trading futures

Trading Futures: Pengertian, Kelebihan, serta Metode Permainannya

Apakah sudah mengenal istilah trading futures pada permainan saham? Istilah tersebut memang sering muncul dalam permainan saham tersebut. Namun, banyak sekali pemain yang belum paham dengan istilah tersebut.

Agar dapat bermain dengan bagus, hendaknya kenali berbagai istilah dalam trading. Salah satunya yaitu trading futures. Di sini akan dijabarkan dengan lebih dalam tentang istilah dalam dunia saham tersebut.

Jadi, sebenarnya apa sih trading futures tersebut? Mari kupas bersama istilah tersebut dengan lebih dalam melalui penjelasan di bawah ini.

trading futures
Broker futures

Pengertian Trading Futures

Bagi yang sudah lama bermain di trading, sudah pasti mengenal istilah tersebut. Namun, untuk pemula sepertinya masih banyak yang belum paham. Sebelum bermain lebih lanjut, sebaiknya pelajari dahulu istilah yang satu ini.

Sebenarnya, istilah tersebut biasanya ada di dalam dunia keuangan. Tepatnya dalam dunia perdagangan yang berhubungan dengan penjualan dan juga pembelian. Baik itu untuk sekarang atau untuk masa yang akan datang.

Futures sendiri yaitu sebuah instrument dalam dunia perdagangan yang digunakan untuk transaksi. Biasanya melalui sebuah kesepakatan yang sudah disetujui oleh semua pihak yang berhubungan.  

Baca Juga :  Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

Jadi, trading futures yaitu perdagangan jangka panjang dengan menggunakan aset tertentu. Umumnya, aset yang dipakai yaitu berupa benda yang nyata serta dapat dilihat, seperti sebuah properti.

Investasi semacam ini harus menggunakan kontrak yang jelas. Supaya, untuk ke depannya investor bisa mendapatkan keuntungan yang jelas juga. Nilai dari jenis investasi ini juga bisa dikatakan cukup tinggi.

trading futures
Broker futures

Jenis-jenis Trading Futures

Ada juga beberapa jenis dari trading futures yang dapat digunakan untuk investasi. Berikut jenis-jenisnya:

1. Komoditas Logam

Salah satu aset yang sering digunakan untuk investasi yaitu logam. Apalagi, saat ini ada banyak jenis logam yang nilainya cukup tinggi. Sehingga, sering dimanfaatkan untuk investasi.

Selain itu, ada juga dua jenis logam. Logam berharga yang biasanya berupa emas dan juga perak. Ada pula logam industri, berupa besi dan juga baja. Keduanya dapat digunakan untuk berinvestasi.

2. Komoditas Agri

Untuk jenis yang kedua yaitu komoditas agri. Saat ini banyak juga yang melakukan investasi dalam dunia pertanian. Karena, memang sangat menjanjikan dan pastinya tidak akan pernah surut.

Biasanya, investasi dilakukan dalam bentuk berbagai komoditi. Seperti jagung, beras, cabai, gandum, dan yang lainnya. Semua tanaman tersebut sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang.

3. Komoditas Energi

Jenis yang satu ini adalah yang paling besar nilainya. Orang yang sudah mempunyai banyak modal. Biasanya akan memilih untuk melakukan investasi dalam bentuk energi yang tersimpan di bumi.

Bentuk dari energi bisa berupa gas dan juga minyak. Tentunya kedua komoditi tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, dapat menjadi investasi paling menjanjikan.

trading futures
Broker futures

Kelebihan Trading Futures

Sistem investasi yang satu ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem lainnya. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja kelebihannya:

Baca Juga :  Ini Dia 14 Aplikasi Mining Crypto Pakai HP yang Bisa Anda Coba!

1. Bisa Dilakukan Secara Individu

Kelebihan pertama dari trading futures adalah bisa dilakukan secara individu atau sendiri. Sehingga, bisa berperan sebagai investor atas investasi yang dilakukannya sendiri.

Namun, perlu juga mempelajari tekniknya terlebih dahulu. Selain itu, pelajari juga strategi investasi yang bagus. Agar, investasi yang dilakukan bisa mendatangkan keuntungan.

