Usaha dropship yang menguntungkan

Ini Dia Ide Usaha Dropship yang Menguntungkan

74 views
Bagikan artikel ini

Ingin membuat usaha tanpa modal? Cobalah membuka usaha dropship yang menguntungkan. Jika menjalani bisnis ini, anda tidak harus pergi keluar rumah, dengan di rumah saja dan akses internet yang memadai, anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dan pundi-pundi rupiah.

Sebelum itu, dropship merupakan jenis pekerjaan yang melibatkan pihak ketiga (drophsipper), di mana dropshipper ini akan menjembatani pembeli dan produsen barang. Lebih tepatnya membeli barang di supplier lalu menjualnya lagi ke pembeli dengan harga yang berbeda. Harga yang berbeda ini akan menjadi keuntungan bagi dropshipper.

Cara kerja pada usaha dropship yang menguntungkan ini adalah dropshipper akan meminta supplier untuk mengirimkan barang ke pembeli, tetapi atas nama dropshipper tersebut. Jadi seolah-olah, dropshipperlah yang memiliki produk tersebut, padahal ia hanya mempromosikan produk dari supplier.

Usaha dropship yang menguntungkan
Usaha dropship yang menguntungkan

Ide Usaha Dropship yang Menguntungkan dan Tipsnya

Sebelum mengetahui produk yang dijualdalamusaha dropship yang menguntungkan ini, ada baiknya anda mengetahui keuntungan apa yang akan anda dapatkan. Berikut adalah uraiannya.

Keuntungan Bisnis Dropship

1. Tanpa modal

 Anda tidak perlu modal dalam menjalankan usaha dropship yang menguntungkan. Jadi, anda tidak perlu menyewa gudang, membuat packaging, menghitung biaya kirim, dan tidak usah restock barang dagangan. Anda hanya butuh koneksi internet saja.

Tidak hanya mendapatkan uang, dengan menjalani bisnis ini anda akan mempelajari berbagai teknis, seperti scraping data dan melakukan promosi ke calon pembeli. Selain itu, attitude juga hal yang penting saat berjualan, karena anda harus menanggapi berbagai pertanyaan dari calon konsumen. Pastinya hal itu juga akan menguji kesabaran anda.

2. Fleksibel

Dropship merupakan pekerjaan yang sangat fleksibel jika dibandingkan pekerjaan lainnya. Sebab tidak memiliki jam kantor yang kaku, tidak memiliki praktik bisnis lainnya, atau anda tidak harus repot-repot merias diri dan keluar rumah jika ingin bertemu pembeli. Bahkan anda bisa membagi waktu dengan keperluan yang lain, seperti beberes rumah bahkan sambil liburan. Karena sangat fleksibel, semua orang bisa menjalankan bisnis ini.

3. Banyak pilihan produk

Ada banyak sekali pilihan produk yang ditawarkan pada bisnis dropship ini, diantaranya pakaian, aksesoris, jam tangan, gadget, dan sebagainya. Jangan khawatir tidak memiliki pelanggan, anda hanya harus mendalami satu hingga dua jenis produk. Jangan terlalu banyak memilih jenis produk, karena tidak akan efektif, alhasil anda akan kewalahan dan reputasi toko anda jadi berkurang.

Oleh sebab itu, pilihlah produk yang targetnya sesuai dengan dirimu. Efektifnya produk yang dijual cukup satu, maksimal dua jenis produk. Jika produk yang anda jual ada 2 jenis, juallah produk yang saling berkaitan, misalnya gadget dan aksesoris gadget.

Usaha dropship yang menguntungkan
Usaha dropship yang menguntungkan

6 jenis produk dalam usaha dropship yang menguntungkan

1. Produk kecantikan

Saat ini alat kosmetik maupun skincare semakin banyak diincar oleh kaum perempuan. Pasalnya, dengan mengaplikasikan kosmetik dan skincare ke wajah, akan membuat mereka semakin percaya diri terhadap penampilannya. Hal itu membuat produsen mengeluarkan banyak produk yang pastinya sangat bermanfaat.

Apabila bisnis ini menarik perhatian dan relevan dengan diri anda, sebaiknya jadikan usaha ini sebagai bisnis dropship. Carilah produk-produk kecantikan yang asli dan terpercaya dan perhatikanlah tren kecantikan apa yang akan berkembang selanjutnya.

2. Makanan Sehat

Dewasa ini orang-orang sudah mulai sadar dengan kesehatan dirinya sendiri. Mereka pun mulai membeli produk-produk makanan sehat di pasaran, guna menjaga atau meningkatkan metabolisme tubuh. Apabila anda ingin menjalankan bisnis ini, jangan lupa untuk mengedukasi calon pembeli tentang pentingnya makanan sehat. Dengan begitu, calon pembeli akan sadar dengan kesehatan tubuhnya.

3. Pakaian

Pakaian merupakan ide bisnis yang tak lekang oleh waktu dan memiliki pasar yang sangat besar. Untuk memulai usaha ini, anda pun harus menentukan calon pelanggan mana yang akan menjadi target pasarmu. Misalnya menargetkan perempuan berusia 20-30 tahun.

Carilah target sesuai dengan keinginan anda atau bisa juga menargetkan mereka yang usianya tidak jauh berbeda dengan anda, supaya baik penjual maupun pembeli bisa saling memahami satu sama lain.

4. Aksesoris gadget

Menjual aksesoris gadget juga salah satu bisnis yang menguntungkan dan sudah pasti banyak peminatnya. Sebab materialnya mudah dicari dan kegunaannya bersifat khusus. Jika tertarik dengan usaha ini, carilah produk yang menarik dan tentunya tidak mudah rusak. Selain itu, pastikanlah jika mekanisme untuk mengembalikan barang sudah jelas. Supaya lebih untuk, lebih baik anda menjualnya secara online.

5. Produk custom

Produk custom merupakan jenis produk berupa mug, casing, kaus, dan sebagainya yang dijual khusus berdasarkan orderan yang diterima. Walaupun masih sedikit penjualnya, tetapi ide usaha ini cukup menjanjikan. Karena sedikitnya saingan yang anda temui, akan semakin mudah anda mendapatkan banyak pelanggan

6. Jam tangan

Usaha jam tangan merupakan salah satu usaha yang juga banyak peminatnya dan menguntungkan, karena di setiap tahunnya ada saja model-model terbaru yang keluar. Hal itu semakin diburu oleh para konsumen bukan hanya untuk melihat waktu, melainkan sebagai pelengkap penampilan dan gaya atau bisa juga hanya untuk koleksi.

Jika tertarik dengan bisnis ini, anda harus memahami betul jenis dan model jam tangan yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Pastikan jam tangan yang anda jual merupakan produk original dan bukan palsu ya.

Usaha dropship yang menguntungkan
Usaha dropship yang menguntungkan

Tips dalam menjalankan bisnis dropship

Agar toko anda memiliki banyak pelanggan, maka lakukanlah beberapa tips di bawah ini ketika menjalankan usaha dropship yang menguntungkan.

Menjual produk yang legal

Juallah produk yang legal, aman, dan sudah terdaftar resmi di badan yang berwenang. Jika anda mencoba menjual produk ilegal, tentunya bisnis anda akan mengalami masalah.

Menentukan supplier yang tepat

Menentukan supplier yang tepat merupakan salah satu kunci penting dalam menjalankan usaha dropship yang menguntungkan. Dalam mencari dan menentukan supplier,  ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui, yaitu sistem penjualan, harga, kualitas produk, respon supplier, dan sebagainya. Jadi, jangan asal dalam memilih supplier.

Untuk bisa mengetahui supplier mana yang dapat dipercaya, lihatlah review dan testimoni dari pelanggan lain dan pastikan juga anda didukung penuh oleh supplier tersebut.

Mengambil untung yang wajar

Jika menjalani sebuah bisnis, untung yang ditetapkan diambil dengan jumlah yang wajar, sesuaikanlah dengan harga pasar yang berlaku. Pastikan juga jangan melebihi dari harga pasar. Jika anda mengambil keuntungan yang sangat besar dan melebihi harga pasar, maka para konsumen akan beralih ke penjual lain yang produknya lebih murah.

Memberikan pelayanan yang baik

Berikanlah pelayanan terbaik kepada konsumen, misalnya memberi respon yang tanggap, menggunakan Bahasa yang sopan, jujur dalam menjelaskan produk, dan tentunya anda harus menerima kritik serta saran dari pelanggan.

Usaha dropship yang menguntungkan
Usaha dropship yang menguntungkan

Tanya Jawab Seputar Jualan Dropship Yang Menguntungkan

Apakah menjadi dropship harus izin?

Untuk menjual barang supplier biasanya gratis. Meski begitu, sebaiknya kita minta izin untuk dropship produk mereka. Ada juga supplier yang mengenakan biaya keanggotaan buat dropshipper yang bergabung. Tapi biasanya biaya yang harus dibayar tak mahal.

Berapa persen keuntungan untuk dropship?

Model bisnis dropship menawarkan banyak kelebihan. Enam kelebihan sistem dropship yaitu modal yang dikeluarkan sedikit, lokasi dan jam kerja fleksibel, mudah dan efisien, produk beragam, menekan biaya overhead, serta lebih hemat tenaga.

Apakah bisnis dropship menguntungkan?

Bisnis dropship merupakan jenis usaha online yang menguntungkan dan praktis tanpa modal sama sekali. Selain mudah dijalankan, usaha online dengan dropship juga tidak perlu membeli produk terlebih dahulu. Bisnis ini tidak mengeluarkan modal sama sekali kecuali untuk membeli kuota data internet.

Bagaimana cara memulai dropship?

6 Langkah Memulai Bisnis Dropship
1. Pilih produk. Langkah pertama adalah memilih produk
2. Meriset kompetitor
3. Memilih Supplier yang Tepat. Supplier jadi faktor penting dalam bisnis ini
4. Bangun Toko Online
5. Menarik pelanggan
6. Analisa dan Optimalisasi

Bagaimana cara kerja dropship?

Cara kerja Dropship sangatlah sederhana, yaitu anda hanya tinggal mencari penjual yang bersedia menerapkan metode bisnis ini, untuk kemudian penjual tersebut berkomitmen dalam mengirimkan pesanan yang mereka terima dari anda, kepada pelanggan yang membeli produk tersebut melalui anda.

Berapa gaji dropshipper?

Estimasi gaji profesi online Dropshipper / Reseller berkisar antara puluhan juta rupiah per bulan, karena dari 1 penjualan saja (dalam hal ini produk baju) bisa menghasilkan keuntungan Rp. 10.000 – Rp. 25.000, dengan rata-rata penjualan 10 – 25 baju per hari.

Dropshipper artinya apa?

Dropship adalah bisnis yang relatif minim modal dan bisa dilakukan siapa pun. Dropship artinya sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang).

Usaha dropship yang menguntungkan
Usaha dropship yang menguntungkan

Penutup

Demikianlah informasi mengenai keuntungan, jenis produk, dan tips dalam menjalankan usaha dropship. Semoga dengan usaha dropship yang menguntungkan ini, anda dapat dipercaya oleh pelanggan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Usaha Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang, Apa Saja Contohnya?