cara menggunakan qris

Cara Menggunakan QRIS: Panduan Lengkap untuk Pembayaran Digital

Pembayaran digital semakin menjadi trend di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satu bentuk pembayaran digital yang saat ini semakin populer adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). QRIS merupakan sebuah kode QR yang memudahkan proses pembayaran tanpa menggunakan uang tunai atau kartu debit/kredit.

Dalam menghadapi era digital, cara menggunakan QRIS menjadi semakin penting karena memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan QRIS dengan benar dan aman. Dengan membaca artikel ini, diharapkan pembaca dapat lebih memahami penggunaan QRIS dan dapat memanfaatkan layanan pembayaran digital dengan lebih efisien.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan yang lebih rinci tentang cara menggunakan QRIS, kita akan membahas pengertian QRIS dan keuntungan menggunakan QRIS. Dengan memahami pengertian dan keuntungan QRIS, kita dapat lebih memahami manfaat dan kemudahan menggunakan QRIS dalam transaksi sehari-hari.

cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS merupakan sebuah bentuk pembayaran digital yang menggunakan teknologi barcode untuk memfasilitasi proses pembayaran. Dalam cara menggunakan QRIS, pengguna cukup memindai kode QR yang tertera di tempat pembayaran menggunakan aplikasi mobile banking yang sudah mendukung QRIS. Proses pembayaran melalui QRIS ini sangat mudah dan cepat, karena pengguna tidak perlu membawa uang tunai atau kartu debit/kredit.

QRIS sendiri dikembangkan oleh Bank Indonesia dengan tujuan untuk mempercepat proses pembayaran dan memudahkan transaksi di Indonesia. Dalam cara menggunakan QRIS juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Mudah digunakan

QRIS sangat mudah digunakan karena pengguna hanya perlu memindai kode QR yang tertera di tempat pembayaran menggunakan aplikasi mobile banking yang sudah mendukung QRIS.

  • Aman

Pembayaran melalui QRIS dianggap lebih aman karena pengguna tidak perlu membawa uang tunai atau kartu debit/kredit yang dapat hilang atau dicuri.

  • Cepat

Proses pembayaran melalui QRIS juga sangat cepat, sehingga mempercepat transaksi dan mengurangi waktu antrian di kasir.

  • Bisa digunakan di mana saja

QRIS dapat digunakan di berbagai tempat pembayaran, seperti di toko, restoran, atau tempat lainnya yang menerima pembayaran dengan QRIS.

Dalam cara menggunakan QRIS, QRIS juga memiliki beberapa jenis, yaitu QRIS Statis dan QRIS Dinamis. QRIS Statis adalah jenis QRIS yang memiliki kode QR tetap yang dapat digunakan berulang kali untuk pembayaran. Sedangkan, QRIS Dinamis adalah jenis QRIS yang memiliki kode QR yang berbeda-beda setiap kali digunakan untuk pembayaran. Hal ini membuat QRIS Dinamis lebih aman dari ancaman kejahatan siber.

Dengan banyaknya keuntungan yang dimiliki oleh QRIS, semakin banyak bank dan aplikasi mobile banking yang sudah mendukung QRIS. Hal ini membuat penggunaan QRIS semakin mudah dan populer di Indonesia.

Baca Juga :  Penyebab Mengapa Biaya Polis Asuransi Mobil Mahal
cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Cara Menggunakan QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah sistem pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia. Berbeda dengan e-wallet seperti OVO dan GoPay yang memerlukan aplikasi terpisah, QRIS memungkinkan transaksi tanpa perlu aplikasi khusus. Dengan begitu, pembayaran digital semakin mudah dan cepat dilakukan. Terdapat cara menggunakan QRIS yang perlu dipahami. Cara menggunakan QRIS yaitu:

1. Siapkan aplikasi mobile banking yang mendukung QRIS

Pengguna harus memastikan bahwa aplikasi mobile banking yang digunakan sudah mendukung QRIS. Jika belum, pengguna dapat memperbarui aplikasi atau mengunduh aplikasi mobile banking yang sudah mendukung QRIS.

2. Pilih metode pembayaran QRIS pada aplikasi mobile banking

Pengguna harus memilih metode pembayaran QRIS pada aplikasi mobile banking yang digunakan. Biasanya, metode pembayaran QRIS dalam cara menggunakan QRIS ini terletak di bagian menu pembayaran atau transfer.

