cara membuat novel untuk pemula

Cara Membuat Novel Untuk Pemula Dengan Mudah Beserta Contohnya

Novel adalah sebuah bentuk sastra yang terdiri dari kumpulan karangan fiksi dengan berbagai alur cerita yang ditulis oleh seorang penulis. Novel biasanya memiliki jumlah halaman yang lebih banyak daripada cerita pendek atau puisi. Jika Anda ingin membuat sebuah novel, Anda perlu mengetahui cara membuat novel untuk pemula dengan benar.

Novel menceritakan tentang kehidupan manusia, perjalanan mereka, konflik, mimpi, persahabatan, dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Novel menggunakan konflik, dialog, dan tokoh untuk menyajikan aksi yang berkelanjutan. Novel memberi kita kesempatan untuk masuk ke dalam dunia tokoh dan menemukan perspektif baru tentang masalah-masalah yang ada dalam kehidupan kita. Simak penjelasan tentang cara membuat novel untuk pemula dibawah ini.

cara membuat novel untuk pemula
Cara membuat novel untuk pemula

Jenis-Jenis Novel

Novel biasanya berisi cerita fiksi atau kisah nyata. Cerita dalam novel biasanya berisi karakter-karakter dengan plot yang rumit, tempat, dan situasi-situasi yang menghibur. Novel juga sering mengandung unsur-unsur seperti tema, simbol, dan latar belakang budaya dan sosial. Dalam cara membuat novel untuk pemula, Anda dapat mengetahui dan menentukan jenis novel yang akan Anda buat. Berikut jenis-jenis novel:

Novel Fiksi

Novel fiksi adalah jenis novel yang menceritakan kisah yang diciptakan sepenuhnya oleh pengarang. Novel-novel fiksi biasanya mengandung unsur-unsur seperti petualangan, fantasi, misteri, dan drama. Novel-novel fiksi dapat dibagi menjadi sub-genre-genre seperti fiksi sains, fiksi fantasi, fiksi romantis, dan fiksi historis. Novel-novel fiksi dapat menjadi sebuah jalan untuk menyelami pikiran manusia dan menjelajahi topik-topik seperti eksplorasi diri, konflik, dan perjuangan.

Novel Non Fiksi

Novel kisah nyata adalah sejenis novel yang menggambarkan cerita yang benar-benar terjadi. Novel-novel ini biasanya berdasarkan kisah nyata orang-orang yang mengalami kehidupan yang istimewa, tragedi, atau pengalaman luar biasa. Novel kisah nyata dapat berupa biografi, memoir, atau penceritaan faktual yang berdasarkan kisah nyata.

Baca Juga :  Era Mobil Listrik : Transformasi Besar Industri Otomotif

Selain novel fiksi dan non fiksi, terdapat pula jenis-jenis novel lainnya seperti novel klasik, novel fantasi, novel horor, novel misteri, novel komedi, novel aksi, novel romance dan novel petualangan.

cara membuat novel untuk pemula
Cara membuat novel untuk pemula

Langkah menulis novel bagi pemula

Dalam cara membuat novel untuk pemula, terdapat langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menulis novel. Agar penulisan novel dapat berjalan dengan baik sampai novel Anda terbit. Berikut langkah-langkah menulis novel bagi pemula.

1. Tentukan Genre dan Tema – Dalam cara membuat novel untuk pemula, Anda harus memutuskan genre novel yang akan Anda tulis dan tema yang akan Anda abadikan. Ini akan memberi Anda pandangan yang lebih jelas tentang novel yang Anda ingin tulis.

2. Buat Sinopsis – Sinopsis merupakan bagian penting dari cara membuat novel untuk pemula yang akan Anda tulis. Ini adalah konsep keseluruhan novel yang Anda inginkan dan akan membantu Anda mengatur struktur dan alur cerita.

3. Buat Karakter dan Latar Belakang – Cara membuat novel untuk pemula berikutnya yaitu setelah Anda memiliki sinopsis yang jelas, mulailah menciptakan karakter yang akan menjadi pemain utama dalam novel Anda. Buat latar belakang karakter untuk membantu membangun cerita.

4. Buat Plot dan Subplot – Sekarang, Anda harus membangun plot utama dan subplot untuk novel Anda. Plot utama adalah konflik utama novel Anda dan subplot adalah konflik yang terkait dengan plot utama.

5. Mulai Menulis – Setelah Anda siap, cara membuat novel untuk pemula berikutnya yaitu mulailah menulis novel Anda. Jangan lupa untuk menyelipkan dialog, deskripsi, dan perasaan karakter.

6. Edit dan Polishing – Setelah Anda menyelesaikan novel Anda, Anda harus mengedit dan menyelamatkannya. Ini akan memastikan bahwa novel Anda benar-benar sempurna dan juga membantu Anda mengurangi kesalahan pada novel Anda.

7. Cetak dan terbitkan. Setelah selesai, cetak novel Anda dan terbitkan di toko buku atau di internet. Anda juga dapat mengirimkannya ke penerbit untuk dipublikasikan.

Selain langkah dalam cara membuat novel untuk pemula, di dalam pembuatan novel juga terdapat susunan naskah novel. Berikut susunan naskah novel yang dapat Anda ketahui.