2. Lebih Fleksibel

Untuk kelebihan trading futures yang berikutnya adalah sistem kerjanya yang lebih fleksibel. Tidak harus terpaku dengan sistem dan cara kerja dari sebuah aplikasi yang digunakan.

Investasi jenis ini bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, dapat dilakukan pada jam-jam tertentu saja. Sehingga, cocok sekali digunakan oleh orang yang sibuk namun ingin berinvestasi dengan aman.

3. Dapat Menggunakan Modal Kecil

Saat ini banyak sekali yang menggunakan uang besar untuk melakukan investasi. Padahal, nilai uang yang besar mempunyai peluang kerugian yang besar juga. Meskipun, bisa juga mendatangkan keuntungan.

Melalui trading futures ini, investasi bisa dengan menggunakan modal yang kecil. Jadi, bila rugi pun uang tidak akan hilang dengan jumlah banyak. Cocok sekali untuk para pemula.

trading futures
Broker futures

Metode Trading Futures

Dalam bermain investasi trading futures harus menggunakan metode yang tepat juga. Berikut beberapa metode yang bisa digunakan:

1. Metode Bollinger Bands

Untuk metode trading futures yang pertama yaitu ada Bollinger Bands. Sebuah metode yang menggunakan alat ukur pita. Biasanya digunakan untuk mengukur atau memantau harga yang paling terbaru.

Jadi, para investor hanya tinggal memantau pergerakan dari pita tersebut. Metode ini sangat mudah digunakan. Sehingga, cocok sekali digunakan oleh para pemula dalam dunia trading.

2. Metode Heiken Ashi Subwindow

Metode yang kedua yaitu ada Heiken Ashi Subwindow. Biasanya, metode ini digunakan untuk melakukan pemeriksaan harga. Bahkan, bisa juga digunakan untuk membalikkan harga investasi.

Baca Juga :  11 Cara Mengatur Modal Usaha Kecil Yang Efektif Agar Bisnis Lancar

Tampilan dari metode ini juga sangat simpel. Sehingga, mudah sekali untuk dibaca oleh para pemula. Cara untuk pengoperasiannya juga sederhana dan bisa digunakan oleh siapa pun.

3. Metode Moving Average

Terakhir, ada metode futures bernama Moving Average. Jika ingin menentukan tempat untuk trading yang paling tepat. Maka, bisa menggunakan metode yang satu ini.

Cara untuk menggunakannya juga mudah dan sederhana. Tinggal pilih saja warna yang tidak seragam. Biasanya, langsung akan muncul hasil mana yang paling menjanjikan untuk trading.

trading futures
Broker futures

Tanya Jawab Seputar Trading Futures

Apa itu trading futures?

Trading futures adalah proses membeli atau menjual kontrak futures di pasar keuangan, yang memungkinkan para trader untuk berspekulasi terhadap pergerakan harga aset dasar di masa depan.

Apa perbedaan antara trading futures dan trading saham?

Trading futures melibatkan pembelian atau penjualan kontrak berjangka yang menetapkan harga dan tanggal penyelesaian di masa depan, sedangkan trading saham melibatkan pembelian atau penjualan saham perusahaan yang terdaftar di bursa saham.

Bagaimana cara memulai trading futures?

Untuk memulai trading, seseorang perlu membuka rekening di sebuah pialang berjangka yang terdaftar dan memiliki modal awal yang cukup untuk memenuhi persyaratan margin.

Apa risiko yang terkait dengan trading futures?

Risiko trading meliputi risiko pasar, risiko likuiditas, dan risiko margin. Perubahan harga yang tiba-tiba dan pergerakan pasar yang tidak terduga dapat menyebabkan kerugian besar.

Apa strategi umum yang digunakan dalam trading futures?

Beberapa strategi umum dalam trading futures meliputi spekulasi, lindung nilai (hedging), arbitrase, dan spread trading. Masing-masing memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda untuk menghasilkan keuntungan.

Demikian penjelasan tentang trading futures yang biasanya ada di dalam dunia trading. Semuanya sudah dijelaskan dengan lengkap di atas. Jadi, jika ingin investasi dengan sistem ini pelajari dahulu beberapa hal di atas.