options trading

Pengertian Options Trading dan Apa Saja Komponen Utamanya

Di dalam dunia trading, ada berbagai macam jenis istilah yang perlu Anda ketahui dengan baik, dan salah satu di antaranya adalah options trading. Istilah ini sudah tidak terdengar asing lagi bagi para trader yang sudah berpengalaman. Namun, bagi para trader yang masih baru dalam dunia ini, pasti akan merasa bingung dengan apa pengertiannya.

Dalam hal ini, kami akan membagikan informasi lengkap terkait pengertian dan komponen utama options trading, sehingga Anda bisa bermain trading secara lebih menguntungkan lagi. Sebab, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari aktivitas ini, Anda perlu memahami segala jenis istilah yang ada di dalamnya.

Nantinya, masing-masing istilah yang ada di dunia trading ini akan memiliki pengertian dan komponen yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu memahaminya satu per satu. Untuk membantu Anda dalam memahami pengertian dan komponen dari istilah trading ini, di sini kami akan membagikan penjelasannya.

options trading
Options trading

Pengertian options trading

Tak jarang dari beberapa orang yang masih belum tahu tentang apa pengertian options trading. Pada dasarnya, jika dijelaskan secara singkat maka options trading adalah suatu kontrak yang akan memberikan hak dalam membeli dan menjual suatu aset pada harga-harga tertentu. Nantinya, kontrak ini akan dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Dalam hal ini, beberapa jenis aset yang dapat meliputi di dalamnya adalah saham atau stocks serta valuta asing. Kemudian, di dalam praktiknya sendiri bermain options trading seperti ini akan memberikan keuntungan yang cukup berlimpah, sehingga tidak mengherankan jika semakin ada banyak trader yang tertarik untuk melakukannya.

Baca Juga :  Berbagai Peluang Usaha Dagang Rumahan Ini Menarik Untuk Dicoba!

Sebut saja keuntungan-keuntungan seperti bullish, sideways, maupun bearish, dapat Anda peroleh dengan bermain jenis trading yang satu ini. Sementara di Indonesia sendiri, aktivitas seperti ini memang sering disebut juga dengan nama kontrak opsi saham. Jadi, mungkin Anda akan lebih familiar dengan istilah yang satu ini.

Yang dimaksud dengan kontrak opsi saham di Indonesia ini merujuk pada pelaku trading yang bisa menjual dan membeli saham. Jika pihak penjual akan disebut dengan nama put options, untuk pihak pembeli saham akan disebut dengan nama call option.

Nantinya, transaksi penjualan maupun pembelian ini akan dilakukan dalam jangka waktu dan harga yang telah ditentukan. Jadi, pada pelaksanaannya ini sendiri para pelaku trading tidak akan membeli saham secara langsung. Dengan demikian, aktivitas membeli saham di sini adalah proses pembelian hak untuk bisa memainkan saham dengan harga-harga tertentu saja.

options trading
Options trading

Komponen utama options trading

Setelah memahami tentang pengertian dari istilah ini sendiri, sekarang Anda juga perlu memahami tentang apa saja komponen utama yang meliputi di dalamnya, sehingga nantinya Anda bisa lebih memahami tentang jenis trading yang satu ini. Untuk menghemat waktu Anda yang berharga, berikut langsung saja kami sampaikan beberapa komponen utama dari trading options, yaitu:

1. Call Option

Komponen pertama yang harus Anda pahami dalam hal ini adalah call option. Pada dasarnya, call option adalah sebuah aktivitas pembelian saham yang berada di bawah, dengan harga yang mengacu pada harga yang dapat terjadi di masa mendatang. Nantinya, pengertian dari komponen call option ini bisa menjadi sebuah pengantar tersendiri bagi para trader. Dengan begitu, Anda dapat lebih memahami pengertian dari istilah trading options itu sendiri.