3. Pindai kode QR pada tempat pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran dalam cara menggunakan QRIS pada aplikasi mobile banking, pengguna harus memindai kode QR yang tertera di tempat pembayaran menggunakan aplikasi mobile banking. Pastikan kode QR yang dipindai sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

4. Masukkan jumlah pembayaran

Setelah memindai kode QR, pengguna harus memasukkan jumlah pembayaran yang sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Pastikan jumlah pembayaran sudah benar sebelum melakukan pembayaran.

5. Konfirmasi pembayaran

Setelah memasukkan jumlah pembayaran, pengguna harus mengkonfirmasi pembayaran pada aplikasi mobile banking. Pastikan bahwa data transaksi sudah benar sebelum melakukan konfirmasi pembayaran.

6. Selesai

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, proses pembayaran selesai dan pengguna akan menerima notifikasi pembayaran yang berhasil dilakukan. Pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti transaksi.

Penting untuk diingat bahwa dalam cara menggunakan QRIS, pengguna harus memastikan bahwa kode QR yang dipindai benar-benar milik tempat pembayaran yang dituju. Jangan memindai kode QR yang tidak diketahui asal-usulnya karena bisa saja mengarah pada transaksi yang tidak sah atau penipuan. Selain itu, pastikan juga bahwa jumlah pembayaran sudah benar sebelum melakukan konfirmasi pembayaran.

cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Tips Menggunakan QRIS dengan Aman

Selain cara menggunakan QRIS yang perlu dipahami kami akan memberikan Tips Menggunakan QRIS dengan Aman:

1. Unduh aplikasi mobile banking resmi

Pastikan bahwa aplikasi mobile banking yang digunakan adalah aplikasi resmi dari bank atau penyedia layanan keuangan yang terpercaya. Jangan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau mencurigakan karena bisa saja aplikasi tersebut berisi malware atau virus yang dapat membahayakan keamanan data pengguna.

2. Verifikasi data transaksi

Sebelum melakukan pembayaran melalui QRIS, pastikan bahwa data transaksi sudah benar dan sesuai dengan transaksi yang akan dilakukan. Periksa dengan teliti jumlah pembayaran, nama dan nomor rekening penerima, serta informasi lainnya yang tertera pada kode QR.

3. Jangan membagikan informasi pribadi

Jangan membagikan informasi pribadi seperti nomor PIN atau nomor rekening kepada siapapun, termasuk kepada pihak yang meminta informasi tersebut melalui telepon atau pesan teks. Biasanya, pihak yang tidak bertanggung jawab akan meminta informasi pribadi dengan alasan untuk memverifikasi transaksi atau memberikan promo.

4. Gunakan QRIS Dinamis

Jika memungkinkan, gunakan QRIS Dinamis yang memiliki kode QR yang berbeda-beda setiap kali digunakan. Hal ini membuat transaksi lebih aman dari ancaman kejahatan siber seperti skimming atau phishing.

5. Simpan bukti pembayaran

Setelah melakukan pembayaran melalui QRIS, pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti transaksi. Jangan menyebarkan bukti pembayaran kepada pihak yang tidak dikenal atau mencurigakan karena bisa saja digunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal lainnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, pengguna dapat mengetahui cara menggunakan QRIS dengan lebih aman dan terhindar dari risiko keamanan yang mungkin terjadi. Selalu ingat untuk selalu waspada dan teliti dalam melakukan transaksi keuangan secara digital.

Baca Juga :  Cara Beli Apartemen yang Tepat Untuk Pemula
cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Keuntungan Menggunakan QRIS

Keuntungan cara menggunakan QRIS:

  • Praktis dan Mudah

QRIS membuat proses pembayaran menjadi lebih praktis dan mudah karena hanya dengan scan kode QR, transaksi pembayaran dapat dilakukan. Pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai atau membuka aplikasi mobile banking untuk melakukan transfer.

  • Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

Dengan cara menggunakan QRIS, pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar yang dapat membahayakan keamanan. Sebagai gantinya, pengguna dapat membawa ponsel pintar yang sudah terhubung dengan aplikasi mobile banking atau e-wallet.

  • Transaksi Lebih Cepat

Proses pembayaran melalui QRIS jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan uang tunai atau kartu kredit. Pengguna hanya perlu melakukan scan kode QR dan transaksi pembayaran akan selesai dalam waktu yang singkat.

