cara membuka blokir atm tanpa ke bank

Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank, Praktis dan Mudah

Cara membuka blokir ATM tanpa ke bank bisa dilakukan sendiri secara mudah, lho. Anda tidak perlu lagi mengantri dan menunggu giliran di kantor cabang. Hanya dengan smartphone atau perangkat lainnya yang mendukung, kartu ATM Anda yang terblokir bisa digunakan lagi.

Bukan tidak beralasan, tentunya pihak Bank akan melakukan pemblokiran pada kartu ATM jika Anda sebagai nasabah, salah memasukkan nomor PIN hingga tiga kali. Tujuannya adalah untuk mengamankan kartu ATM Anda dari upaya penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Penyebab lain kartu ATM Anda diblokir yaitu karena rekening milik Anda mengalami kondisi tertentu sehingga pihak bank kemudian memblokirnya. Selain itu, bisa jadi juga karena ada pihak lain yang ingin mencoba menggunakan kartu ATM Anda dan mengalami kesalahan saat memasukan nomor PIN.

Walaupun bersifat rahasia, bukan tidak mungkin jika kartu ATM Anda dapat dibobol dan dimanfaatkan oleh orang yang berniat jahat. Meski begitu, bank juga menyediakan beberapa metode yang dapat Anda coba untuk membuka blokir atm tanpa ke bank dan dapat dilakukan secara mandiri.

Hal tersebut tentunya untuk memudahkan Anda agar bisa membuka pemblokiran kartu ATM di tengah-tengah kesibukan atau tidak bisa datang ke kantor cabang. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan hanya dengan smartphone saja.

Baca Juga :  Kenali Istilah Asuransi Berikut Pada Kehidupan Anda
cara membuka blokir atm tanpa ke bank
Cara membuka blokir atm tanpa ke bank

Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank

Saat kartu ATM Anda tidak dapat digunakan maka bisa saja kartu ATM tersebut terblokir, hal ini mungkin menyebabkan Anda akan merasa sedikit syok. Lalu, bagaimana ciri-ciri ATM yang terblokir ini? Berikut adalah penjelasannya.

  • Anda tidak bisa melakukan transaksi lewat mesin ATM.
  • Anda akan ditolak saat mencoba melakukan transaksi lewat mesin ATM.
  • Pada layar ATM akan muncul informasi penolakan bahwa ATM Anda terblokir dan harus menghubungi call center terlebih dahulu, atau kartu Anda salah PIN, bisa juga sudah melampaui batas saat memasukan nomor PIN, dan transaksi tidak berhasil.

Lalu bagaimana cara membuka blokir atm tanpa ke bank? Anda tidak perlu khawatir lagi, siapkan beberapa dokumen Anda dan kronologi kejadian, sebelum mengikuti beberapa langkah-langkahnya.

Berikut adalah cara membuka blokir atm tanpa ke bank. Simak uraian lengkapnya berikut ini, ya!

1. Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank dengan Menghubungi Layanan Call Center

Ketika Anda menerima pemberitahuan jika kartu anda telah terblokir, Anda bisa menghubungi layanan call center. Cara ini adalah yang paling mudah, karena Anda bisa langsung menelepon pada nomor layanan call center yang ada di mesin ATM Anda.

Setelah menghubungkan kepada customer service dari bank tempat Anda menabung, maka Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data atau identitas. Selain itu, Anda juga biasanya akan diberikan beberapa pertanyaan yang wajib Anda jawab, seperti penyebab kartu ATM Anda terblokir, atau penyebab kartu ATM Anda hilang.

Berikut ini adalah beberapa nomor layanan call center Bank BUMN atau Swasta di Indonesia yang dapat dihubungi sebagai cara membuka blokir atm tanpa ke bank.

Baca Juga :  Cara Menyediakan Pelayanan Pelanggan yang Baik untuk Toko Online

Bank Rakyat Indonesia (BRI): 14017

Bank Negara Indonesia (BNI) 1500046

Bank Mandiri: 14000

Bank Tabungan Negara (BTN): 1500286

Bank Central Asia (BCA): 1500888

Bank CIMB Niaga: 14041

Bank Permata: 1500-111

Bank Panin: 1500-678 atau 60678

cara membuka blokir atm tanpa ke bank
Cara membuka blokir atm tanpa ke bank

2. Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank Menggunakan SMS Banking

Berikut ini adalah cara membuka blokir kartu ATM dari salah satu Bank BUMN, yaitu Bank BRI melalui SMS Banking. Sebelum mengirimnya, Anda tentunya harus mengetahui bagaimana format SMS untuk membuka blokir ATM tersebut. Berikut adalah formatnya