Baca Juga :  Intel vs AMD : Kisah Rivalitas 50 tahun yang Sarat Pelajaran
cara membuat novel untuk pemula
Cara membuat novel untuk pemula

Susunan Naskah Novel

Dalam cara membuat novel untuk pemula ini, naskah novel biasanya terdiri dari beberapa bagian, di antaranya:

1. Judul: Bagian ini berisi judul novel.

2. Sinopsis: Bagian ini berisi ringkasan novel.

3. Bab: Bagian ini mencakup semua bab dalam novel.

4. Karakter: Bagian ini berisi deskripsi dan latar belakang semua karakter utama dan pendukung.

5. Plot: Bagian ini berisi alur cerita novel.

6. Seting: Bagian ini berisi informasi tentang seting tempat dan waktu yang akan digunakan dalam novel.

7. Konflik: Bagian ini berisi penjelasan tentang konflik inti yang ditangani oleh karakter dalam novel.

8. Tema: Bagian ini berisi tema utama yang diangkat dalam novel.

9. Dialog: Bagian ini berisi dialog antar karakter yang digunakan untuk menyampaikan alur cerita.

10. Narasi: Bagian ini berisi narasi yang digunakan untuk menggambarkan setiap adegan dan menghubungkan dialog-dialog antar karakter.

cara membuat novel untuk pemula
Cara membuat novel untuk pemula

Kaidah Penulisan Novel

Kaidah-kaidah penulisan novel tergantung pada jenis novel yang akan ditulis. Namun, dalam cara membuat novel untuk pemula secara umum terdapat beberapa kaidah umum yang harus diikuti oleh penulis novel, yang meliputi:

1. Penggunaan penyebutan nama yang tepat: gunakan nama yang unik dan memungkinkan pembaca untuk mengingat karakter-karakter yang ada dalam novel.

2. Penggunaan tata bahasa yang tepat: gunakan tata bahasa yang tepat dan sesuai dengan konteks penulisan.

3. Penggunaan plot yang kuat: gunakan plot yang kuat untuk menjaga kesinambungan cerita dan mempertahankan minat pembaca.

4. Penggunaan alur cerita yang jelas: gunakan alur cerita yang jelas untuk memudahkan pembaca mengikuti cerita dan menghindari rasa bingung.

5. Penggunaan gaya bahasa yang kuat: gunakan gaya bahasa yang kuat untuk menjaga minat pembaca dan menggambarkan tokoh dan setting dengan baik.

6. Penggunaan detail penunjang yang tepat: gunakan detail penunjang yang tepat untuk membuat setting yang menarik dan menggambarkan tokoh dengan baik.

Baca Juga :  Strategi Dibalik Penutupan Giant Hypermarket dan Matahari Department Store

7. Penggunaan dialog yang kuat: gunakan dialog yang kuat untuk menciptakan karakter yang meyakinkan dan menarik.

8. Penggunaan penutup yang memuaskan: gunakan penutup yang memuaskan untuk menutup cerita dengan baik dan membuat pembaca merasa puas.

cara membuat novel untuk pemula
Cara membuat novel untuk pemula – Novel “Bila Sedih Agni Bernyanyi

Novel Best Seller Bila Sedih Agni Bernyanyi

Novel Bila Sedih Agni Bernyanyi berdasar kisah nyata Afni, gadis tangguh dari Manggarai, NTT yang begitu tabah merawat ayah, ibu dan paman yang terkena gangguan jiwa. Afni dan ketiga adiknya berjuang dan terus bertahan sambil terus mengejar mimpi dengan segala keterbatasanya. Novel ini mengajarkan kita untuk tetap kuat, selalu bersyukur karena setiap cobaan mampu kita lewati asalkan kita tabah menjalaninya.

Setiap bab di novel ini ada cerita berbeda, tentang Mara dan petualangannya, Lucas si pemilik kaki terkuat, Yeva seniman kecil yang selalu menghibur Mama bahkan saat Mama hanya termangu tanpa merespon. Ketiganya adalah adik Agni yang bahu-membahu melakukan apa saja demi menjaga keluarga mereka. Agni yang tak pernah patah semangat, ia menyanyi bila sedih. Suaranya seindah nyanyian peri, memukau siapa saja yang mendengarnya, ia ingin terus bernyanyi biarpun teman sekolahnya membully dan mengejeknya.

Cobaan demi cobaan membuat hidup mereka semakin sulit. Ada saat di mana tak ada pilihan lain selain menyerah. Namun Agni dan ketiga adiknya berjuang untuk kuat, mereka percaya bahwa mereka berempat di lahirkan ke dunia untuk membawa pesan, bahwa sekeras apapun ombak menghantam, sekuat apapun badai menerpa, mereka yang makan dari pengorbanan Tonu Wujo, mengalir darah putri laut di nadi mereka, memang di takdirkan untuk menanggung semua cobaan agar pelangi yang menanti di ujung jalan semakin indah di gapai.

cara membuat novel untuk pemula
Cara membuat novel untuk pemula – Novel “Bila Sedih Agni Bernyanyi

Kisah luar biasa ini layak kalian baca agar kalian memandang hidup dengan cara berbeda setelahnya.

Novel ini tersedia di Shopee, Tokopedia, Google Play Store dan Gramedia Digital dengan judul: “Bila Sedih Agni Bernyanyi”

Anda bisa memesan buku ini di: https://linktr.ee/bukuagni

atau bisa hubungi IG penulis: @annisasetya25

Demikian cara membuat novel untuk pemula beserta contoh novel menarik yang dapat Anda nikmati.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat!