cara mengecek ranking website

7 Cara Mengecek Ranking Website dengan Tools

Sebagian besar pemilik website tentunya ingin memperoleh traffic website yang tinggi. Karena semakin tinggi traffic dari website yang mereka miliki, maka makin besarlah peluang terjadi transaksi, terlebih bagi mereka yang memiliki website bisnis. Maka dari itulah, penting di sini untuk mengetahui bagaimana cara mengecek ranking website. Untuk mengetahui bagaimana caranya maka berikut akan diulas secara singkat.

cara mengecek ranking website
Cara mengecek ranking website

Cara Mengecek Ranking Website dengan Tools

Agar di sini bisa memperoleh traffic website yang tinggi, tersedia berbagai macam metode digital marketing yang bisa diperoleh dan salah satu yang cukup sering dipakai yaitu dengan menerapkan SEO. Merupakan singkatan dari search engine optimization, yaitu sebuah strategi yang dipakai dalam melakukan optimasi website supaya bisa muncul di halaman pertama.

Maka dari itu, sebagai pemilik website bisnis sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengecek ranking website. Untuk bisa melakukan pengecekan peringkat tersebut, cara yang bisa diterapkan memang terbilang mudah. Nantinya Anda hanya perlu memakai analitik tools. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Woorank

Woorank memiliki fitur yang sangatlah canggih. Selain bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ranking website, tool yang satu ini nyatanya bisa untuk dilakukan menganalisis strategi SEO dari para pesaing, melacak dan mencari keyword serta melakukan audit dan mereview website.

Terdapat tiga paket yang saat ini ditawarkan oleh Woorank, dan Anda tinggal memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda perlu rajin melakukan pengecekan peringkat ataupun ranking dari website sebab ranking tersebut bisa berganti kapan saja

Baca Juga :  Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga Untuk Mengatur Anggaran Keuangan

Di suatu hari Anda mencoba mungkin saja situs Anda menduduki rangking pertama, namun keesokan harinya bisa saja ranking tersebut akan bergeser dan diganti oleh kompetitor. Tentunya di sini Anda para pemilik website bisnis tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Maka dari itu, cara mengecek ranking website menggunakan Woorank perlu dilakukan.

cara mengecek ranking website
Cara mengecek ranking website

2. WebCEO

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek ranking website secara lokal, maka bisa menggunakan WebCEO. Tool tersebut bisa digunakan bagi yang ingin melakukan pengecekan peringkat website di Google, baik itu secara global maupun lokal. Dan tidak hanya itu saja, fitur yang terdapat pada WebCEO terbilang cukup banyak.

Fitur tersebut meliputi matriks kompetitor, tes kecepatan website, analisis media sosial, pengecekan internal link, dan lain sebagainya. Yang tak kalah menarik lagi di sini Anda dapat melakukan integrasi dengan Google Search Console dan Google Analitik. Untuk biaya berlangganan di WebCEO juga terbilang sangatlah terjangkau dan ramah di kantong.

3. SEMrush

Cara mengecek ranking website selanjutnya yaitu dengan memakai SEMrush. Tool tersebut bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan peringkat website di Baidu dan juga Google. Selain itu, tools tersebut juga menyajikan data untuk analisis kompetitor, link building, pencarian kata kunci dan SEO on page.

Jika peringkat situs Anda di suatu kata kunci berubah, maka SEMrush juga akan memberikan hasil analisis yang lengkap. Dengan adanya fitur-fitur yang canggih tersebut, tentunya di sini Anda dapat berlangganan tiap bulannya.

cara mengecek ranking website
Cara mengecek ranking website

4. Alexa

Alexa adalah situs chat peringkat website yang sangatlah populer dan patut untuk Anda gunakan. Cara mengecek ranking website menggunakan Alexa terbilang mudah dan simpel dilakukan. Selain itu, fitur yang ditawarkan terbilang cukup lengkap.

Baca Juga :  Contoh Aptitude Test untuk Rekrutmen Karyawan ala KitaLulus.com

Nantinya Anda dapat menemukan situs apapun yang dirasa merupakan kompetitor Anda. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa membandingkan konten traffic, kata kunci, share of voice serta backlink website.

