contoh analisis swot usaha kecil

Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil Bidang Kuliner

Analisis SWOT sangat penting dalam menjalankan bisnis mulai dari bisnis skala kecil hingga besar, termasuk dalam bidang kuliner. Tak heran jika banyak pemilik restoran atau pelaku usaha kuliner berburu contoh analisis SWOT usaha kecil. SWOT merupakan kependekan dari Strengths (kelebihan), Weaknesses (kekurangan), Opportunities (peluang), dan Threats (resiko/ancaman).

Berdasarkan analisis SWOT, pelaku bisnis dapat merencanakan strategi pemasaran, menentukan lokasi untuk warung mereka, mengubah menu, menentukan prosedur baru, menentukan harga yang kompetitif, dan sebagainya. Tujuannya adalah mengembangkan bisnis mereka.

contoh analisis swot usaha kecil
Contoh analisis SWOT usaha kecil

Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil Bagi Pemula

Membuat analisis SWOT sebenarnya tidak sulit. Perusahaan atau restoran besar mungkin membuat analisis SWOT dengan sangat kompleks. Banyak contoh analisis SWOT usaha kecil yang bisa Anda pelajari. Namun, Anda dapat membuat analisis sederhana yang mudah dipahami. Berikut adalah contoh analisis SWOT usaha kecil untuk bisnis kuliner (es dan jus buah) yang dilakukan oleh Pak David.  

Strengths (Kelebihan)

Anda bisa memulai dari hal positif atau kelebihan usaha yang dimiliki. Cermati apa yang membuat orang memilih datang ke restoran Anda dan apa yang membuat mereka kembali lagi atau menjadi pelanggan tetap.

Sebagai contoh, kelebihan warung es Pak David adalah penggunaan bahan-bahan berkualitas. Buah-buahan yang digunakan selalu segar setiap hari. Kelebihan lainnya adalah lokasi yang strategis. Warung es Pak David terletak di kompleks perkantoran dan sekolah sehingga selalu ramai terutama saat jam pulang sekolah.

Baca Juga :  Inilah Tips Mendapatkan Pendanaan Modal Usaha

Selain bahan baku berkualitas dan lokasi strategis, contoh lain yang merupakan kelebihan usaha adalah pelayanan memuaskan (cepat dan bersih), harga bersahabat, menu unik dan beragam, tempat yang nyaman, promo menarik, dan sebagainya.

Weaknesses (Kekurangan)

Dalam contoh analisis SWOT usaha kecil, Kebalikan dari strengths, weaknesses adalah kekurangan dari bisnis Anda yang nantinya dapat diperbaiki atau ditingkatkan. Weaknesses dapat meliputi berbagai hal mulai dari sulitnya mencari pelanggan baru, harga barang baku naik, biaya listrik meningkat, lokasi sempit, dan lain-lain.

Di warung es buah Pak David, misalnya, walaupun lokasi strategis, yaitu dekat dengan kantor dan sekolah, warung es tersebut tidak bisa melayani banyak pelanggan sekaligus karena ukurannya kecil dan saat ini Pak David hanya berjualan sendiri menggunakan satu gerobak es dan hanya ada satu meja dan kursi panjang untuk pembeli yang ingin minum di tempat.

contoh analisis swot usaha kecil
Contoh analisis SWOT usaha kecil

Opportunities (Peluang)

Langkah selanjutnya dalam analisis SWOT dalam contoh analisis SWOT usaha kecil adalah melihat opportunities atau peluang/kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis. Peluang bisa berasal dari luar (eksternal) maupun dari dalam (internal).

Bisa dibilang, warung es Pak David memiliki nilai opportunities tinggi. Alasan pertama adalah banyaknya peminat. Seperti diketahui, Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan suhu udara pada siang hari biasanya sangat panas mencapai lebih dari 30 derajat celcius, disertai dengan kelembapan udara yang tinggi pula. Dengan cuaca seperti ini, tentu meminum segelas jus buah atau semangkuk es buah bisa menjadi pelepas dahaga.

Peluang semakin tinggi saat bulan puasa tiba. Rasa manis dan sensasi segar es buah membuatnya menjadi idola saat bulan puasa bahkan menjadi menu wajib untuk berbuka. Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia sehingga otomatis banyak orang yang berpuasa dan berburu es buah menjelang waktu berbuka.

