cara membuat asuransi mobil all risk

Cara Membuat Asuransi Mobil All Risk Yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Membuat Asuransi Mobil All Risk dibutuhkan karena tingginya aktivitas dan kebutuhan untuk berpergian saat ini dengan menggunakan kendaraan. Sudah menjadi rutinitas harian bagi masyarakat umum khususnya di kota-kota besar saat ini. Kebutuhan akan memiliki kendaraan pribadi menjadi semakin tinggi ketika kondisi pandemi saat ini. Perasaan aman dan jauh dari kerumunan orang yang menggunakan kendaraan umum dapat terpenuhi jika anda memiliki kendaraan pribadi.

Tetapi sayangnya, kepedulian akan perlindungan kendaraan pribadi sering sekali terlewatkan. Padahal banyak sekali keuntungan yang didapat jika Anda memiliki asuransi all risk untuk kendaraan Anda. Salah satunya ketenangan ketika Anda berkendara.

Waktu Anda berkendara, Anda akan bertemu dengan pengendara-pengendara lain yang kemahiran dan kecakapannya tidak pernah bisa disama-ratakan. Mungkin ada beberapa pengendara yang mampu dan lihai dalam berkendara. Tetapi tidak sedikit juga, dengan kemampuan seadanya dan merasa sudah mahir lalu mulai berkendara di jalan raya. Jika hal ini terjadi, maka banyak sekali kemungkinan terjadi kecelakaan.

cara membuat asuransi mobil all risk
Cara membuat asuransi mobil all risk

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Memiliki asuransi untuk kendaraan pribadi Anda, seperti memiliki jaminan dan perlindungan harian Anda. Jika terjadi kecelakaan, anda tidak perlu lagi membuang waktu  dan menghabiskan tenaga Anda hanya untuk menuntut ganti rugi.

Karena dengan biaya premi yang tergolong terjangkau dan tidak terlalu mahal, kendaraan Anda sudah  dipastikan dapat diperbaiki kembali. Daftar bengkel resmi yang menjadi rekanan dari asuransi juga menjadi nilai tambah, sehingga kekhawatirkan ketika mobil Anda dalam keadaan tidak dapat sehat seperti sedia kala pun tidak ada. Berikut akan kami jelaskan cara membuat asuransi mobil all risk untuk kendaraan Anda.

Baca Juga :  Langkat Tepat Klaim Asuransi Kendaraan Axa Mandiri

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Cara Membuat Asuransi Mobil All Risk

Untuk memiliki asuransi kendaraan atau mobil Anda, Anda dapat menghubungi perusahaan jasa asuransi yang memberikan layanan perlindungan untuk kendaraan Anda. Banyak sekali perusahaan asuransi yang bisa Anda jadikan referensi. Tetapi sebelum Anda membeli asuransi untuk mobil Anda,  ada baiknya Anda perhatikan hal-hal dalam cara membuat asuransi mobil all risk berikut ini:

  • Informasi tentang asuransi mobil

Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang asuransi mobil baik manfaat, kegunaan hingga biaya bulanan (premi) yang harus Anda bayarkan. Dengan memiliki informasi yang cukup anda akan mendapatkan gambaran jelas mengenai asuransi ini sendiri.

Lalu Anda juga harus memiliki informasi  mengenai repusitasi dari perusahaan yang Anda pilih. Perusahaan yang baik pasti memiliki testimoni yang mendukung. Perhatikan juga bagaimana cara mereka mengatasi klaim asuransi.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda membutuhkan asuransi perlindungan total (all risk) atau hanya partial. Jika anda membutuhkannya ,anda wajib mengetahui cara membuat asuransi mobil all risk. Sesuaikan dengan premi yang dapat Anda bayarkan setiap bulannya.

Selain itu dengan mengetahui cara membuat asuransi mobil all risk yang Anda butuhkan untuk kendaraan Anda, Anda dapat dengan mudah mencari perusahaan asuransi yang menyediakan jasa perlindungan kendaraan pribadi Anda.

  • Bengkel layanan asuransi

Anda juga perlu mengetahui bengkel-bengkel yang bekerja sama dengan asuransi yang Anda pilih. Biasanya asuransi yang baik bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang kualitasnya terjamin.

Hal ini untuk menghindari jika Anda bertemu bengkel partner yang “nakal”. Karena ketika Anda sudah memiliki asuransi mobil, Anda tidak perlu menambahkan biaya apapun dalam perbaikan mobil Anda.

cara membuat asuransi mobil all risk
Cara membuat asuransi mobil all risk

Manfaat-Manfaat Lain Dari Asuransi Kendaraan

Selain melindungi  dari kerusakan, asuransi juga mampu melindungi dari resiko kehilangan. Hidup di kota-kota besar seperti Jakarta, pencurian kendaraan sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Dengan melindungi kendaraan anda dengan asuransi, setidaknya anda masih akan dapat tidur tenang tanpa perlu was-was akan  pencurian atau perusakan pada kendaraan anda.