Ketik: HEL (spasi) KARTU (spasi) ON (spasi) PIN SMS BANKING

Setelah itu Anda bisa mengirimkan pesan tersebut ke nomor 3300

Tunggulah hingga beberapa saat kemudian, Anda akan mendapatkan balasan SMS pemberitahuan mengenai pengaktifan kartu ATM Anda jika sudah berhasil. Setelah itu, lakukan pengecekan dan cobalah dengan melakukan transaksi menggunakan kartu ATM tersebut. Cara membuka blokir atm tanpa ke bank cukup mudah, bukan?

Salah satu hal yang perlu Anda catat adalah PIN yang digunakan pada format SMS adalah PIN SMS Banking dan bukan PIN ATM. Kecuali pada saat melakukan registrasi SMS Banking, PIN yang digunakan memang sengaja disamakan dengan PIN ATM milik Anda.

cara membuka blokir atm tanpa ke bank
Cara membuka blokir atm tanpa ke bank

3. Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya untuk membuka blokir kartu ATM adalah menggunakan aplikasi di play store. Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda sudah mengunduhnya terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuka blokir ATM tanpa ke Bank melalui aplikasi Halo BCA.

  • Bukalah terlebih dahulu Aplikasi Halo BCA milik Anda.
  • Lalu, pilihlah jenis layanan “Call” kemudian pilih pada menu “Perbankan”.
  • Tunggulah beberapa saat hingga terhubung dengan customer service Halo BCA.
  • Anda bisa menginformasikan kendala yang dialami, seperti saat salah menginput nomor PIN ATM.
  • Pastikan jika Anda mengingat PIN lama dadi Kartu ATM Anda.
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data dan juga identitas.
  • Jika data-data yang diminta sudah dianggap sesuai, maka petugas Halo BCA kemudian akan membuka blokir ATM Anda dan mereset ulang kesalahan yang terjadi pada nomor PIN Kartu ATM Anda.
  • Jika sudah selesai, maka Kartu ATM Anda sudah bisa digunakan lagi.
Baca Juga :  Peran Penting Penerjemah Tersumpah Dalam Legalisasi Dokumen

Kartu ATM merupakan salah satu hal bersifat pribadi dan juga rahasia yang informasinya tidak bisa disebarkan secara sembarangan. Oleh karena itu, saat menggunakannya juga harus berhati-hati agar kartu ATM Anda tidak terblokir.

cara membuka blokir atm tanpa ke bank
Cara membuka blokir atm tanpa ke bank

Tanya Jawab Seputar Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank

Buka blokir ATM bawa apa saja?

Buka Kembali ATM Terblokir Lansung ke Bank Kartu Penerbit

Pembukaan blokir dengan mendatangi bank terjadi biasanya jika kartu ATM Anda tertelan atau lupa kode pin. Untuk membuka kartu yang terblokir, kamu membutuhkan beberapa dokumen seperti: Buku tabungan. KTP.

Apakah bisa buka blokir ATM tanpa ke bank?

Cara membuka blokir ATM lewat layanan Call Center

Pada mesin ATM, nasabah bisa langsung menelepon Call Center yang tertera. Saat menggunakan cara membuka blokir ATM lewat Call Center, nasabah akan diminta verifikasi identitas dan tempat kartu ATM hilang.

Berapa lama proses ATM terblokir?

Anda akan diminta melakukan verifikasi dengan memberikan sejumlah data. Setelah itu, proses pembukaan ATM yang terblokir bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 jam. Namun apabila ATM Anda terblokir karena tertelan dalam mesin, maka Anda harus datang ke kantor cabang bank yang berada di dekat lokasi Anda.

Apakah bisa diwakilkan mengurus ATM yang terblokir?

Pengajuan PIN Kartu ATM yang terblokir hanya bisa dilakukan oleh pemilik rekening dan tidak dapat diwakilkan.

Apakah saldo blokir bisa diambil?

Saldo yang diblokir akan dibekukan oleh pihak bank sehingga tidak akan terlihat di buku tabungan maupun di layar mesin ATM saat transaksi. Namun, saldo tersebut aman dan tetap bisa digunakan sesuai ketentuannya.

Penutup

Demikian informasi mengenai cara membuka blokir ATM tanpa ke bank. Semoga informasi tersebut bisa membantu dan dapat dijadikan sebagai referensi saat Anda mengalami pemblokiran kartu ATM Anda.