cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps Dengan Cepat Dan Mudah

Untuk meningkatkan ranking nama toko atau usaha anda di Google, anda dapat menggunakan sejumlah fitur-fitur menarik di Google Bisnisku. Program ini akan menolong anda untuk mengurus usaha anda agar lebih gampang dicari dan ditemukan oleh customer. Ada banyak cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps yang bisa anda terapkan untuk usaha atau bisnis anda. Simak informasinya di artikel berikut.

cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Seputar Info Tentang Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah salah satu aplikasi yang gratis untuk menolong anda dalam memasukkan usaha anda ke beragam produk Google seperti laman search/pencarian dan Google Maps. Google Bisnisku bisa menolong calon konsumen setia anda untuk dengan mudah menemukan lokasi usaha anda. Maka cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps ini wajib anda lakukan.

Jika suatu bisnis telah sukses diverifikasi oleh Google, maka usaha tersebut mempunyai kesempatan dua kali lebih besar untuk dianggap reputasi dan popularitasnya oleh konsumen. Calon customer akan memperoleh beragam info yang mereka perlukan terkait usaha anda, sehingga usaha anda akan semakin berkembang.

Dimulai dari alamat lokasi usaha, nomor telepon yang dapat dikontak, situs atau website, dan beberapa produk maupun jasa yang dipasarkan. Beragam pembahasan maupun ulasan dari pemakai yang pernah menjadi customer anda akan menambah tingkat keyakinan calon konsumen setia baru pada toko atau usaha anda tersebut.

cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Manfaat Dari Google Bisnisku

Banyak hasil yang dapat anda peroleh jika anda bisa memaksimalkan fitur-fitur gratis dari aplikasi Google Bisnisku yang merupakan salah satu produk dari Google ini. Berikut manfaat-manfaatnya:

  1. Membangun hubungan dan berinteraksi dengan konsumen setia
Baca Juga :  Pentingnya Laporan Aset Perusahaan dan Cara Membuatnya

Anda bisa membuat engagement dengan konsumen setia dengan membuat interaksi. Berikut beberapa cara yang dapat anda jalankan, yakni:

  • Posting foto-foto produk yang anda jual maupun foto bisnis anda
  • Lakukan pengecekan testimoni atau komentar dari pelanggan anda
  • Tanggapi setiap testimoni atau ulasan yang diberikan oleh pelanggan anda dengan baik
  1. Memberikan info yang tepat dan akurat sesuai terkait dengan usaha anda

Google wajib melakukan inspeksi atau peninjauan terlebih dulu pada alamat usaha yang anda daftarkan sebelumnya sampai akhirnya dapat diverifikasi. Hingga detail alamat dan kontak yang tertera dalam Google Bisnisku bisa dipastikan telah sesuai dan akurat.

Berikan informasi dengan detail terkait semua info yang diperlukan oleh pengguna mulai dari jam operasional, nomor telephone, website, dan lokasi atau penanda tempat tertentu. Pakai aplikasi mobile dari smartphone anda supaya anda dapat selalu update kapan saja dan dimana saja.

  1. Menarik konsumen setia baru

Bila usaha telah tercatat di Google Bisnisku, maka saat ada pemakai yang menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang sesuai dengan usaha anda, maka usaha anda tersebut akan dengan mudah dapat ditemukan oleh pelanggan anda. Dengan demikian bisnis anda akan dengan mudah ditemukan oleh pelanggan setia anda. Supaya usaha anda dapat terlihat dapat percaya dan kredibel di mata pelanggan, janganlah lupa arahkan pelanggan setia anda ke situs anda. Bisnis yang kredibel biasanya memiliki situs website yang terkait dengan bisnis tersebut.

Rencanakan untuk memakai iklan berbasiskan lokasi lewat program advertise Google Ads supaya Anda dapat memperoleh capaian audience yang semakin besar dan luas. Makin luas capaian audience, maka semakin banyak kesempatan yang anda miliki untuk meningkatkan sales anda.

Cara Mengelola Usaha Atau Bisnis Melalui Online Marketing

Dalam cara menambahkan lokasi bisnis di google maps, Google Bisnisku adalah alat yang bisa menolong anda untuk peningkatan yang lebih baik bagi usaha anda. Banyak langkah untuk mengurus usaha lewat internet terutama melalui Google. Berikut cara-cara online marketing yang dapat anda maksimalkan di Google, diantaranya adalah:

Baca Juga :  Investasi Rendah Risiko, Cocok Bagi Investor Pemula!

