asuransi kendaraan axa mandiri

Langkat Tepat Klaim Asuransi Kendaraan Axa Mandiri

Barangkali kamu telah mendaftarkan mobil atau motor milikmu dalam asuransi kendaraan Axa Mandiri. Sekarang, kamu ingin melakukan klaim tapi masih bingung tentang caranya sebab ini adalah yang pertama kali. Sebenarnya mudah saja selama telah memenuhi syarat-syarat yang berlaku, misalnya formulir klaim dan menyetorkan salinan STNK.

Asuransi kendaraan axa mandiri

Percepat Klaim Asuransi Kendaraan Axa Mandiri

1. Melengkapi data

Pada awal pendaftaran asuransi kendaraan Axa Mandiri, kamu tentunya telah dimintai beberapa data. Data ini kemudian akan diperlukan lagi ketika hendak melakukan klaim, jadi pastikan kamu senantiasa menyiapkannya.

Sebaiknya pastikan lebih dahulu apakah seluruh data yang relevan telah terpenuhi agar tidak repot belakangan. Pasalnya, dibutuhkan sejumlah data berbeda tergantung jenis kasus yang kamu alami. Sebagai contoh, kamu memerlukan laporan polisi terkait kasus pencurian jika ingin mengklaim jenis asuransi Total Loss, tetapi tidak demikian jika klaimnya berbasis Own Damage.

Spesifikasi detail seperti ini alangkah bagusnya jika kamu mengecek langsung di website resmi Axa Mandiri agar tidak terjadi kekeliruan. Namun, yang pasti, klaim kasus apa pun selalu memerlukan formulir klaim, salinan STNK, salinan SIM, KTP, serta laporan surveyor. Itu merupakan berkas terpenting yang harus disediakan salinannya agar asuransi dapat diproses secepat mungkin.

Kemudian, ada pula data-data basic seperti usia kamu, informasi kontak, alamat, keadaan kesehatanmu, dan nama lengkap. Ini termasuk data krusial yang jika terjadi perbedaan saat pendaftaran asuransi kendaraan Axa Mandiri dengan tahap klaimnya, maka berpotensi tertolak.

Mengingat sensitifnya data di dalam proses kepemilikan asuransi Axa Mandiri, ada baiknya kamu benar-benar memastikan berkas apa saja yang diwajibkan. Entah itu terkait pendaftaran maupun tahap klaim di kemudian hari.

2. Status aktif

Jangan buru-buru senang bila datamu telah dilengkapi sebab masih ada tahap selanjutnya. Tidak lain adalah memastikan bahwa polis milikmu tidak tertunggak dan berstatus aktif. Jika tidak maka proses klaim tidak dapat pula diterapkan.

Dalam hal ini, kamu harus menjadi peserta asuransi yang taat membayar premi bulanan dan tidak menunggak. Biasanya ada denda yang dikenakan oleh perusahaan bila terjadi tunggakan dan jelas akan membuatmu semakin terbebani.

Bagaimanapun, sudah menjadi kebijakan perusahaan bahwasanya asuransi kendaraan Axa Mandiri akan otomatis dibatalkan apabila peserta menunggak selama tempo tertentu. Oleh karena itu, bayarlah selalu meskipun kamu belum bisa menikmati manfaat di balik asuransi tersebut.

Andai suatu hari nanti kamu mengalami kejadian yang tak diinginkan, seperti pencurian kendaraan, telah ada jaminan berupa asuransi. Setelah memastikan status polis kamu senantiasa aktif, tidak ada alasan lagi untuk menunda klaim bila mengalami situasi yang relevan sesuai perjanjian di awal.

Adapun saat polis kamu telah dibatalkan oleh perusahaan akibat tunggakan, maka tidak bisa melakukan klaim sama sekali. Alasannya karena data-datamu dipandang tidak aktif atau dengan kata lain kamu bukan lagi peserta.

Asuransi kendaraan axa mandiri

3. Pahami kasus

Memahami kasus-kasus atau situasi yang memungkinkan untuk terjadinya klaim asuransi kendaraan Axa Mandiri merupakan suatu keharusan. Informasi terkait hal ini biasanya dicantumkan secara jelas dalam polis saat pertama kali pendaftaran.

Bila di kemudian hari kamu lupa tentang informasi tersebut, jangan ragu untuk segera meluncur ke website resmi mereka. Rincian biaya yang dapat diperoleh juga tertera dengan jelas sehingga kamu perlu mempelajarinya.

Apabila tindakan semacam itu telah diwujudkan, tidak ada kesia-siaan dalam proses klaimmu. Jangan sampai kamu sudah capek mengurus berkat tapi ternyata situasi yang dialami tidak tercantum dalam perjanjian polis.

Setiap perusahaan pada dasarnya mempunyai kasus pengecualian di mana mereka tidak akan mengakomodasinya. Hal seperti ini sudah harus kamu pahami, lalu kemudian lakukan sesuai prosedur yang diatur oleh perusahaan. Apabila kamu merasa bahwa situasimu sudah sesuai perjanjian, jangan melepaskan klaim hanya karena merasa malas mengikuti prosedurnya yang mungkin agak ribet.

4. Dilakukan sesegera mungkin

Begitu kamu mengalami situasi sesuai yang tertera dalam polis asuransi kendaraan Axa Mandiri, segera lakukan klaim secepatnya. Hindari penundaan karena ini bisa ikut menghambat proses cairnya asuransi sehingga kamu sendiri nantinya yang merugi.

Tindakan cepat juga diharapkan dapat meminimalkan potensi kerugian yang dialami oleh peserta asuransi. Pasalnya, jika kamu segera melapor maka perusahaan dapat memutuskan step terbaik yang mungkin bisa diwujudkan demi mengakomodasi keadaan kendaraanmu.

Untuk melakukan proses lapor, kamu dapat mendatangi langsung kantor perusahaan terdekat atau melalui kontak pusat. Biasanya perusahaan juga memberikan informasi bagaimana cara menghubungi mereka ketika peserta membutuhkan bantuan atau semisalnya.

5. Berada dalam area jangkauan

Rupanya tidak semua area kejadian dapat diakomodasi oleh asuransi kendaraan Axa Mandiri. Ada batas-batas tertentu yang umumnya telah dibahas di awal persetujuan polis. Oleh karenanya, kamu perlu mempelajari pula sejauh apa cakupan wilayah yang dapat membantu proses klaim.

Pasalnya, apabila wilayah terjadinya kasus di luar cakupan polis, proses klaim juga sulit atau bahkan tidak dapat diwujudkan. Kamu tentu tidak menginginkan hal ini terjadi karena sama artinya dengan asuransimu jadi berakhir sia-sia.

Barangkali, jika berhubungan dengan perjalanan dan kebetulan kamu berada di luar cakupan wilayah polis, sebaiknya gunakan moda transportasi umum atau penyewaan. Ini lebih aman bagi dirimu dan asuransi juga dapat dipergunakan bila suatu waktu terjadi situasi tak diharapkan terhadap kendaraan milikmu.

Asuransi kendaraan axa mandiri

Tanya Jawab Seputar Asuransi Kendaraan Axa Mandiri

Jelaskan apa yang dimaksud dengan asuransi kendaraan?

Merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh AAUI yang digunakan di Indonesia dan dirancang untuk menutup pertanggungan gabungan yakni: Pertanggungan atas kendaraan bermotor itu sendiri. Pertanggungan tanggung jawab hukum (TJH) terhadap pihak ketiga.

Asuransi Kendaraan Bermotor apa saja?

Terdapat dua jenis pertanggungan asuransi kendaraan bermotor yaitu Comprehensive (All Risk) dan Total Loss Only (TLO).

Apakah mobil tua bisa diasuransikan?

Asuransi mobil tua adalah jenis perlindungan asuransi untuk kendaraan roda empat yang berusia antara 10 tahun atau lebih. Tak banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk untuk perlindungan mobil tua. Ini dikarenakan mobil tua memiliki ketersediaan suku cadang (spare-part) yang sangat terbatas.

Apakah asuransi mobil itu penting?

Memiliki Jaminan Perlindungan Kendaraan

Kerugian pasti akan didapatkan ketika terjadi kecelakaan atau pencurian. Asuransi akan menjadi jaminan pemilik mobil supaya tidak mengalami kerugian yang berlebihan. Misalnya mobil mengalami kecelakaan dan rusak parah. Asuransi bisa meringankan biaya perbaikannya.

Apakah asuransi mobil bisa di ambil?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah asuransi mobil bisa dicairkan? Jawabannya adalah bisa. Namun, kamu jangan berharap semua uang premi dapat kembali ya. Tetap ada perhitungan yang proporsional dalam pencairan dana asuransi ini.

Berapa lama proses klaim asuransi motor hilang?

Berapa Lama Klaim Asuransi Motor Hilang Cair? Jika semua syarat telah terpenuhi, maka klaim asuransi motor hilang dapat dicairkan dalam waktu singkat. Biasanya uang pertanggungan akan cair dalam waktu paling lambat 1 bulan setelah permohonan klaim diterima.

Penutup

Klaim asuransi kendaraan Axa Mandiri sebenarnya cukup mudah asal kamu mau telaten mengikuti tahapannya. Pastinya tetap perlu kesabaran sebab ada begitu banyak kecelakaan terjadi setiap harinya dan kamu bukan satu-satunya pemakai asuransi ini. Meskipun begitu, bukan berarti diam saja ketika merasa bahwa pihak pelayanan perusahaan lelet dalam bekerja.