asuransi kendaraan bermotor syariah

Beberapa Produk Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah

Masyarakat pasti sudah tidak asing dengan asuransi kesehatan yang berbasis syariah. Ternyata tidak hanya asuransi kesehatan saja, namun asuransi kendaraan juga ada yang berbasis syariah. Namun, belum banyak asuransi kendaraan bermotor syariah yang dikenal masyarakat. Walaupun memang sebenarnya dari segi tarif, bengkel rekanan dan layanannya tidak jauh berbeda dengan konvensional.

asuransi kendaraan bermotor syariah
Asuransi kendaraan bermotor syariah

Produk-Produk Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah

1. Asuransi Mobil All Risk Otomate ACA Syariah

Produk asuransi kendaraan roda empat ini ditawarkan oleh ACA (Asuransi Central Asia) Syariah dimana harga pertanggungannya adalah lebih dari Rp 100.000.000. Proteksi atau jaminan perlindungan seperti kerusakan mobil karena tabrakan, kecelakaan lalu lintas, pencurian, sampai bencana alam semuanya menggunakan prinsip syariah.

Dengan menggunakan pihak asuransi ini, kamu akan mendapatkan beragam fasilitas berupa mobil derek, akses layanan selama 24 jam mengenai informasi polis, ambulans, perbaikan darurat, santunan kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan, dan cakupan tanggung jawab oleh pihak ketiga. Pihak pengelola memperoleh ujrah 54% dari kontribusi para pesertanya.

2. Asuransi Autocillin Syariah

Adira Insurance meluncurkan Asuransi Autocillin Syariah dan telah berjalan selama 10 tahun. Pilihan pembayaran jumlah premi merupakan salah satu pilihan yang ditawarkan untuk perlindungan TLO (total loss only) atau comprehensive. Asuransi kendaraan bermotor syariah memberikan perlindungan seperti kecelakaan diri, kerusuhan, hingga ganti rugi pihak ketiga.

Baca Juga :  Langkat Tepat Klaim Asuransi Kendaraan Axa Mandiri

3. Asuransi Takaful Umum

Produk selanjutnya ada Asuransi Takaful Umum yang memberikan perlindungan secara khusus terhadap beberapa jenis kendaraan seperti sepeda motor, pick-up, truk, bus, hingga nontruk atau nonbus melalui penggunaan nonkomersial. Artinya adalah yang tertanggung tidak akan menerima balas jasa seperti uang sewa dan lain sebagainya dari pengguna kendaraan.

Jika kamu ingin mengajukan kepemilikan produk asuransi ini, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi seperti mengisi data kemudian menandatangani Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA), survey yang dilakukan petugas asuransi, fotokopi SIM atau KTP milik calon peserta asuransi, serta menyertakan fotokopi STNK.

asuransi kendaraan bermotor syariah
Asuransi kendaraan bermotor syariah

4. Asuransi Garda OTO Syariah

Produk asuransi kendaraan bermotor syariah ini dulunya dikenal sebagai Asuransi Mobil Syariah Astra Buana ini berbeda dengan produk mobil konvensional dalam hal akadnya. Untuk akadnya sendiri menggunakan prinsip dan kaidah agama Islam berlandaskan asas tolong menolong sehingga lebih menentramkan. Harga asuransi dan lain-lain masih tetap sama.

Produk asuransi tersebut mempunyai skema berupa no claim dan bagi hasil jika tidak ada klaim di periode sebelumnya oleh yang tertanggung. Skema bagi hasil berdasarkan perhitungan dari keuntungan perusahaan lalu dibagikan ke pelanggan. Perbedaannya dengan produk asuransi kendaraan konvensional dengan Garda OTO Syariah ada pada akad dan kaidahnya.

5. Asuransi Mobil CHUBB Syariah

Asuransi kendaraan bermotor syariah ini melindungi kendaraan roda empat dari berbagai resiko seperti kehilangan, tanggung jawab perihal hukum pesrta pada pihak ketiga, dan kerusakan menyesuaikan polis asuransi berbasis syariah. Proses klaimnya termasuk mudah karena mempunyai layanan hotline klaim 24 jam penuh, kantor pusat, hingga kantor cabang.

Asuransi mobil CHUBB syariah mempunyai cakupan manfaat yang luas seperti partial loss atau kerusakan sebagian, constructive total loss atau kerugian yang mencapai 75% lebih dari harga yang sebenarnya, hingga total loss atau kerusakan/ kehilangan total.

Baca Juga :  Server VPS Bandwidth Unlimited, Solusi Mengembangkan Website Sesuai Kebutuhan Anda

6. Asuransi BNI Oto iB Hasanah

Fasilitas yang ditawarkan produk asuransi kendaraan bermotor syariah ini berupa pembiayaan konsumtif menggunakan akad murabahah yang berlaku untuk anggota masyarakat dengan tujuan membeli kendaraan bermotor. Murabahah yakni perjanjian jual dan beli dengan harga asal ditambah keuntungan yang telah disepakati pihak nasabah dan asuransi.