1. SEM (Search Engine Marketing)

Program Search Engine Marketing bisa dimaksimalkan lewat iklan yang anda terapkan untuk dapat muncul pada hasil pencarian. Anda dapat menerapkan iklan pada SEM untuk memaksimalkan jangkauan bisnis anda. Program advertising online yang dimaksud tersebut dinamakan Google Ads. Buatlah materi iklan yang bagus dan menarik sebelum anda mendaftarkannya ke Google Ads.

2. Google Bisnisku

Program gratis yang ini walaupun tidak dipungut biaya oleh google, namun bukan berarti hasilnya tidak optimal. Google Bisnisku akan menjaga hasil lokal yang nantinya akan ditampilkan dalam situs pencarian dan Maps.

Google Bisnisku akan disesuaikan dengan area cakupan grafis tertentu hingga yang umumnya akan ditampilkan oleh Maps ialah usaha yang tempatnya terdekat dengan anda. Hasilnya pasti akurat dan sesuai bila semakin banyak pengunjung yang menemukan toko atau usaha anda di Google Maps.

cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

3. Optimalisasi SEO (Search Engine Optimization)

Teknik SEO akan menolong usaha maupun website anda agar semakin mudah untuk ditemukan di halaman pertama Google. Bila suatu usaha ada di halaman pertama Google, cukup dengan menuliskan satu keyword tertentu maka nama bisnis anda akan muncul. Dengan demikian akan menjadi sebuah kesempatan besar untuk meningkatkan omset anda.

Teknik semacam ini disebutkan dengan pencarian organik. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi optimisasi SEO. Dimulai dari seberapa efektif dan sesuai kata kunci yang anda pakai dengan artikel atau deskripsi usaha anda, sampai bagaimana menulis artikel dengan copywriting yang baik yang dapat menarik pengunjung.

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Melihat kegunaan maupun hasil yang baik untuk bisnis anda yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkan Google Bisnisku, sudah waktunya bagi anda untuk mulai melakukan registrasi. Cara menambahkan lokasi bisnis di google maps dengan Google Bisnisku ini bukanlah hal yang susah untuk anda ikuti. Berikut langkah-langkah menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.

Baca Juga :  Cara Mining di Android Dengan Mudah Untuk Pemula Beserta Aplikasinya

Lewat Web Google Bisnisku

  • Buka situs Google Bisnisku
  • Pilih Start Now
  • Mulai proses pendaftaran Google Bisnis
  • Tulis nama bisnis anda
  • Pilih Yes jika ingin bisnis Anda muncul di laman pencarian
  • Tulis alamat bisnis dengan lengkap
  • Google akan melacak alamat bisnis tersebut dengan baik
  • Google akan melakukan peninjauan terhadap bisnis anda
  • Pilih None of these jika belum terdaftar
  • Tentukan titik lokasi bisnis
  • Pilih Yes, I also serve them outside my location
  • Jika tidak, pilih No, I don’t
  • Pilih kategori bisnis untuk memudahkan rekomendasi Google
  • Lengkapi informasi nomor telepon dan website
  • Pilih Yes jika memperkenankan Google untuk mengirim notifikasi
  • Pilih No jika tidak berkenan
  • Tunggu hingga surat fisik sampai ke alamat Anda untuk verifikasi
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Lewat Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Pilih tanda tiga garis horizontal di sisi kiri atas
  • Pilih Add your business
  • Masukkan informasi tentang bisnis anda dengan lengkap
  • Ikuti langkah yang sama seperti saat mendaftar melalui Google Bisnisku
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Cara Klaim Lokasi Bisnis Melalui Google Maps

Dalam cara menambahkan lokasi bisnis di google maps, proses klaim lokasi usaha ini perlu dilakukan saat terjadi duplikasi usaha yang didaftarkan oleh orang yang tidak dikenali. Anda dapat menangani persoalan ini dengan melakukan klaim lokasi usaha tersebut. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

  • Search nama bisnis anda di Google
  • Pilih Pemilik bisnis ini?
  • Lakukan pengelolaan terhadap bisnis tersebut
  • Lakukan verifikasi laporan bisa melalui telepon, surat fisik, atau email
  • Tulis alamat dengan jelas dan lengkap
  • Tunggu hingga Google mengirim surat fisik untuk verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi jika anda sudah menerimanya
  • Klik submit
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
cara menambahkan lokasi bisnis di google maps

Dengan melakukan klaim lokasi usaha atau bisnis anda, maka lokasi tersebut akan sepenuhnya menjadi hak milik anda dan tidak akan bisa dipakai oleh orang lain. Sehingga anda harus melakukan klaim lokasi usaha agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut. Kredibilitas dari produk-produk Google tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan mengetahui cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps di atas, anda bisa mulai mencobanya untuk diterapkan ke bisnis anda sehingga bisnis anda akan semakin berkembang.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat!