contoh pembukuan penjualan harian

Contoh Pembukuan Penjualan Harian serta Manfaatnya Untuk Mendorong Kemajuan Bisnis

Jika keuangannya tertata dengan baik, suatu bisnis pasti akan berjalan dengan lancar dan mampu bertahan di tengah persaingan ketat sekalipun. Oleh karenanya, contoh pembukuan penjualan harian wajib banget buat di terapkan oleh semua pengusaha, baik pengusaha baru maupun pengusaha lama.

Kalau kamu akan membuat laporan keuangan di akhir bulan pembukuan penjualan pastinya sangat diperlukan contoh pembukuan penjualan harian. Pembukuan ini bisa membantu pengambilan keputusan bisnis di masa depan dan juga bisa mengatur bagaimana keuangan bisnis berjalan.

Semua ini karena pembukuan penjualan bisa di pakai sebagai referensi dalam menilai strategi bisnis dan bagaimana bisnis bisa berkembang. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa hal terkait pembukuan penjualan untuk membantu mengelola bisnismu kedepannya. Yuk, langsung aja!

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh pembukuan penjualan harian

Contoh Pembukuan Penjualan Harian Paling Gampang

Buat kamu semua yang baru saja menjalankan bisnis kecil, tentunya melakukan pembukuan penjualan akan menjadikan bisnismu berjalan semakin lancar. Tapi gimana ya caranya? Tenang aja, berikut akan kami berikan contoh pembukuan penjualan harian yang bisa kamu jadikan referensi:

Tentukan Tujuan Laporan

Yang pertama, kamu harus menentukan untuk apa pembuatan laporan ini di buat. Jika perhitungan harian ini akan di pakai untuk mengevaluasi bisnis pribadi, kamu bisa membuatnya sesuai selera dan kemauanmu.

Baca Juga :  Investasi Forex yang Terdaftar di OJK Dijamin Aman dan Nyaman

Tapi jika kamu juga akan memberikan contoh pembukuan penjualan harian ini kepada orang lain, seperti mitra bisnis atau calon investor, kamu harus membuat laporan dengan lebih tertata supaya nanti orang lain bisa memahaminya. Kamu bahkan mungkin perlu membuatnya terlihat menarik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian.

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh pembukuan penjualan harian

Tentukan Rentang Tanggal

Selanjutnya kamu perlu menentukan tanggal pencatatan laporan penjualan. Hal ini juga tergantung pada tujuan dan mengapa laporan tersebut dibuat. Bukan cuma mencatat penjualan harian, tapi dengan ini kamu juga bisa membuat laporan secara bulanan bahkan tahunan untuk bisnis jangka panjang.

Kumpulkan Bukti Transaksi

Kemudian kamu juga perlu mengumpulkan semua bukti transaksi yang terjadi dalam sehari. Lakukan pengumpulan bukti transaksi ini dengan hati-hati lalu pisahkan agar mudah di masukkan ke dalam media catatan.

Input Data Ke Dalam Tabel

Sekarang kamu bisa membuat spreadsheet laporan penjualan harian sederhana di google spreadsheet. Atau kamu juga bisa menggunakan exel, atau bahkan buku biasa yang penting ada tabelnya.

Setelah itu masukkan informasi pada tabel ini agar mudah di pahami. Untuk transaksi yang tidak hanya melalui transfer saja, tapi juga melalui transaksi langsung sebaiknya kamu memberikan catatan berbeda pada kolom bukti.

Lakukan Analisis

Jika semuanya sudah selesai, hal selanjutnya dalam contoh pembukuan penjualan harian adalah menganalisis laporan mu. Semua  ini diperlukan untuk mendapatkan ringkasan dari catatan penjualan harian yang sudah kamu tulis tadi. Disini kamu bisa membandingkan laporan penjualan kemarin dengan hari hari ini.

Apakah bertambah atau berkurang? Apa saja faktor pembedanya? Lalu bagaimana agar penjualan bisa meningkat setiap harinya?