Baca Juga :  Apakah Cara Kerja Asuransi Mobil Dengan Jiwa Sama Saja? Berikut Penjelasannya!

Jangan pernah melihat memiliki asuransi kendaraan sebagai biaya tambahan yang akhirnya akan menjadi beban untuk anda. Tetapi anda perlu juga mempertimbangkan keuntungan-keuntungan yang anda dapatkan ketika anda memiliki asuransi. Dengan mengetahui cara membuat asuransi mobil all risk, Anda dapat menimilasir resiko kehilangan tersebut.

Besaran Jumlah Biaya Bulanan

Jika Anda belum memiliki asuransi kendaraan, ada baiknya Anda memperhatikan premi yang dibayarkan setiap bulannya.  Besar kecilnya premi asuransi kendaraan itu tergantung pada kendaraan dan faktor-faktor pendukungnya. Faktor-faktor pendukung ini meliputi harga mobil, tahun rilis mobil dan juga jenis mobil itu sendiri.

Pihak asuransi akan melihat jenis dan harga kendaraan Anda untuk menentukan besaran premi Anda. Sederhananya adalah semakin tinggi harga kendaraan Anda maka iuran premi yang akan Anda bayarkan akan semakin mahal.

Kemudian faktor penentu harga premi asuransi anda selanjutnya adalah umur kendaraan Anda. Dalam cara membuat asuransi mobil all risk, biasanya kendaraan – kendaraan yang berumur tua akan mempengaruhi harga premi anda. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena dalam menentukan harga premi yang ditentukan dari umur kendaraan Anda, berdasarkan pada aturan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Jenis asuransi yang akan Anda ambil untuk kendaraan juga mempengaruhi benefit dan besaran premi yang akan anda bayarkan. Tentunya, Anda akan membayar lebih mahal jika anda memilih asuransi All Risk untuk kendaraan Anda. Namun ketika Anda memilih cara membuat asuransi mobil all risk dengan perlindungan total, pasti akan sebanding dengan apa yang bayarkan.

Memiliki asuransi sudah menjadi kebutuhan untuk Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dalam rutinitas harian Anda. Tinggi rendah harga premi dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Jangan pernah beranggapan bahwa  dengan premi yang cenderung murah tetapi keuntungan yang Anda dapatkan tidak sebanding dengan apa yang Anda bayarkan. Semua ini tetap harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. karena pembayaran premi cenderung berjangka Panjang, jangan sampai ini menjadi beban untuk keuangan Anda.

Baca Juga :  Asuransi Mobil All Risk, Apa Saja yang Ditanggung?
cara membuat asuransi mobil all risk
Cara membuat asuransi mobil all risk

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Asuransi Mobil All Risk

Berapa biaya asuransi mobil all risk?

Premi asuransi all risk bisa berkisar hingga 3,5% dari harga kendaraan pertahunnya. Pembayaran asuransi mobil all risk ini biasanya dilakukan setahun sekali, dengan melihat harga beli dari mobil tersebut.

Apa itu asuransi All risk mobil?

Ada dua jenis produk asuransi yang bisa dipilih oleh pemilik mobil baru; Asuransi all-risk atau comprehensive dan TLO. Untuk asuransi mobil all-risk atau comprehensive ini, pihak perusahaan akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, berlaku untuk kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan dalam kecelakaan.

Apa Beda asuransi All risk dan TLO?

Asuransi Mobil All Risk/Comprehensive

Ini berarti asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada mobil, asuransi akan membayarkan klaim asuransi.

Apakah uang asuransi mobil bisa diambil?

Bisa (ditarik kembali), namun ada perhitungannya. Bila belum pernah klaim maka akan lebih mudah perhitungan dan penarikan kembali. Perhitungannya adalah jumlah premi awal, dikurangi biaya administrasi dan biaya bulan yang sudah terlewati (prorata).

Apakah klaim asuransi mobil bayar?

Ketentuan Biaya Klaim Asuransi Mobil

Sebagaimana yang telah diatur oleh OJK, biaya klaim minimal yang bisa diberlakukan oleh perusahaan adalah sebesar Rp 300.000. Akan tetapi biaya ini bisa saja lebih tinggi tergantung dari premi dan penyebab kejadian.

Apa yang dimaksud dengan asuransi all risk?

Apa Saja yang Di-cover atau Ditanggung oleh Asuransi Mobil All Risk?
– Kecelakaan, benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok
– Segala perbuatan jahat orang lain
– Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan
– Kebakaran dan sambaran petir
– Segala sebab dan risiko selama penyeberangan laut dengan feri

cara membuat asuransi mobil all risk
Cara membuat asuransi mobil all risk

Penutup

Asuransi dan kendaraan dapat kita ibaratkan seperti pasangan yang akan saling melengkapi. Anda dapat berkendara dengan tenang ketika Anda tahu bahwa asuransi dapat melindungi kendaraan Anda baik dari kecelakaan minor sampai besar. Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, bukankah bisa katakan asuransi bagaikan pelindung kita. Demikian penjelasan mengenai cara membuat asuransi mobil all risk. Semoga bermanfaat!