Produk asuransi ini merupakan produk asuransi miliki BNI Syariah yang mempunyai banyak kelebihan. Adapun kelebihan tersebut adalah prosesnya lebih cepat dan persyaratannya mudah menyesuaikan prinsip syariah. Pembiayaan asuransi adalah minimal Rp 5 juta, sementara itu maksimum Rp 1 miliar. Di samping itu, uang mukanya tergolong ringan.

asuransi kendaraan bermotor syariah
Asuransi kendaraan bermotor syariah

7. Asuransi Sinarmas Syariah

Produk asuransi ini memiliki pilihan jaminan untuk mobil berupa Total Loss Only atau gabungan (comprehensive). Fasilitas yang dimiliki oleh produk asuransi ini adalah seperti layanan service selama 24 jam dan pengajuan klaim bisa dilakukan secara online. Produk asuransi kendaraan bermotor syariah ini bisa digunakan dengan batasan usia kendaraan tertentu.

Dimana batasan usia kendaraan bagi pengguna jaminan gabungan atau comprehensive yakni 5 tahun, Apabila usia kendaraan sudah lebih dari 5 tahun, maka akan dikenakan oleh loading premi dengan besaran per tahunnya minimal 5%. Sementara itu, untuk jaminan Total Cash Only atau Kerugian Total batasan usia kendaraannya adalah 10 tahun.

8. Asuransi Askrida Syariah

Produk Asuransi Askrid Syariah memberikan jaminan bagi para penggunanya apabila kendaraan bermotor yang dimiliki mengalami kecelakaan, pencurian, kebakaran, perbuatan jahat sehingga menyebabkan kerusakan atau kerugian. Namun, pihak asuransi tidak bertanggung jawab terhadap berbagai hal yang merupakan resiko sendiri.

Adapun resiko yang dimaksud antara lain pengguna kendaraan tidak mempunyai SIM (Surat Izin Mengemudi), terkena air, benda cair, atau zat kimia, mobil dikemudikan ketika pengendara dipengaruhi oleh alkohol, kerusakan disebabkan karena pengendara sengaja membuat kerusakan tersebut. Pihak asuransi kendaraan bermotor syariah tidak akan turun tangan.

Baca Juga :  Cara Kerja Polis Asuransi Mobil Yang Banyak Memberikan Keuntungan Bagi Masyarakat
asuransi kendaraan bermotor syariah
Asuransi kendaraan bermotor syariah

Tanya Jawab Seputar Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah

Apa itu asuransi Mobil syariah?

Apa itu asuransi mobil syariah? Asuransi mobil syariah adalah jenis produk asuransi yang memberikan solusi finansial berupa ganti rugi atas risiko kerusakan sebagian atau total pada mobil yang diasuransikan dengan mengikuti prinsip syariat Islam.

Adakah Asuransi Kesehatan syariah?

Ada, asuransi kesehatan syariah menyediakan Manfaat Rawat Inap dan memberikan penggantian biaya perawatan bila pemegang polis atau keluarga sakit serta menyediakan berbagai Manfaat Pilihan seperti Persalinan, Rawat Jalan, Rawat Gigi, dan Santunan Harian.

Kenapa asuransi syariah itu halal?

Landasan Hukum Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi dalam islam diperbolehkan karena dilihat sebagai sarana tolong menolong antar sesama. Asuransi yang diperbolehkan ini harus dijalankan sesuai dengan syariat islam dan tidak mengandung unsur riba serta gharar.

Asuransi akan haram jika seperti apa?

Hukum asuransi dalam islam salaf yang dilansir dari Rumaysho adalah haram jika mengandung unsur riba, judi, gharar, dan lain sebagainya. Terlebih jika asuransi dijadikan sebuah jaminan perlindungan sehingga menghilangkan rasa tawakal dan berserah diri pada Allah.

Bagaimana cara kerja asuransi syariah?

Cara kerja asuransi syariah menggunakan prinsip saling menanggung risiko (risk sharing) antara perusahaan dengan peserta. Adapun cara kerja asuransi konvensional menerapkan metode risk transfer, yaitu peserta asuransi memindahkan risiko kepada perusahaan asuransi yang bertindak sebagai penanggung sepenuhnya.

Apa perbedaan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional?

Pembayaran klaim asuransi

Pada asuransi syariah, pembayaran klaim dilakukan dengan mencairkan dana tabungan bersama. Sedangkan, pembayaran klaim pada asuransi konvensional dilakukan dengan cara menggunakan dana perusahaan sesuai dengan perjanjian dan ketentuan yang berlaku.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai asuransi kendaraan bermotor syariah. Setiap pengguna kendaraan bermotor pasti akan mendapatkan asuransi tertentu yang biasanya didapatkan dari pihak dealer. Segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran asuransi akan diurus oleh pihak dealer sehingga kamu hanya perlu mengetahui segala informasi detail mengenai jaminan apa yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan bermotor syariah dan jangan melanggar peraturannya.