  • Lebih Aman

Cara menggunakan QRIS juga lebih aman dibandingkan dengan pembayaran menggunakan uang tunai atau kartu kredit karena transaksi dilakukan secara digital dan kode QR yang digunakan bersifat unik dan sulit untuk dipalsukan.

  • Bisa Digunakan di Berbagai Tempat

QRIS dapat digunakan di berbagai tempat seperti restoran, minimarket, atau bahkan di toko-toko kecil yang biasanya tidak menyediakan mesin EDC. Dengan QRIS, pengguna dapat melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja.

  • Tidak Ada Biaya Transaksi

Biasanya, pengguna tidak dikenakan biaya transaksi ketika menggunakan QRIS. Hal ini membuat pengguna tidak perlu membayar biaya tambahan saat melakukan transaksi.

Dengan keuntungan-keuntungan yang dimiliki oleh QRIS, tidak heran jika semakin banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan metode pembayaran ini. Dengan cara menggunakan QRIS ini membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, aman, dan praktis.

cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Bagaimana Cara Membaca QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah standar kode QR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah proses transaksi pembayaran secara digital.

Dalam cara menggunakan QRIS, untuk membaca QRIS, pengguna perlu memiliki aplikasi pembayaran digital seperti e-wallet atau aplikasi mobile banking yang sudah terintegrasi dengan QRIS. Kemudian, pengguna dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk membaca QRIS:

  • Buka aplikasi pembayaran digital yang sudah terintegrasi dengan QRIS.
  • Pilih opsi “Scan QRIS” atau “Bayar dengan QRIS” di dalam aplikasi.
  • Arahkan kamera smartphone Anda ke arah kode QR yang terdapat pada merchant atau penjual.
  • Tunggu beberapa detik hingga aplikasi dapat membaca kode QR tersebut.
  • Setelah aplikasi berhasil membaca kode QR, informasi transaksi akan muncul di layar ponsel Anda.
  • Periksa informasi transaksi dengan cermat sebelum menyelesaikan proses pembayaran.

Jika informasi transaksi sudah sesuai, pengguna dapat menyelesaikan proses pembayaran dengan mengkonfirmasi transaksi di aplikasi pembayaran digital. Setelah proses pembayaran selesai, pengguna akan menerima notifikasi pembayaran sukses dari aplikasi.

Dalam cara menggunakan QRIS, membaca QRIS sangat mudah dan cepat, sehingga semakin banyak pengguna yang beralih ke metode pembayaran digital ini. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti diskon atau cashback dari aplikasi pembayaran digital yang digunakan.

Bayar QRIS Minimal Berapa?

Bayar dengan QRIS tidak memiliki nilai transaksi minimal atau maksimal yang ditentukan. Namun, nilai transaksi QRIS dapat berbeda-beda tergantung dari masing-masing merchant atau penjual.

Beberapa merchant atau penjual menerapkan nilai transaksi minimal saat pembayaran menggunakan QRIS. Nilai transaksi minimal ini biasanya ditetapkan untuk menghindari biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak bank atau provider layanan pembayaran digital.

Sebagai contoh, beberapa merchant atau penjual menetapkan nilai transaksi minimal sebesar Rp10.000 atau Rp20.000 saat pembayaran menggunakan cara menggunakan QRIS. Namun, terdapat juga merchant atau penjual yang tidak menetapkan nilai transaksi minimal, sehingga pengguna bisa melakukan pembayaran dengan nominal berapa pun.

Untuk memastikan nilai transaksi minimal pada merchant atau penjual tertentu, pengguna dapat memeriksa informasi terkait di aplikasi pembayaran digital yang digunakan. Selain itu, pengguna juga perlu memperhatikan informasi terkait biaya administrasi atau potongan yang dikenakan pada saat pembayaran dengan cara menggunakan QRIS.

Baca Juga :  Contoh Financial Planning Pribadi yang Dapat Anda Terapkan dengan Mudah

Meskipun tidak ada nilai transaksi minimal untuk pembayaran menggunakan QRIS, pengguna tetap perlu memperhatikan batas maksimal transaksi yang ditetapkan oleh pihak bank atau provider layanan pembayaran digital. Biasanya, batas maksimal transaksi QRIS ditetapkan sebesar Rp10 juta atau Rp25 juta per transaksi, tergantung dari masing-masing bank atau provider layanan pembayaran digital.

cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Aplikasi Apa Saja Yang Bisa Pakai QRIS?

