investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

7 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil, Wajib Coba!

Mungkin dulu daftar investasi yang menguntungkan dengan modal kecil tergolong sedikit, tapi sekarang sudah ada banyak pilihan investasi seperti ini yang bisa dipilih dengan sangat mudah. Pilihan investasi tanpa modal besar yang terus bertambah ini membuat orang-orang semakin yakin untuk menjadikan hasil investasi sebagai sumber penghasilan tambahannya.

Sebelum memilih salah satu instrumen investasi yang akan dijadikan pilihan utama, Anda harus mencari tahu informasi lengkapnya terlebih dahulu. Biasanya, para investor pemula yang tidak mau menerima risiko terlalu tinggi akan lebih memilih instrumen investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Lantas, tahukah Anda apa saja daftar instrumen investasi tersebut?

investasi yang menguntungkan dengan modal kecil
Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

7 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Aktivitas investasi mungkin bisa Anda dijadikan sebagai sumber penghasilan sampingan atau tambahan, karena ada beberapa investasi yang keuntungannya bisa terus meningkat. Ada investasi yang keuntungannya mulai terkumpul saat jangka waktunya sudah panjang, tapi ada juga yang sudah terkumpul meski jangka waktunya masih pendek. Berikut kami bagikan jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil:

1. Reksa Dana

Saat membahas tentang investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, maka sebagian orang pasti langsung mengingat tentang instrumen reksa dana. Bagaimana tidak? Saat ingin memulai investasi tanpa modal besar ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal awal yang senilai Rp10.000,- saja.

Baca Juga :  Tahapan Cara Buat Akun Indodax Mudah Untuk Pemula

Mungkin sejumlah investor masih ada yang berpikir bahwa hasil untung reksa dana tidak sebesar keuntungan saham, tapi sebenarnya reksa dana masih memiliki kelebihan dan keuntungan lain. Sebab, diversifikasi reksa dana tergolong baik dengan tingkat risikonya yang mampu diminimalkan oleh para investornya.

2. Obligasi

Bagi sejumlah orang yang membutuhkan pilihan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil serta risikonya pun tergolong kecil, mereka bisa mencoba menanamkan modalnya pada instrumen satu ini. Pasalnya, obligasi juga termasuk instrumen investasi yang menawarkan keuntungan cukup besar, tapi risikonya tidak sebesar saham.

Mungkin masih ada sejumlah orang yang belum tahu tentang pengertian investasi ini. Pada dasarnya, obligasi sering digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mendapat dana tambahan dan sering disebut juga dengan nama surat utang. Umumnya, keuntungan dari instrumen ini akan berasal dari pembagian bunga perusahaan yang bersangkutan.

investasi yang menguntungkan dengan modal kecil
Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

3. Peer to Peer Lending (P2P)

Tidak menutup kemungkinan ada investor pemula yang masih ragu untuk memulai investasi ini, karena mereka belum terlalu mengenalnya dengan baik.  Instrumen ini termasuk daftar investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, karena pihak yang menanamkan modalnya bisa memilih sendiri proyek sesuai keinginannya.

Namun, untuk menghindari kerugian yang terlalu besar, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu mereka harus selalu memahami risiko investasinya. Tidak hanya itu, investor pada instrumen ini juga harus selalu memahami risiko kredit pada aktivitas investasi di dalamnya.

4. Deposito

Mungkin Anda salah satu orang yang mengira bahwa investasi deposito membutuhkan modal yang cukup besar, sehingga mereka tidak bisa menyiapkan modalnya tersebut. Namun, Anda harus tahu bahwa sebenarnya deposito termasuk dalam daftar investasi yang menguntungkan dengan modal kecil serta sering direkomendasikan investor andal.

Baca Juga :  Zaman Now, Jualan Apa yang Laku Di Kampung

Bukan hanya keuntungannya yang tergolong lebih besar dibanding instrumen lainnya, kelebihan instrumen ini juga bisa dilihat dari sistem keamanannya yang sangat terjamin. Pasalnya, jenis investasi deposito seperti ini akan langsung dijaga oleh pihak bank yang bersangkutan, sehingga investor tidak perlu takut modalnya akan hilang begitu saja.

