Usaha modal ratusan ribu

Ide Usaha Modal Ratusan Ribu yang Harus Anda Ketahui

9 views
Bagikan artikel ini

Selama ini ada sebuah miskonsepsi atas persepsi bahwa ketika berbisnis, modal yang dimiliki harus banyak. Padahal, usaha modal ratusan ribu itu sangat banyak sekali dan tentunya juga sangat profitable. Anda bisa memulai bisnis meskipun modal yang Anda siapkan hanya sedikit, dan bahkan Anda bisa mencapai kebebasan finansial yang Anda inginkan.

Jika saat ini Anda mencari ide inspirasi bisnis apa dengan modal ratusan ribu saja, maka kini saatnya Anda mengencangkan ikat pinggang Anda alias berkonsentrasi dengan berbagai ide yang akan dibahas di bawah ini. Dengan begitu, Anda bisa segera memulai usaha ini dan juga akan mendapatkan profit dengan cepat.

Berbagai Ide Usaha Modal Ratusan Ribu yang Wajib Anda Ketahui

Jangan jadikan alasan tidak memiliki modal menjadikan Anda tidak mau memulai usaha. Kenyataannya, ada banyak berbagai ide usaha yang bisa Anda jalani meskipun usaha modal ratusan ribu saja. Apa sajakah idenya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Jual makanan online

Jika Anda gemar memasak, maka jenis usaha modal ratusan ribu yang satu ini sangat tepat untuk Anda. Apalagi sejak adanya layanan pesan makanan online melalui ojek online, kesempatan Anda berjualan makanan online semakin terbuka lebar. Tentu saja modal yang Anda butuhkan untuk ini sangat sedikit, berkisar antara 200 hingga 800 ribu saja, Anda bisa memulainya.

Modal yang Anda butuhkan adalah untuk stok bahan baku makanan serta membeli kemasan produk Anda. Modal akan semakin sedikit dibutuhkan jika peralatan dapur Anda sudah lengkap. Menjual makanan online ini omsetnya sangat lumayan, dari ratusan ribu saja Anda bisa mendapatkan omset menyentuh angka jutaan.

Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

2. Berjualan pulsa, top up e-money, dan jasa pembayaran berbagai kebutuhan

Dengan adanya kemajuan teknologi, semuanya semakin mudah dalam hal pembayaran dan pemenuhan kebutuhan. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai ladang bisnis yang menjanjikan, dengan modal hanya ratusan ribu saja. Dengan hanya modal sedikit, Anda bisa memutar modal tersebut terus menerus hingga Anda mendapatkan profit yang besar.

Anda bisa menyediakan jasa pengisian pulsa, e-money seperti gopay, dana, dan ovo, pembayaran listrik, air, BPJS, asuransi, iuran, dan lain sebagainya. Anda bisa membuka toko konter kecil-kecilan untuk ini dan orang akan membayar Anda secara tunai. Bisnis ini meskipun merupakan usaha modal ratusan ribu, perputaran uangnya akan cepat dan Anda akan mendapat profit yang banyak pula.

Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

3. Menjual camilan ringan

Dengan usaha modal ratusan ribu ini, Anda sudah bisa menjadi penjual camilan ringan. Caranya adalah Anda harus mencari dropshipper besar penjual camilan, lalu Anda membelinya. Kemudian Anda bisa membungkusnya kecil-kecil dan menjualnya di berbagai toko di sekitar rumah Anda.

Bisnis ini sangat mudah, dan tentunya memiliki potensi yang bagus pula terkait omset yang akan Anda dapatkan. Jangan lupa untuk melakukan survey pasar dahulu tentang jenis camilan apa yang banyak laku di pasaran.

Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

4. Membuka stan minuman kekinian

Jaman sekarang, orang-orang semakin menyukai minuman kekinian daripada membeli minuman kemasan dari pabrikan. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai ladang usaha modal ratusan ribu yang sangat mudah dan menggiurkan. Anda bisa melihat resepnya bahkan di internet, dan Anda bisa melakukan sedikit modifikasi sehingga jualan Anda memiliki rasa yang otentik.

