futures trading

Apa Yang Dimaksud Dengan Futures Trading?

Masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan istilah futures trading. Pada dasarnya, di dunia trading sendiri akan didukung dengan beberapa jenis istilah yang patut Anda ketahui secara baik dan benar. Jadi, tidak mengherankan jika istilah yang satu ini juga perlu Anda ketahui pengertiannya dengan baik.

Sebelum kita membahas tentang pengertian futures trading itu sendiri, ada baiknya jika kita juga membahas secara singkat terkait aktivitas trading. Dalam hal ini, trading merupakan proses transaksi yang berlangsung dalam pasar finansial, yang di mana sistem kerjanya akan lebih sering menjual dan membeli sebuah aset dalam jangka waktu yang singkat.

Meski aktivitas ini lebih cenderung berlangsung secara singkat, akan tetapi keuntungan yang dapat diperoleh oleh para trader tetap bisa dijanjikan dengan baik. Sebab, keuntungan yang bisa diperoleh oleh para trader ini didapatkan dari aktivitas penjualan aset dengan nilai harga yang lebih tinggi dibanding harga awalnya.

futures trading
Futures trading

Pengertian futures trading

Yang dimaksud dengan futures trading adalah salah satu jenis instrumen derivatif yang ada di dalam dunia trading, atau bisa juga diartikan sebagai sebuah jenis kontrak finansial dalam dunia trading. Dalam hal ini, jenis trading yang satu ini akan berisi tentang penjualan maupun pembelian komoditas secara tepat.

Tidak hanya itu, jenis trading ini juga dapat berupa sebuah aset instrumen keuangan yang terjadi di antara kedua belah pihak, yang melaksanakan proses transaksi dengan harga tertentu dan tujuan untuk meraih profit yang sesuai harapan. Hal ini sesuai dengan namanya itu sendiri yang berarti masa depan.

Baca Juga :  Macam-Macam Investasi Modal Usaha Yang Menguntungkan

Pada dasarnya, jenis trading yang satu ini senantiasa dijanjikan untuk dilakukan di masa mendatang. Dengan adanya ketentuan yang seperti itu, membuat jenis trading ini akan dilakukan di masa kini meski proses transaksinya baru akan dimulai di masa yang akan datang, sehingga ini membuatnya berbeda dibanding jenis trading yang lainnya.

Selain itu, futures trading juga akan melakukan proses perincian kuantitas dan kualitas dari aset yang hendak dijual oleh para trader, sehingga hal ini dapat membuatnya lebih unggul dibanding pilihan lainnya. Kendati demikian, perlu diketahui oleh para trader yang hendak melakukan transaksi ini bahwa trading futures ini hanya bisa dilakukan untuk menjual aset yang sudah ada standardisasinya.

Mengapa demikian? Karena jenis trading yang satu ini memang dipergunakan untuk fasilitas trading berjangka di pasar bursa. Jadi, sebagai inti dari penjelasan ini kami akan mengatakan bahwa seorang trader yang hendak membeli produk yang sebenarnya belum diproduksi di dunia trading, tetap bisa meraih keuntungan dari aktivitas penjualan aset tersebut.

futures trading
Futures trading

Jenis dan karakteristik yang meliputi di dalamnya

Sama halnya dengan jenis trading yang lainnya, di dalam futures trading juga akan tersedia beberapa jenis barang yang dapat diperjualbelikan dengan tujuan mencari profit menguntungkan. Jika di dalam dunia trading ini tidak ada barang yang dapat diperjualbelikan seperti ini, maka pasar trading tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Dalam hal ini, kami juga akan membahas tentang jenis dan karakteristik dari barang atau aset trading futures yang meliputi di dalamnya, yaitu:

1. Commodity Futures

Jenis pertama yang akan kami bahas adalah commodity futures. Pada dasarnya, karakteristik ini dapat dibagi menjadi 3 poin penting di dalamnya, sehingga Anda perlu memahaminya secara satu per satu. Untuk membantu Anda dalam memahami 3 poin penting yang dimaksud tersebut, berikut penjelasan lengkapnya:

Baca Juga :  Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula
  • Komoditas Agri, yaitu sebuah komoditas yang terdiri dari hasil olah pertanian seperti biji-bijian, gandum, coklat, kapas, maupun gula. Dalam hal ini, produk-produk hasil pertanian tersebut akan memiliki harga yang dapat dipengaruhi oleh pasokan.
  • Komoditas Logam, yaitu sebuah komoditas yang terdiri dari hasil olah logam, dan dalam hal ini dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni logam berharga serta logam industri. Jika contoh logam berharga adalah emas dan perak, untuk contoh logam industri adalah tembaga.
  • Komoditas Energi, yaitu sebuah komoditas yang terdiri dari produk-produk hasil bumi seperti minyak dan juga gas. Dalam hal ini, produk-produk yang termasuk Komoditas Energi ini dapat berbentuk mentah maupun sudah diolah.

2. Financial Futures

Selain commodity futures, ada juga jenis financial futures dalam dunia trading ini. Pada dasarnya, financial futures ini diketahui akan mencakup index futures secara tepat, dengan beberapa di antaranya yang diperjualbelikan dalam kontrak futures resmi. Sebagai informasi tambahan, beberapa jenis index yang meliputi di dalamnya adalah:

  • Nasdaq100 Futures
  • S&P500 Futures
  • Nikkei225 Futures
  • DJIA Futures
  • Dan lain sebagainya

Selain itu, untuk memahami jenis kontrak futures ini secara lebih baik lagi, Anda bisa mencari tahu tentang apa kedua jenis karakteristik yang menyangkut di dalamnya tersebut, dan antara lain adalah:

  • Jenis komoditi yang akan diperjualbelikan
  • 2 minimal dan batas perubahan harga yang berlaku

Nantinya, format yang digunakan dalam pasar trading jenis ini adalah satuan rupiah per unit (ton, kg, dan gram). Kendati demikian, untuk harga yang meliputi di dalamnya akan memiliki jumlah minimal perubahan harga yang sedang berlaku.

futures trading
Futures trading

Tanya Jawab Seputar Futures Trading

Apa yang dimaksud dengan future trading?

Futures trading adalah salah satu jenis penanaman modal yang banyak dipilih oleh masyarakat di samping beberapa yang sudah populer, seperti investasi properti, saham,emas, dan investasi forex trading.

Baca Juga :  Berbagai Macam Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Apa yang dimaksud dengan futures?

Berdasarkan definisi, Kontrak Berjangka (Futures) adalah salah satu produk derivatif berbentuk kontrak yang mewajibkan para pihak untuk membeli atau menjual sejumlah underlying asset tertentu pada harga tertentu dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang.

Apa itu Future di crypto?

Bitcoin Futures adalah perdagangan Bitcoin dengan menggunakan kontrak atau perjanjian berjangka dalam membeli atau menjual aset di kemudian hari dengan harga yang telah ditentukan.

Apa perbedaan future dan forward?

Berbeda halnya dengan futures, yang merupakan kontrak standar dengan tanggal jatuh tempo yang bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Sementara forward diperdagangkan secara OTC, futures justru diperdagangkan melalui bursa dan transaksinya dapat diselesaikan setiap hari.

Apa yang dimaksud dengan perusahaan berjangka?

Dikutip dari situs Bappebti, pialang Berjangka adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka atas amanat nasabah dengan menarik sejumlah uang dan surat berharga tertentu sebagai margin atau jaminan untuk menjamin transaksi tersebut.

Berapa biaya Binance future?

Biaya Perdagangan (Trading Fees) di Binance Futures

Jika volume perdagangan dalam 30 hari terakhir mencapai 250 BTC atau lebih, dan saldo BNB di atas 50 BNB, trading fees di Binance Futures adalah 0,016% untuk maker dan untuk taker tetap sebesar 0,04%.

futures trading
Futures trading

Penutup

Melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa futures trading memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan aktivitas trading jenis lainnya. Dengan begitu, Anda bisa kembali mempertimbangkan apakah hendak bermain jenis trading ini atau tidak. Jika Anda memutuskan untuk memilih jenis trading yang satu ini, maka Anda harus bisa menyiapkan strategi yang tepat untuk melakukannya.