Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu Yang Bisa Diterapkan

Memulai bermain saham menggunakan modal yang rendah terlebih dahulu dapat menjadi pertimbangan jika Anda baru saja mencoba. Kini, peluang untuk trading atau investasi saham dengan modal kecil semakin besar, yaitu berkisar dari 100 ribuan per transaksinya. Berikut ulasan cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa dilakukan melalui platform digital.

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu
Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa Anda terapkan :

1. Berinvestasi Pada Saham Potensial yang Harganya Murah

Alternatif pertama yang bisa dijadikan sebagai pilihan cara bermain saham dengan modal 100 ribu, yaitu menginvestasikan dana pada saham potensial saat harganya murah. Anda bisa menentukan berapa lot saham yang ingin dibeli dengan modal 100 ribu. Sebab, investor memiliki ukuran minimal pembelian saham, yaitu 100 lembar atau slot. Ukuran saham yang ingin dibeli harus disesuaikan dengan dana guna memaskimalkan modal.

Pemula bisa membeli saham potensial dengan perusahaan penerbit yang citranya baik saat produk mengalami penurunan harga. Anda bisa mencari tahu mengenai harga saham saat ini yang di bawah Rp.1000 tiap lembarnya. Alasannya adalah agar bisa mendapatkan saham dalam jumlah besar.

Anda bisa melakukan pemantauan secara berkala untuk mendapatkan produk terbaik. Belilah saham yang masuk dalam kategori IDX30 dan LQ45 dengan tujuan memastikan kualitas serta tingkat keamanannya. Pilihlah saham dalam kategori aman agar meminimalisir kerugian yang harus diterima.

Baca Juga :  Ide Jualan Murah Untung Banyak yang Bisa Anda Coba

2. Memilih Sekuritas dengan Deposit Awal Rendah

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah memilih sekuritas dengan deposit awal dengan nilai rendah. Deposit merupakan komponen utama bagi trader pemula, terutama saat membuka rekening dana untuk investasi. Pengisian deposit awal tak jarang menjadi salah satu persyaratan ketika akan membuka RDI.

Pilihlan sekuritas dengan biaya transaksi paling rendah, yaitu sekitar 0,15 persen dari total nominal. Biaya transaksi juga akan mempengaruhi keuntungan yang akan didapatkan saat bermain saham. Apabila biaya transaksi tinggi, maka potongan keuntungan akan semakin besar. Hal ini tentu saja membuat target keuntungan lebih sulit untuk dijangkau investor.

Biaya transaksi pada setiap sekuritas berbeda, sehingga lebih baik Anda membandingkan beberapa platform terlebih dahulu sebelum menentukan. Selain itu, pertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan ketika bertransaksi guna memastikan modal Anda memadai.

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu
Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

3. Diversifikasi Portofolio Saham

Membedakan atau diversifikasi saham merupakan hal penting yang tujuan untuk meminimalisir terjadinya kerugian. Tetapi, jika Anda mengawali transaksi menggunakan dana sekitar 100 ribu disarankan tidak melakukan diversifikasi pada terlalu banyak saham.

Anda hanya diversifikasi dana pada 2 atau 3 jenis portofolio saham saja supaya tidak kesulitan dalam memantaunya. Anda dapat memantau perkembangan beberapa saham, namun pemilihan portofolio yang menjadi prioritas dalam batas wajar yang murah.

Mendiversifikasi modal menjadi maksimal 3 saham agar mendapatkan lot dalam jumlah besar. Alternatif ini berpeluang memperbesar peluang meraih profit besar, sehingga tidak menderita kerugian dengan nilai tinggi apabila salah satu saham pergerakannya tidak sesuai perkiraan.

4. Memilih Trading Jangka Pendek sebagai Alternatif

Investor yang masih mencoba bisa menggunakan jenis trading dalam kurun waktu pendek sebagai opsi cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang efektif. Hal ini karena dana terbatas menuntut trader harus rela melakukan transaksi jual beli saham yang fundamental kurang bagus.

Baca Juga :  Cara Mining di Android Dengan Mudah Untuk Pemula Beserta Aplikasinya

Produk saham yang fundamentalnya kurang bagus paling tepat jika dimainkan jangka pendek agar memperbesar peluang keuntungan. Pemula dengan modal 100 ribuan tidak disarankan bermain jangka panjang karena kebanyakan produknya mahal.

Harga ini memang tepat berdasarkan fundamental serta peluang keuntungan tinggi. Akan tetapi, jika trader tetap memilih trading jangka panjang akan berpengaruh buruk pada returnnya. Sebab, Anda akan mendapatkan return yang kecil karena jumlah lot saham sangat terbatas.

