fungsi vpn

Wajib Tahu! Ini Fungsi VPN untuk Keamanan Data

VPN atau Virtual Private Network saat ini menajdi salah satu teknologi yang wajib dimiliki oleh para penikmat teknologi. Pasalnya, seiring dengan pesatnya penetrasi internet di Indonesia hal ini juga menumbuhkan motivasi bagi para pelaku kejahatan di dunia maya.

Agar kamu lebih waspada dan tahu apa saja fungsi VPN, berikut ini sudah kami rangkum beberapa fungsi VPN untuk keamanan data yang perlu diketahui. Harapannya, dengan membaca artikel ini kamu bisa semakin waspada serta tertarik untuk mengembangkan VPN sendiri dari jaringan cloud VPS sebagai tindakan perlindungan data.

fungsi vpn
Fungsi VPN

Fungsi VPN untuk Keamanan Data

Bagi sebagian orang, VPN mungkin identik dengan fitur by pass yang bisa membuka website ilegal. Namun, tahukah kamu terkait fungsi VPN dalam keamanan data? Di bawah ini merupakan beberapa contohnya.

1.Kerahasiaan (Confidentially)

Dalam sektor keamanan data, VPN memiliki peran besar dalam hal kerahasiaan atau Confidentially. Bahkan, aspek ini menjadi salah satu fungsi Virtual Private Network yang paling diunggulkan karena kinerjanya yang sangat baik.

Kebutuhan perlindungan data sendiri dewasa ini semakin diperlukan mengingat sistem keamanan publik yang tidak kunjung ditingkatkan serta meningkatnya berbagai ancaman cyber crime.

Hal ini memang tidak bisa dihindari karena angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. Dengan menggunakan jaringan VPN diharapkan pengguna akan terhindar dari pencurian data pribadi ketika melakukan transaksi online ataupun mengakses platform media sosial.

Baca Juga :  Cara Mining di Android Dengan Mudah Untuk Pemula Beserta Aplikasinya

2.Keutuhan Data (Data Integrity)

Selain aspek kerahasiaan, faktor keutuhan data atau biasa disebut dengan Data Integrity juga menjadi salah satu alasan kenapa VPN semakin banyak digunakan. Sesuai namanya, fungsi yang satu ini nantinya bakal memastikan bahwa data yang kamu minta sesuai dengan apa yang disediakan oleh klien. Begitu juga sebaliknya.

Dalam ekosistem jaringan Virtual Private Network, tidak ada pihak manapun yang bisa merubah, memodifikasi, merusak, melakukan manipulasi, atau menghilangkan sebagian atau keseluruhan data yang ada. Sehingga tidak ada pihak yang akan merasa dirugikan.

Fitur Data Integrity ini juga sangat membantu perusahaan multi-nasional untuk bisa berkembang, terutama bisnis yang memiliki banyak data rahasia yang harus dibagikan kepada karyawan di kantor cabang.

Baca juga : tips membuat blog

3.Autentikasi Sumber (Origin Authentication)

Apa itu autentikasi? Secara garis besar, autentikasi adalah sebuah tahapan atau proses yang bertujuan untuk memberikan validasi terhadap identitas pengguna. Proses autentikasi biasanya dibutuhkan ketika kamu ingin memasuki sistem tertentu, baik berupa login atau akses cedential data.

Lantas, apa hubungannya antara autentikasi dan Virtual Private Network? Dalam hal ini VPN memiliki fungsi dalam proses autentikasi sumber original pengirim data, nantinya VPN akan membantu melakukan pengecekan secara mendetail terkait lalu-lintas dan status data.

Kemudian, setelah informasi data yang masuk atau keluar dirasa sudah sesuai dengan kebutuhan maka VPN akan mulai melakukan distribusi informasi kepada pengguna.

Fungsi autentikasi origin hadir antara lain karena kebutuhan penjaminan data asli yang dikirim oleh klien. Harapannya, data yang masuk harus berasal dari sumber yang jelas serta bukan hasil manipulasi atau proses modifikasi dari pihak lain.

fungsi vpn
Fungsi VPN

Manfaat VPN yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah mengetahui fungsi VPN untuk keamanan data, selanjutnya kamu juga perlu tahu terkait apa saja manfaat Virtual Private Network untuk menunjang aktifitas di dunia maya. Berikut selengkapnya.

Baca Juga :  Contoh Laporan Penjualan Harian Toko Baju Termudah

1. Enkripsi Informasi Perangkat

Apakah kamu pernah merasa khawatir jika orang lain mengetahui riwayat browsing atau aktivitas internet di komputer? Tidak perlu khawatir lagi, karena masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan jaringan VPN yang mampu melakukan enkripsi informasi perangkat sehingga data yang ada tidak mudah diketahui.

2. Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

Terkadang kita perlu menyembunyikan informasi pribadi ketika sedang berselancar di dunia maya. Misalnya seperti alamat IP atau lokasi tempat kita berada sekarang. 

Konsep mesin pencari seperti Google sendiri saat ini menggunakan informasi lokasi pengguna sebagai acuan untuk menampilkan hasil penelusuran. Nah, hal ini tentu akan menjadi masalah jika dalam wilayah tersebut tidak memuat informasi spesifik yang kita cari.

VPN bisa membantu menyamarkan lokasi pengguna menggunakan alamat IP palsu sehingga aktivitas browsing bisa lebih leluasa.

3. Remote Access 

Apa itu remote access? Remote access adalah suatu aktivitas dimana kamu bisa melakukan kontrol dan modifikasi file tertentu dari jarak jauh. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membuat jaringan kantor yang memiliki banyak cabang. Karena selain pertukaran datanya lebih aman, aksesnya bisa dikontrol oleh admin.

Wajib Tahu! Ini Fungsi VPN untuk Keamanan Data
Fungsi VPN

4. ByPass 

ByPass adalah fitur VPN yang paling banyak dimanfaatkan. Terutama bagi pengguna yang punya hobby streaming film yang hanya ada secara eksklusif di negara tertentu.

Demikianlah penjelasan terkait fungsi VPN untuk keamanan data. Pada dasarnya, VPN ibarat pisau bermata dua yang memiliki sisi positif dan negatif, jadi gunakan dengan bijak ya!