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh pembukuan penjualan harian

Pedoman Pencatatan Pembukuan Penjualan Harian

Setelah tau bagaimana contoh pembukuan penjualan harian, kamu juga perlu tau apa saja pedoman yang ada dalam pencatatan pembukuan ini. Yang mana proses ini harus sesuai dengan transaksi keuangan yang ada dalam bisnis.

Baca Juga :  Reversal Dalam Trading: Pengertian, Jenis, dan Cara Menggunakan

Maka dari itu, seluruh bukti transaksi seperti faktur pembelian, konfirmasi pengiriman, kwitansi, catatan, penerimaan kas, pengeluaran kas, dan memo harus dijaga dan disimpan dengan baik. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari kerugian dan bekerja dengan lebih efisien.

Banyak waktu yang akan terbuang ketika pembukuan tertunda, makanya kamu harus membuat pembukuan penjualan ini secepatnya. Yang paling pentingnya lagi, pencatatan penjualan harus bersih dan mudah di pahami. Jika kamu menulisnya di buku maka pastikan tulisannya harus mudah dibaca. Jika kamu membuatnya di komputer, pastikan filenya mudah untuk di kirimkan.

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh pembukuan penjualan harian

Manfaat Pembukuan Penjualan Harian Untuk Bisnis

Pembuatan contoh pembukuan penjualan harian menjadi hal yang sangat penting baik untuk usaha kecil, menengah atau yang besar sekalipun. Dengan catatan keuangan yang baik ini akan membuat bisnis kamu berkembang cepat di tengah persaingan ketat sekarang ini.

Bukan cuma itu, tapi khusus buat kamu yang mengelola usaha kecil dan menengah, pencatatan penjualan juga akan sangat berguna untuk akses pinjaman bank. Sebab, pihak bank menjadikan laporan keuangan sebagai syarat pengajuan pinjaman. Di sisi lain, jika kamu melakukan pembukuan dengan baik dan benar, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh seperti:

Sebagai Bukti Pertanggung Jawaban

Sama seperti namanya, laporan penjualan harian akan mencatat seluruh penjualan yang terjadi di perusahaan. Di sisi lain, penting banget untuk mencatat penjualan harian secara rutin. Karena dengan mencatat penjualan harian, bisnis kamu akan terhindar dari kesalahan dan penipuan terkait penerimaan uang.

Untuk Menunjukkan Kondisi Usaha

Melakukan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan merupakan salah satu cara untuk mengukur kondisi keuangan perusahaan dengan lebih rinci. Jadi jika terjadi kerugian maka strategi perusahaan harus dirombak ulang.

Baca Juga :  Mengenal 4 Jenis Kredit Anuitas Berdasarkan Jangka Waktu Pembayaran

Meskipun laporan penjualan harian tidak dapat menampilkan gambaran secara utuh, tapi setelah dilakukan evaluasi dalam kurun waktu satu bulan atau satu tahun kamu akan lebih tau apa yang sebenarnya terjadi di usaha mu itu.

Sebagai Bahan Evaluasi

Mencatat penjualan harian juga akan memudahkan kamu dalam menilai kondisi keuangan suatu bisnis. Ini juga memungkinkan kamu melakukan perubahan dengan cepat dan menghindari resiko kerugian. Dalam pengambilan keputusan di masa depan, adanya laporan penjualan selalu menjadi hal yang penting dan akan membantu kamu mengambil keputusan yang lebih tepat.

contoh pembukuan penjualan harian
Contoh pembukuan penjualan harian

Itulah dia contoh pembukuan penjualan harian, pedoman penulisan, serta manfaat apa aja yang akan kamu peroleh dengan melakukan pencatatan penjualan harian ini. Jadi bisa dibilang kalau pembukuan penjualan memegang peranan penting dalam jalannya suatu usaha atau bisnis. Itulah kenapa penting banget buat kamu untuk membuat pembukuan penjualan ini sesegera mungkin.