Contoh minuman kekinian yang bisa Anda jual antara lain adalah jus, es kopi, boba, cheese tea, Thai tea, dan lain sebagainya. Semua itu bisa Anda jual dengan hanya modal ratusan ribu saja. Paling mahal, mungkin Anda menghabiskan Rp. 900.000 jika Anda mampu mengakalinya.

Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

5. Membuka cafe kecil di space kosong rumah Anda

Jika Anda memiliki bagian rumah yang tak terpakai, misalnya bagian garasi atau halaman depan, Anda bisa memanfaatkannya lho. Anda bisa membuatnya sebagai cafe rumahan kecil yang mana tentunya tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Apalagi, sekarang budaya nongkrong di cafe sudah mendarah daging di tengah-tengah masyarakat.

Usaha modal ratusan ribu yang satu ini patut Anda pertimbangkan. Bahkan jika kursi dan meja untuk cafe serta peralatan masak sudah tersedia, modal yang Anda butuhkan lebih sedikit lagi.

Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

6. Membuka bimbingan belajar kecil-kecilan

Anda juga bisa memanfaatkan skill atau pengetahuan Anda dengan membuka bimbingan belajar. Tentu saja, modal yang dibutuhkan untuk jenis usaha ini sangat sedikit. Modal yang dibutuhkan mungkin hanya sekedar perlengkapan mengajar seperti papan tulis dan juga alat tulis lainnya.

Anda bahkan bisa merekrut orang lain untuk bekerja bersama Anda dengan cara memutar uang yang masuk. Hanya dengan manajemennya saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan meskipun modalnya hanya ratusan ribu saja. Selain list di atas, ada banyak jenis usaha yang membutuhkan modal sedikit, antara lain:

  • Bisnis online shop menjual baju
  • Bisnis jual jasa aplikasi premium
  • Bisnis membuat web
  • Bisnis berjualan martabak dan roti bakar di depan rumah
  • Bisnis katering
  • Bisnis cukur rambut pria
  • Bisnis content creator
  • Dan lain sebagainya
Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

Cara Mendapatkan Modal

Meskipun hanya ratusan ribu, terkadang keuangan bisa saja sedang tidak mendukung untuk memodali usaha Anda. Jangan khawatir, dikarenakan modalnya yang kecil saja, ada banyak cara bagi Anda untuk mendapatkan modal bagi usaha Anda tadi. Apa sajakah caranya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Meminjam teman, keluarga, atau saudara Anda

Dikarenakan jumlahnya hanya ratusan saja bukan hingga jutaan, Anda bisa mengakalinya dengan meminjam teman, keluarga, atau saudara Anda. Mereka akan lebih mudah meminjamkan karena jumlahnya hanya tergolong sedikit. Dan jangan lupa Anda harus mengutarakan maksud Anda dalam meminjam uang dan memberitahu kapan akan mengembalikannya.

2. Bekerjasama dengan teman

Anda juga bisa bekerjasama dengan teman Anda untuk mendapatkan modal. Dalam hal ini artinya dia menjadi partner bisnis Anda sehingga bisa saja modal dibagi dua, atau modal sepenuhnya dia dan Anda yang menjalankan. Jika sudah begini, maka benefit yang akan dia dapatkan tentunya profit yang Anda hasilkan nantinya.

3. Meminjam koperasi

Koperasi sesuai mottonya akan memudahkan Anda mendapatkan pinjaman bagi modal usaha Anda. Tetapi yang perlu Anda ingat, agar bisa meminjam uang di koperasi Anda harus menjadi anggotanya terlebih dahulu ya, baru Anda bisa melakukan pinjaman.

4. Pegadaian

Cara terakhir, Anda bisa meminjam uang di pegadaian. Namun, di pegadaian ini Anda harus menggadaikan barang Anda agar mendapatkan pinjaman uang. Ada banyak barang berharga yang bisa digadaikan disini sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

Usaha modal ratusan ribu
Usaha modal ratusan ribu

Penutup

Itulah berbagai jenis usaha modal ratusan ribu yang harus Anda ketahui. Dari berbagai jenis usaha di atas, menurut Anda, yang mana yang menarik hati Anda? Semoga Anda segera memulai bisnis Anda dan mendapatkan profit seperti yang Anda inginkan dari awal berbisnis. Salam sukses!