Baca Juga :  Analisa Prospek Bisnis Fotocopian

Peluang lain yang mungkin muncul adalah peluang memasarkan produk secara online. Promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Selain itu, dengan packaging khusus, produk es dan jus buah dapat dipesan dan dijual melalui layanan pesan-antar makanan. Dengan cara ini, jangkauan pasar Pak David menjadi lebih luas dan pelanggan pun semakin banyak.

Threats (Ancaman)

Dalam contoh analisis SWOT usaha kecil, Threats adalah hambatan atau ancaman bagi pelaku usaha dalam rangka bergelut di bidang usahanya. Beberapa hal yang umumnya mengancam suatu bisnis adalah ketersediaan pemasok (apakah selalu bisa diandalkan, apakah harganya cocok), pesaing/kompetitor, perkembangan teknologi, perubahan tren pasar, dan sebagainya. Idealnya, pelaku bisnis harus bisa menyiapkan strategi untuk menghadapi ancaman ini.

Dalam kasus Pak David, ancaman terbesar adalah menjamurnya pesaing bisnis. Es buah mudah dibuat. Modalnya pun tidak terlalu besar, dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Tak heran jika banyak orang tertarik membuka usaha serupa, apalagi peminatnya banyak.

Ancaman lain adalah omset menurun drastis saat musim hujan dan cuaca dingin. Saat cuaca dingin, tentu orang lebih memilih membeli minuman hangat daripada es buah. Selain itu, beberapa buah yang digunakan sebagai bahan es buah adalah buah musiman yang tidak selalu ada setiap waktu.

contoh analisis swot usaha kecil
Contoh analisis SWOT usaha kecil

Manfaat Analisis SWOT

Dari analisis SWOT di atas, bisa dikatakan jika warung es buah Pak David memiliki peluang besar walaupun masih belum sempurna. Berdasarkan hasil analisis SWOT, Pak David sebagai pelaku usaha kecil kuliner, dalam hal ini es buah, dapat merancang berbagai strategi untuk mengembangkan bisnisnya atau paling tidak mempertahankan bisnis tersebut di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu, ditambah banyaknya kompetitor yang muncul.

Jadi, dalam contoh analisis SWOT usaha kecil, manfaat analisis SWOT adalah menyiapkan jalan keluar dalam menghadapi segala kemungkinan (hambatan dan ancaman) yang mungkin terjadi. Misalnya, jika ancaman usaha adalah hadirnya pesaing, maka Anda harus melakukan inovasi produk yang membuatnya berbeda dari produk pesaing. Selain dari inovasi produk, Anda juga bisa berinovasi dari segi pelayanan dan marketing.

Baca Juga :  9 Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa
contoh analisis swot usaha kecil
Contoh analisis SWOT usaha kecil

Tanya Jawab Seputar Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil

Jelaskan apa yang dimaksud dengan analisis SWOT dan contohnya?

Analisis SWOT adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Teknik ini biasanya diterapkan di dalam seluruh perusahaan atau organisasi secara umum, maupun dalam proyek-proyek tertentu.

Apa itu analisis SWOT dalam kewirausahaan?

SWOT sendiri adalah singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang/kesempatan), threat (ancaman). Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk menilai masalah dan memanfaatkan situasi yang ada sebaik mungkin yang melekat pada bisnis kamu.

Bagaimana cara membuat analisis SWOT?

Cara Menggunakan Analisis SWOT
1. Kelebihan apa yang dimiliki oleh organsiasi ?
2. Apa yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi lainnya?
3. Keunikan apa yang dimiliki oleh organisasi ?
4. Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
5. Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan ?

Dalam pembuatan suatu proposal usaha makanan ringan pastinya ada analisis SWOT Apa itu analisis SWOT?

SWOT sendiri merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman). Analisis SWOT dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan usaha, mulai dari kebutuhan sederhana seperti mengevaluasi internal perusahaan hingga menghitung peluang untuk melakukan ekspansi.

Mengapa analisis SWOT masih diperlukan dalam berwirausaha?

Manfaat Analisis SWOT

Adanya penilaian SWOT membantu untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan. Tanpa adanya informasi dari analisis SWOT, Anda tidak dapat mengetahui potensi pasar, minat dan peluang pasar yang bisa dimanfaatkan.

Penutup

Jalan keluar ini berupa membuat inovasi, memperluas jaringan atau membangun relasi bisnis, dan lain-lain. Tujuannya selain mengembangkan usaha juga mengatasi masalah internal dan menghindari kerugian. Dengan contoh analisis SWOT usaha kecil di atas, Anda bisa membuat analisis usaha sendiri secara sederhana.