investasi rendah risiko

Investasi Rendah Risiko, Cocok Bagi Investor Pemula!

Investasi rendah risiko merupakan suatu jenis investasi yang hanya akan mengalami sedikit kerugian. Tidak seperti jenis investasi dengan risiko yang tinggi yang memiliki jumlah keuntungan besar namun memiliki risiko kerugian yang besar, justru investasi rendah risiko ini hanya menghasilkan keuntungan yang tidak seberapa.

Namun, investasi rendah risiko merupakan jenis investasi paling aman apabila Anda tergolong investor pemula karena jika Anda tengah mengalami kerugian, kerugian yang dihasilkan pun sangat minim.

investasi rendah risiko
Investasi rendah risiko

Investasi Rendah Risiko, Ada Instrumen Apa Saja?

Melakukan investasi merupakan salah satu hal yang harus Anda coba. Pasalnya, investasi dapat memberikan perlindungan terhadap segala aset yang Anda punyai dari inflasi yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Inflasi dapat menyebabkan turunnya daya beli uang yang Anda miliki.

Maka dari itu, demi menjaga nilai dari segala aset yang Anda miliki, perlu adanya investasi. Investasi juga dapat Anda gunakan sebagai biaya untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang, seperti pada saat Anda sudah pensiun.

Investasi juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu adanya pengalaman serta pengetahuan yang cukup terkait investasi. Anda juga perlu untuk mengatur strategi yang baik sebelum berinvestasi agar dapat meminimalisir segala kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Selain itu, pemilihan instrumen investasi yang tepat juga perlu diperhatikan. Mengapa begitu? Segala jenis instrumen investasi tidak terlepas dari yang namanya kerugian. Namun, kerugian yang dihasilkan juga tergantung pada jenis investasi yang Anda gunakan.

Baca Juga :  Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Apabila Anda menggunakan jenis investasi tinggi risiko atau high risk, maka besar kemungkinan kerugian yang akan dihasilkan pun sama besarnya dengan keuntungan yang didapat. Sebaliknya, apabila Anda menggunakan jenis investasi rendah risiko maka kerugian yang dihasilkan tidak akan begitu besar namun keuntungan yang akan Anda dapatkan pun juga tidak begitu besar.

Kebanyakan investor yang masih pemula terlalu memandang investasi rendah risiko dengan sebelah mata akibat keuntungan yang dihasilkan hanyalah sedikit. Maka dari itu, kebanyakan dari mereka memilih untuk langsung berinvestasi menggunakan instrumen dengan risiko yang tinggi lantaran keuntungan yang akan didapat pun sangat besar.

Alih-alih mendapatkan keuntungan, mereka hanya akan mendapatkan kerugian dan tidak dapat berinvestasi kembali lantaran tidak memiliki biaya yang cukup untuk menutupi kerugian yang terjadi.

investasi rendah risiko
Investasi rendah risiko

Bagi Anda investor yang masih pemula, sangat disarankan untuk memilih jenis investasi risiko rendah sebagai langkah awal dalam berinvestasi. Walaupun keuntungan yang didapat tidak seberapa, namun Anda tidak akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Dengan berinvestasi menggunakan instrumen dengan risiko rendah, setidaknya Anda dapat mempelajari hal-hal terkait investasi secara lebih mendalam dan bertahap. Anda juga dapat mengetahui cara kerja investasi yang sebenarnya. Apabila Anda sudah merasa cukup ahli dalam hal berinvestasi, Anda dapat mencoba menggunakan instrumen investasi high risk.

Tanpa berlama-lama, berikut ini merupakan jenis instrumen dengan risiko rendah bagi Anda investor yang masih pemula namun tetap ingin mendapatkan keuntungan :

Investasi reksa dana pasar uang

Salah satu instrumen investasi rendah risiko yang populer di kalangan masyarakat ini, nyatanya memiliki risiko kerugian yang rendah. Maka dari itu, instrumen ini banyak digunakan oleh para investor karena tingkat kerugiannya yang tidak terlalu besar.

Baca Juga :  Peluang Usaha Bengkel Mobil dan Strategi Yang Harus Dilakukan

Bagi Anda investor yang masih pemula, instrumen yang satu ini bisa dijadikan pilihan sebagai tempat untuk berinvestasi. Salah satu penyebab mengapa instrumen ini dinyatakan sebagai investasi risiko rendah adalah karena mayoritas dananya akan dialihkan ke deposito atau surat berharga lainnya yang memiliki jatuh tempo di bawah satu tahun.

Walaupun dikatakan sebagai investasi dengan risiko rendah, keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya memiliki hasil yang lumayan besar. Tidak sebesar keuntungan dari saham namun setidaknya keuntungan yang didapat masih lebih besar daripada jumlah depositonya.

Investasi dengan emas

Investasi menggunakan instrumen emas masih menjadi primadona dari zaman dahulu. Hampir semua kalangan tengah berbondong-bondong untuk berinvestasi menggunakan emas.

Investasi emas hingga sekarang masih merupakan investasi minim risiko yang terbilang sangat aman. Selain itu, keuntungan yang akan Anda dapatkan pun bisa sangat besar tergantung seberapa lama Anda dapat menyimpan emas tersebut.

Namun, investasi dengan emas merupakan investasi jangka panjang. Dalam artian, Anda hanya dapatmenikmati keuntungan yang berlimpah setelah beberapa tahun ke depan, minimal selama 5 tahun ke depan.

Investasi properti

Berinvestasi properti sudah tidak perlu diragukan kembali. Paslanya, setiap periode, harga properti-properti yang ada selalu mengalami kenaikan dan tidak pernah turun. Investasi ini juga merupakan salah satu investasi yang patut Anda coba.

Namun, perlu Anda perhatikan walaupun termasuk investasi rendah risiko, investasi properti hanya dapat dilakukan apabila Anda memiliki modal yang cukup besar. Harganya bervariasi, tergantung dari harga rumah atau tanah pada saat itu. Walaupun begitu, kerugian yang Anda dapatkan pun sangat minim terjadi.

Saat menggunakan investasi ini, Anda hanya perlu berhati-hati terkait kasus penipuan yang dilakukan oleh developer bodongan.

investasi rendah risiko
Investasi rendah risiko

Memilih Investasi yang Tepat, Bagaimana Caranya?

Berinvestasi tidak dapat dilakukan secara sembarangan, itu sebabnya Anda perlu memilih jenis instrumen yang paling tepat dan sesuai dengan Anda. Bagaimana caranya?

Baca Juga :  Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal, Praktis dan Mudah

Sederhana saja, Anda hanya perlu menyiapkan dana khusus untuk digunakan berinvestasi. Sangat tidak disarankan apabila Anda menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari sebagai dana untuk berinvestasi.

Setidaknya Anda perlu menyiapkan dana khusus investasi, jadi ketika Anda mengalami kerugian, Anda tidak akan terbebani oleh jumlah dana yang ada.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan instrumen investasi yang sesuai dengan dana Anda. Jangan pernah berinvestasi menggunakan dana hasil pinjaman. Pastikan agar dana yang Anda miliki cukup untuk digunakan sebagai investasi.

investasi rendah risiko
Investasi rendah risiko

Tanya Jawab Seputar Investasi Rendah Risiko

Apakah ada investasi yang bebas resiko?

Investasi tanpa risiko ternyata ada, dan jawabannya adalah Saving Bond Ritel atau SBR yang sama seperti tabungan maupun deposito bank.

Apa saja yang termasuk investasi jangka pendek?

Jenis Investasi Jangka Pendek
1. Deposito. Deposito memiliki konsep yang mirip dengan menabung.
2. Reksadana. Instrumen investasi ini cukup populer dan digemari pemula.
3. Peer-to-peer (P2p) Lending

Investasi apa saja yang aman?

Emas. Investasi emas merupakan jenis investasi paling aman dan menguntungkan. Sudah dari sejak lama jenis investasi ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Keuntungan dari investasi emas adalah harga yang stabil, tahan inflasi dan mudah dijual.

Apa yang dimaksud dengan risiko dalam investasi?

Risiko investasi adalah kondisi dimana investor berpotensi mengalami kerugian dari aktivitas investasi. Dengan kata lain, keuntungan atau imbal hasil yang diharapkan dari investasi tidak sesuai. Dalam hal ini, risiko investasi berbanding lurus dengan imbal hasil investasi.

Jenis investasi manakah yang memiliki risiko paling rendah?

Investasi reksadana adalah instrumen investasi risiko rendah selanjutnya yang sangat pas untuk pemula. Dari empat jenis reksadana, yang paling minim risiko adalah investasi reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap.

Penutup

Itulah jenis investasi rendah risiko yang dapat Anda coba bagi investor pemula yang ingin mendapat keuntungan namun dengan risiko kerugian yang minim.