuat boneka kayu, atau kerajinan dari kayu lainnya. Kerajinan tangan saat ini sedang populer karena bisa dijadikan hiasan atau kado kepada seseorang.

Untuk jenis pekerjaan yang satu ini akan lebih memakan waktu dan tenaga dalam pekerjaannya, namun jika kamu sudah memiliki bakat dan sering membuat kerajinan tangan maka masalah tersebut akan dengan mudah teratasi. Kamu bisa menjual hasil karya kamu di sosial media untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

4. Menjual Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan salah satu produk yang cukup digemari oleh Ibu Rumah Tangga dan menjadi salah satu produk yang cukup dicari untuk mempercantik halaman rumah seseorang. Bagi kamu yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam mengurus tanaman, kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu tersebut untuk menanam dan menjual berbagai tanaman hias kepada mereka yang mencarinya.

Jenis pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang satu ini tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Selain itu kamu hanya perlu menyiram tanaman hias tersebut dan melakukan pengecekan kondisinya secara teratur.

pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

5. Penulis Lepas

Salah satu pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang paling cocok diera modern ini adalah menjadi penulis lepas. Dimana pekerjaan tersebut bisa kamu kerjakan dari rumah dengan modal koneksi internet saja, bahkan untuk bahannya bisa kamu cari sendiri di internet tanpa perlu mendatangi sebuah tempat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

6. Menjual Pulsa

Pulsa merupakan di era modern ini bisa dikatakan menjadi salah satu kebutuhan pokok. Pasalnya hampir semua kegiatan, komunikasi dan informasi bisa didapatkan dari internet, sedangkan untuk bisa mengakses internet diperlukan paketan internet yang bisa dibeli menggunakan pulsa.

Baca Juga :  Berbagai Bidang Usaha UKM Yang Menjanjikan

Oleh sebab itu, pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang satu ini bisa dikatakan sangat bagus. Sedikit saran kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menjual pulsa, kamu hanya perlu mendatangi konter pulsa kemudian melakukan kerja sama dengan konter pulsa tersebut. Jadi gampangnya kamu hanya menjadi perantara antara pembeli dan konter pulsa tersebut, untuk masalah harga bisa kamu ambil sedikit lama kelamaan keuntungan penjualan pulsamu akan menumpuk.

7. Reseller atau Dropshipper

Perkembangan teknologi membuat banyak sekali toko-toko online yang mulai bertebaran di internet. Tidak sedikit toko online yang memberikan diskon agar mendapatkan pembeli, bahkan dengan adanya toko online ini membuat beberapa orang lebih suka berbelanja secara online dari pada mendatangi sebuah toko offline.

Kamu sebagai seorang Ibu Rumah Tangga bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi reseller atau dropshipper. Cara kerjanya kamu hanya perlu menjalin kerja sama dengan toko online penyedia produk, kemudian produk mereka tersebut bisa kamu pasarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan.

Gunakan akun sosial media pribadi milikmu untuk memposting produk-produk yang ingin dijual. Agar produk tersebut semakin diketahui oleh banyak orang kamu bisa meminta tolong kenalan atau keluargamu untuk melakukan promosi. Jenis pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang satu ini bisa kamu lakukan dari rumah tanpa mengeluarkan modal yang besar.

pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

8. Panggilan Membersihkan Rumah

Saat ini banyak sekali orang sibuk karena pekerjaan, saking sibuknya mereka bahkan tidak memiliki waktu kosong untuk membersihkan rumah mereka sendiri. Oleh karena itu, kamu bisa membuka jasa panggilan membersihkan rumah. Jenis pekerjaan yang satu ini tidak mewajibkan kamu untuk menetap di rumah tersebut jadi kamu bisa pulang ketika pekerjaan kamu sudah selesai.

Baca Juga :  Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Excel Terbaru

Tidak hanya membersihkan rumah dari debu saja, tetapi kamu juga bisa menawarkan beberapa pekerjaan rumah lainnya seperti mencuci piring, mencuci pakaian, menyetrika pakaian, dan beberapa pekerjaan rumah lainnya. Jika hasil kerjamu bagus, kamu bisa direkomendasikan oleh pemilik rumah tempat kamu bekerja ke temannya yang mungkin sedang mencari jasa panggilan untuk membersihkan rumahnya.

9. Jasa Mengoreksi Soal

Jenis pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga selanjutnya adalah mengoreksi soal. Jika kamu memiliki tetangga seorang guru atau dosen, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menawarkan jasa koreksi soal. Umumnya seorang guru atau dosen memiliki banyak sekali siswa atau mahasiswa, hal ini akan merepotkan guru atau dosen tersebut dalam mengoreksi semua soalnya karena terlalu banyak.

Namun, untuk melakukan jenis pekerjaan yang satu ini kamu harus super teliti karena ini masalah nilai seseorang. Perhatikan setiap jawaban dengan teliti, jika kamu mengalami kebingungan sebaiknya tanyakan kepada sang guru atau dosen sebelum kamu memberikan nilai kepada jawaban soal tersebut.

pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

10. Membuka Jasa Les Privat

Pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang terakhir adalah membuka jasa les privat. Namun untuk jenis pekerjaan yang satu ini kamu memerlukan kemampuan akademik yang baik minimal dalam satu mata pelajaran.

pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga
Pekerjaan borongan untuk ibu rumah tangga

Penutup

Itulah 10 pekerjaan borongan untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa kamu coba lakukan saat waktu kosong agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus, namun jika sudah kamu lakukan dengan baik dan benar maka hasil kerjamu pasti akan baik-baik saja.

Baca Juga : Begini Strategi Pemasaran Bukalapak Untuk Mengejar Pemasukan Cash Flow