QRIS merupakan standar kode QR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah proses transaksi pembayaran secara digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak aplikasi pembayaran digital yang mendukung cara menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran.

Beberapa aplikasi pembayaran digital yang sudah terintegrasi dengan QRIS diantaranya adalah:

1. OVO

OVO adalah salah satu aplikasi pembayaran digital yang paling populer di Indonesia. OVO mendukung pembayaran dengan cara menggunakan QRIS pada berbagai merchant atau penjual yang sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

2. GoPay

GoPay adalah aplikasi pembayaran digital yang terintegrasi dengan Gojek, platform ride-hailing dan layanan delivery terkemuka di Indonesia. GoPay mendukung pembayaran menggunakan QRIS pada berbagai merchant atau penjual yang sudah bekerjasama dengan Gojek.

3. LinkAja

LinkAja adalah aplikasi pembayaran digital yang dikeluarkan oleh Telkomsel, salah satu provider layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. LinkAja mendukung pembayaran menggunakan QRIS pada berbagai merchant atau penjual yang sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

4. DANA

DANA adalah aplikasi pembayaran digital yang terintegrasi dengan berbagai merchant atau penjual di Indonesia. DANA mendukung pembayaran dengan cara menggunakan QRIS pada merchant atau penjual yang sudah bekerjasama dengan aplikasi tersebut.

5. Jenius

Jenius adalah aplikasi mobile banking yang dikeluarkan oleh Bank BTPN. Jenius mendukung pembayaran menggunakan QRIS pada berbagai merchant atau penjual yang sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

Selain itu, terdapat juga aplikasi pembayaran digital lainnya seperti ShopeePay, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi yang sudah mendukung penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran. Pengguna dapat memilih aplikasi pembayaran digital yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Tanya Jawab Seputar Cara Menggunakan QRIS

Apakah semua aplikasi mobile banking mendukung QRIS?

Tidak semua aplikasi mobile banking mendukung QRIS. Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi mobile banking yang kamu gunakan sudah mendukung QRIS.

Apakah QRIS hanya bisa digunakan untuk pembayaran di dalam negeri?

Saat ini, QRIS hanya bisa digunakan untuk pembayaran di dalam negeri. Namun, dalam waktu dekat, QRIS juga akan bisa digunakan untuk pembayaran internasional.

Apakah pengguna harus membayar biaya tambahan saat menggunakan QRIS?

Biasanya, pengguna tidak perlu membayar biaya tambahan saat menggunakan QRIS. Namun, pastikan untuk mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku di aplikasi mobile banking kamu.

Apakah QRIS lebih aman dibandingkan membayar dengan uang tunai?

Ya, QRIS lebih aman dibandingkan membayar dengan uang tunai. Dalam pembayaran dengan QRIS, pengguna tidak perlu membawa uang tunai atau kartu debit/kredit, sehingga risiko kehilangan atau pencurian uang lebih kecil.

Bagaimana cara mengetahui apakah merchant atau pedagang tersebut menerima pembayaran dengan QRIS?

Biasanya, merchant atau pedagang yang menerima pembayaran dengan QRIS akan menempatkan kode QR di tempat yang mudah terlihat, seperti di kasir atau meja penjualan. Jika tidak yakin, tanyakan kepada petugas di merchant atau pedagang tersebut apakah menerima pembayaran dengan QRIS.

cara menggunakan qris
Cara menggunakan QRIS

Kesimpulan

Dalam dunia yang semakin digital, QRIS menjadi salah satu metode pembayaran yang semakin populer di Indonesia. Dengan cara menggunakan QRIS, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.

Proses pembayaran melalui QRIS sangat mudah karena hanya perlu melakukan scan kode QR yang tersedia pada merchant atau penjual. Selain itu, pengguna tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar yang dapat membahayakan keamanan, cukup membawa ponsel pintar yang sudah terhubung dengan aplikasi mobile banking atau e-wallet.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu khawatir dengan keamanan karena QRIS bersifat unik dan sulit untuk dipalsukan. Selain itu, QRIS juga tidak dikenakan biaya transaksi sehingga pengguna tidak perlu membayar biaya tambahan saat melakukan transaksi.

Dengan semua keuntungan yang dimiliki oleh QRIS, tidak heran jika semakin banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan metode pembayaran ini. Semoga cara menggunakan QRIS ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin melakukan transaksi pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.