Baca Juga :  Pahami Cara Daftar Octa Forex yang Mudah

Membahas tentang komponen call option, di sini kami juga akan membahas terkait cara kerja yang berlaku di dalamnya. Dalam hal ini, cara kerja dari call option setidaknya dapat memberikan sebuah gambaran tertentu terkait bagaimana cara kerja trading options secara umum. Dengan hak yang diperoleh untuk membeli saham tersebut, trader dapat menjual maupun memperoleh keuntungan di harga saham masa mendatang.

options trading
Options trading

2. Put Option

Komponen kedua yang ada di dalam dunia trading options adalah put option. Pada dasarnya, put option akan berbeda dengan call option. Dalam hal ini, pengertian dari put option itu sendiri adalah sebuah hak yang diberikan untuk menjual saham dengan harga yang akan muncul di masa mendatang.

Kendati demikian, penting untuk Anda ketahui bahwa hak menjual saham ini bukanlah sebuah kewajiban. Jadi, ketika ada seorang trader yang tidak ingin menjual sahamnya, maka hal ini diperbolehkan oleh semua pihak. Bahkan, ketika trader memilih untuk menjual saham tersebut dan ternyata kurang tepat, hal ini tetap dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pihak trader yang melakukannya tersebut.

3. Option Moneyness

Di Indonesia sendiri, istilah ini lebih sering disebut dengan nama opsi keuangan, jadi kemungkinan besar Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Opsi keuangan ini merujuk pada nilai yang ada dalam setiap kontrak stock options. Jika membahas tentang praktiknya sendiri, maka akan ada beberapa bagian yang meliputi di dalamnya, yaitu In the Money (ITM), At the Money (ATM), dan Out the Money (OTM).

Out the Money (OTM) akan menjadi bagian penutup dalam aktivitas ini, karena ketika aktivitas ini sudah mencapai bagian OTM, maka hal ini dapat diartikan bahwa stock options milik trader tertentu sudah mencapai batas kadaluarsa.

Baca Juga :  Langkah langkah Membuat Bisnis Online yang Tepat dan Akurat
options trading
Options trading

Tanya Jawab Seputar Options Trading

Apa strategi terbaik untuk Options Trading?

1. Covered Call
2. Married Put
3. Bull Call Spread
4. Bear Put Spread
5. Protective Collar
6. Long Straddle
7. Long Strangle
8. Long Call Butterfly Spread

Strategi options mana yang paling menguntungkan?

Pada tenggang waktu 12 bulan atau lebih, membeli options trading adalah yang paling menguntungkan, yang masuk akal karena opsi panggilan jangka panjang mendapat manfaat dari kenaikan tak terbatas dan peluruhan waktu yang lambat.

Apakah options trading adalah perjudian?

Ada kesalahpahaman umum bahwa options trading seperti perjudian. Saya akan sangat mendorong kembali itu. Sebenarnya, jika Anda tahu cara berdagang opsi atau dapat mengikuti dan belajar , options trading bukanlah perjudian, tetapi sebenarnya adalah cara untuk mengurangi risiko Anda.

Apakah options trading bisa berhasil?

Meskipun banyak manfaatnya, option trading memiliki risiko kerugian yang besar, dan sifatnya sangat spekulatif. Tidak semua orang bisa menjadi pedagang opsi yang sukses. Seperti bisnis lainnya, menjadi pedagang opsi yang sukses membutuhkan keahlian, tipe kepribadian, dan sikap tertentu.

Apakah Options trading Lebih Baik Dari Saham?

Keuntungan dari Options Trading

Sementara harga saham bergejolak, harga option bahkan bisa lebih bergejolak, yang merupakan bagian dari apa yang menarik pedagang ke potensi keuntungan dari mereka. Opsi umumnya berisiko, tetapi beberapa strategi opsi dapat berisiko relatif rendah dan bahkan dapat meningkatkan pengembalian Anda sebagai investor saham.

Penutup

Sekian penjelasan dari kami terkait apa yang dimaksud dengan options trading dan apa saja komponen yang dimilikinya. Dengan adanya artikel ini, kami berharap Anda tidak akan ragu lagi untuk bermain trading secara profesional. Sebab, aktivitas ini dapat memberikan keuntungan tersendiri jika dilakukan dengan cara yang tepat.