Trading jangka pendek umumnya memang menghasilkan keuntungan yang lebih kecil. Akan tetapi, Anda bisa meraih banyak keuntungan apabila menjalankannya secara konsisten. Menggunakan trading jangka pendek cocok bagi pemula karena resikonya lebih rendah.

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu
Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

5. Mulai mencari Saham yang Harganya Rp.80 ke Atas

Tipe berikutnya dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah mencari produk yang harganya Rp.80 ke atas guna memperkecil resiko kegagalan. Memiliki deposit awal 100 ribuan memang identik dengan transaksi saham harganya murah. Tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan banyak lot, meskipun modal yang dimiliki terbatas.

Namun, pemula lebih baik menghindari saham dengan harga Rp.50 ke bawah karena resikonya cukup tinggi. Bahkan, produk dengan harga tersebut sering disebut sebagai saham tidur karena tidak dapat menjanjikan keuntungan sama sekali untuk pemiliknya.

Belilah jenis saham yang harganya Rp.80 sampai Rp.1.000 setiap satu lot guna memperhatikan kualitas produk pilihan. Pemula Bisa membeli lot besar dengan potensi keuntungan terbaik apabila pandai menentukan produk berkualitas.

6. Membaca Peluang Harga Rendah untuk Saham Unggulan

Satu lagi cara bermain saham dengan modal 100 ribuan, yaitu mencari peruntungan pada jenis saham unggulan ketika harganya sedang turun. Mulailah melihat peluang memantau grafik harga secara berkala, lalu melakukan pembelian saat harga saham unggulan mengalami penurunan.

Baca Juga :  Inilah Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal Yang Menguntungkan

Biasanya penurunan saham unggulan ini terjadi karena adanya dampak dari perekonomian dunia. Saat harga tersebut diyakini dapat melonjak lagi dalam beberapa waktu ke depan, maka mulailah merencanakan pembelian menggunakan modal 100. ribu.

Saham unggulan mempunyai fundamental yang bagus, sehingga bisa segera naik lagi dan pemilik tidak perlu merasa khawatir. Anda hanya harus mempertahankan selama beberapa waktu untuk menjualnya kembali saat sudah naik supaya mendapatkan profit.

Tanya Jawab Seputar Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Investasi apa yang paling menguntungkan saat ini?

1. Investasi saham. Investasi saham dikenal sebagai jenis investasi yang mampu memberikan keuntungan besar, tapi juga memiliki risiko kerugian yang besar pula (high return, high risk).
2. Investasi emas
3. Tanah dan properti
4. Obligasi
5 Reksadana

Bagaimana cara bermain saham untuk pemula?

Langkah menentukan cara main saham pemula yang baik dan bijak
1. Pahami ilmu dasar saham
2. Pelajari analisis saham
3. Lakukan transaksi berjangka
4. Hindari hutang
5. Beli saham saat nilai turun
6. Kenali saham LQ45 dan IDX30

Bagaimana cara main di pasar saham?

Cara Main Saham bagi Pemula Agar Cepat Untung
1. Pahami Saham dengan Tepat dan Gali Informasi dengan Valid
2. Pahami Investasi Saham dengan Cermat
3. Gunakan Modal dengan Bijak dan Belilah saat Harganya Rendah
4. Incar Perusahaan yang Benefit dan Pilih Perusahaan yang Stabil

Berapa modal awal untuk bermain saham?

Modal membeli saham sangat ditentukan oleh tiga faktor, yaitu harga saham perusahaan yang akan dibeli, fee transaksi sekuritas, dan jumlah saham yang akan dibeli. Saat ini, seseorang bisa mulai membeli saham di BEI dengan modal sekitar Rp 100.000 untuk pemula.

1 lot sama dengan berapa?

1 Lot Berapa Lembar Saham di Indonesia
Sebelum tahun 2014, Bursa Efek Indonesia menetapkan standar 1 lot saham berapa lembar, yakni sebanyak 500 lembar. Akan tetapi, berdasarkan kebijakan terbaru, standar jumlah lembar 1 lot saham setara dengan 100 lembar saham.

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu
Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Penutup

Demikian penjelasan tentang cara bermain saham dengan modal 100 ribu tersebut yang bisa Anda terapkan. Apabila ingin mencoba memperoleh keuntungan pada trading maupun investasi, Anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut agar terhindar dari resiko yang tinggi serta memperoleh keuntungan. Gunakan strategi yang tepat serta memilih saham dengan benar agar bisa mengembangkan modal tersebut.