5. Emas

Mungkin Anda belum merasa yakin dengan pilihan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil di atas, sehingga kami akan membagikan pilihan investasi lainnya yang tidak kalah menguntungkan. Mengapa emas dikatakan sebagai termasuk dalam daftar investasi yang menguntungkan dengan modal kecil dan patut dipertimbangkan dengan sebaik mungkin?

Pasalnya, sekarang sudah ada banyak platform pembelian emas online yang memberikan kesempatan kepada para pelanggannya untuk membeli emas mulai dari harga yang paling murah. Jadi, tidak perlu menyiapkan modal yang terlalu besar untuk memulainya.

investasi yang menguntungkan dengan modal kecil
Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

6. Equity Crowdfunding

Kemungkinan besar masih ada banyak orang yang belum mengenal tentang investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, equity crowdfunding. Selain karena namanya yang sulit diingat, instrumen ini termasuk teknik pendanaan yang jangkauannya cukup luas. Nantinya, keuntungan dari investasi ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di negara kita.

Jadi, tidak semua orang tertarik untuk memulai pilihan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil yang namanya sulit diingat ini. Hanya investor yang ingin ikut terlibat dalam sistem perekonomian negara saja yang tertarik untuk memulainya.

7. Saham Syariah

Mengakhiri pembahasan tentang contoh investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, kami akan membahas tentang instrumen investasi saham syariah. Sesuai dengan namanya, instrumen saham ini menggunakan aturan syariah yang membuatnya cocok untuk setiap umat muslim yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Daftar Resiko Trading Yang Harus Diketahui, Tertarik Untuk Ikut?

Saham syariah dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar, sehingga instrumen investasi ini wajar jika dikatakan sebagai contoh investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Untuk memulainya, Anda harus memilih platform terpercaya yang sudah terbukti profesional, agar tidak terjadi kekecewaan akibat kerugian yang tidak sedikit.

investasi yang menguntungkan dengan modal kecil
Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

Tanya Jawab Seputar Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Apa jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan dengan modal kecil?

Salah satu jenis investasi yang cocok adalah investasi saham, di mana Anda dapat membeli saham perusahaan dengan modal yang relatif kecil dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Apakah ada investasi lain selain saham yang cocok untuk modal kecil?

Ya, salah satunya adalah reksa dana. Dalam reksa dana, Anda dapat bergabung dengan modal kecil bersama investor lain untuk berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan pasar uang.

Bagaimana dengan investasi properti untuk modal kecil?

Investasi properti juga bisa menjadi pilihan, terutama melalui skema sewa-menyewa atau investasi dalam properti kecil seperti kamar kost atau apartemen studio. Namun, perlu diperhatikan bahwa risiko dan biaya yang terkait dengan investasi properti juga perlu dipertimbangkan.

Apakah investasi emas cocok untuk modal kecil?

Investasi emas dapat menjadi pilihan, terutama dengan membeli emas dalam bentuk pecahan atau melalui program tabungan emas. Meskipun modal awalnya kecil, Anda dapat secara bertahap memperbesar portofolio emas Anda seiring waktu.

Bagaimana cara memulai investasi dengan modal kecil untuk pemula?

Langkah awal yang baik adalah dengan melakukan riset yang mendalam tentang berbagai pilihan investasi yang cocok untuk modal kecil. Selain itu, penting juga untuk memiliki rencana keuangan yang jelas dan konsisten serta mempertimbangkan tingkat risiko yang sesuai dengan profil Anda sebagai investor.

Kesimpulan

Banyaknya pilihan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil ini sering membuat banyak orang di berbagai negara ingin memulainya. Sebab, keuntungan dari aktivitas investasi ini bisa membuat kehidupan finansialnya menjadi lebih baik di masa depan. Jadi, segeralah mencobanya sendiri dengan menanamkan modal yang tidak terlalu besar pada instrumen tertentu.