Anda pun tak perlu merasa khawatir dengan data, karena semua sudah dipastikan akurat. Bagi yang tertarik, maka bisa menggunakan percobaan gratis lebih dahulu selama 7 hari. Jika dirasa cukup memuaskan, nantinya Anda pun bisa berlangganan untuk paket berbayar atau premium tiap bulannya.

5. Pro Rank Tracker

Cara mengecek ranking website yang selanjutnya yaitu dengan Anda memakai Pro Rank Tracker. Terdapat setidaknya 60.000 pengguna tool yang satu ini. Mereka tersebut semuanya berasal dari perusahaan agensi serta pemilik situs pribadi. Sejatinya tool yang tersebut diciptakan untuk melakukan chat peringkat kata kunci di sebuah website.

Tapi peringkat yang dimunculkan tersebut tidak hanya berasal dari google saja. Pro Rank Tracker dapat menampilkan peringkat di YouTube, Yahoo dan juga Amazon. Para pengguna nantinya bisa memakai tool tersebut selama 30 hari gratis. Dan setelah melewati masa percobaan gratis tersebut, pengguna harus membayar uang langganan sebesar Rp 200.000.

6. Moz Pro

Moz Pro dari segi fitur memang tidak sekomplit tool lain yang sudah disebutkan di atas. Tapi perlu diketahui, platform tersebut memang terbilang sangat memadai dan cukup bagi Anda para pemilik website bisnis pemula.

Moz Pro bisa dipakai untuk melakukan pengecekan peringkat website, mencari kata kunci, audit situs dan menganalisis backlink. Tampilan dari situs ini terbilang sederhana serta mirip seperti Google Analytics. Jika di sini Anda ingin berlangganan, maka perlu menyiapkan biaya setidaknya 1,4 juta rupiah tiap bulan.

7. Ahrefs

Cara mengecek ranking website yang terakhir yaitu dengan memakai Ahrefs. Dengan menggunakan tool tersebut maka Anda bisa fokus membandingkan kata kunci. Anda pun juga bisa melihat peringkat berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan di dalam Ahrefs.

Baca Juga :  Untung Rugi Kerja Work From Home Dan Cara Mengoptimalkannya

Tidak hanya sampai di sana saja, dengan menggunakan tool tersebut Anda dapat mengetahui traffic, posisi serta performa kata kunci yang dipilih setiap saat. Saat menggunakan Ahrefs tersebut, maka akan terdapat dua pilihan paket yang bisa digunakan, yaitu paket standar dan paket lite.

cara mengecek ranking website
Cara mengecek ranking website

Tanya Jawab Seputar Cara Mengecek Ranking Website

Bagaimana cara kalian belajar strategi SEO untuk ranking website?

Beberapa tahapan strategi membuat SEO
1. Riset kata kunci. Melakukan riset kata kunci adalah salah bagian paling utama dari SEO.
2 Analisis persaingan
3. Gunakan domain berisi keyword
4. Perhatikan plugins SEO
5. Memaksimalkan media sosial
6. Buat konten orisinil dan memiliki manfaat
7. Membuat backlink
8. Terus Membuat konten

SEO Tools apa saja?

1. Google Keyword Planner. SEO tool gratis pertama datang dari Google Keyword Planner.
2. Google Trend. Masih datang dari Google, keyword tool gratis ini juga merupakan yang paling mudah digunakan dan cukup berguna.
3. SEMRush
4. Moz
5. Ahrefs Keyword Generator
6. Ubbersuggest
7. Keyword Tool
8. Wordtracker

Bagaimana cara mencari kata kunci yg bagus untuk ranking website?

Cara mencari keyword dengan google keyword planner
1. Login google ads
2. Pilih tujuan Google ads
3. Pilih Discover new keyword
4. Get search Volume And Forecast
5. Pilih filter kata kunci
6. Ambil kata kunci kompetitor
7. Pilih kata kunci paling potensial

Apa itu backlink blog?

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke halaman blog/website Anda. Kegiatan membangun backlink disebut juga link building. Terdapat juga istilah external link dan inbound link. Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink.

Penutup

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara mengecek ranking website yang perlu diketahui, terutama oleh Anda para pemilik website bisnis. Dengan mengetahui ranking tersebut, maka Anda akan bisa dengan mudah melihat posisi website dibandingkan dengan website kompetitor.